Watch Party: A Way to Boost Student Engagement in Teaching

Dosma Situmorang, Ika Chastanti, Risma Delima Harahap

Abstract


Pembelajaran dengan menggunakan video sebagai sumber belajar akan memudahkan peserta didik saat berlangsungnya proses belajar mengajar, sehingga peserta didik akan lebih mudah memahami dan mengerti materi yang disampaikan khususnya pada materi biologi. Dengan adanya video dalam pembelajaran dapat mewujudkan situasi pembelajaran lebih efektif,efesien,dan semakin membuat semangat peserta didik dalam belajar,juga membantu guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Proses pembelajaran menjadi cepat dan kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan dengan adanya tujuan dan peran yang sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis video yang diberikan sebelum pembelajaran. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dinarasikan secara deskriptif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,angket,dan observasi. Hasil penelitian ini dengan lima indikator maka diperoleh video menciptakan pengalaman sensorik yang lebih menarik sangat setuju,video menyediakan sumber daya pengetahuan sangat setuju,video meningkatkan retensi pengetahuan sangat setuju,video sangat membantu dalam pembelajaran sangat setuju,dan video meningkatkan literasi digital dan komunikasi sangat setuju.


Keywords


Biologi, Literasi Digital, Retensi dan Video pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Ahmad dkk. “Discovery Learning Assisted by Audiovisual Learning Media : Its Effect on Student Biology Learning Outcomes Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Audiovisual : Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa” 8, no. 2 (2020): 284–92.

Akhyar, Y., Fitri, A., Zalisman, Z., Syarif, M. I., Niswah, N., Simbolon, P., Purnamasari S, A., Tryana, N., Abidin, Z., dan Abidin, Z. “Contribution of Digital Literacy to Students’ Science Learning Outcomes in Online Learning. International Journal of Elementary Education, 5(2), 284. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34423” 08 (2021): 173–82.

Anisa, F., dan Yuliyanto, E. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Kimia di SMA Teuku Umar. Semarang: In Prosiding Seminar Nasional & Internasional.” 1, no. 3 (2017).

Cahyani, G.A, Khotimah, K., dan Meishanti, P.A. “Penerapan Media Video Pembelajaran Pada Materi Virus Kelas X SMA Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Eduscope. Vol. 6, No. 2. ISSN :2460–4844.,” 2020, 0–4.

Faradila, S. P., dan Aimah, S. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. 1(2005), 508–512” 7, no. 1 (2018): 452–61.

Hamka. “Media Pembelajaran Inklusi (1st ed.; I. Yuwono, ed). Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/6126/1/B5. Publikasi Buku Reprensi Media Pembelajaran Iklusi.pdf,” no. X (2018): 337–44.

Hariyono, M., dan Darnoto. “Pengembangan Media Interaktif Geokolase Information and Comunication Tecnologies (Ict). 1(1), 41–51” 6, no. 1 (2018): 19–25.

Hoiro dan Isnawati. “Pengembangan E -Booklet Jenis-Jenis Jamur Makroskopis Di Taman Buah Lokal Kawasan Mangrove Rambai Center Sebagai Bahan Ajar Biologi Di SMA” 1, no. 3 (2020).

Jayawardana, H. B. A. “Paradigma pembelajaran biologi di era digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12–17.” 2, no. 2 (2017): 76–87.

Mansur, H., dan Rafiudin, R. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Video dan PPT ( Power Point ) Terhadap Kecendrungan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di MAN 1 Bima Tahun 2022” 7 (2020).

———. “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp. v4i1.443.” 5, no. 1 (2020): 76–83.

Mardin, H. “Analisis Kesulitan Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Negeri di Kota Palopo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar). eprints.unm.ac.i,” 2017, 7–12.

Mukhtar, K., Javed, K., Arooj, M., dan Sethi, A. “Advantages, limitations and recommendations for online learning during covid-19 pandemic era. Pakistan Journal of Medical Sciences, 36.” 4, no. 2 (2020): 111–20.

Mulyani, Asep, Evi Roviati, dan Bambang Ekanara. “Pendampingan Guru Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum Untuk Menghadapi Era Digital Learning” 4, no. 1 (2022): 27–37.

Nugroho, E. S. B., Prayitno, B. A., dan Maridi. “Pengembangan Modul Berbasis REACT pada Materi Jamur untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(1), 1–10.” 5, no. 2 (2017): 145–59.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., dan Azmi, M. P. “Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421” 9, no. 2 (2019): 195–205.

Nurrita., Teni. “Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.” 9, no. 1 (2018): 15–21.

Nurwita, S. “Pemanfaatan Media Puzzle dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD AIZA Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.285” 8, no. 1 (2019): 1–7.

Obagah, R. R. dan Brisibe, W. G. “The Effectiveness of Instructional Videos in Enhancing Learning Experience of Architecture Students in Design and Drawing Courses: A Case Study of Rivers State University, Port-Harcourt. International Journal of Education and Research, 5(11), 33-46.” 5, no. 10 (2017): 105–12.

Ott, L. E., Carpenter, T. S., Hamilton, D. S., dan LaCourse, W. R. “Discovery learning: Development of a unique active learning environment for introductory chemistry. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, Vol. 18, No.4, December 2018, pp. 161-180. doi:10.14434/josotl.v18i4.23112” 01 (2018): 1–23.

Putri, H. N. P. A., dan Kusairi, S. “The impact of learning with the video conceptual understanding coach toward student conceptual understanding force concept. In AIP Conference Proceedings (2330, (1), 050025). AIP Publishing LLC.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 6, no. 2 (2021): 175–81. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.185.

Riyana. “Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI” 6, no. 2 (2018): 131–38.

Rorimpandey, A., Palapa, T. M., dan Maramis, A. A. “Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi Informasi Dan Lingkungan Hidup Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Sains, Matematika, dan Edukasi (Jsme), 5(1), 69–75” 6 (2017): 541–49.

Sihaloho, R.R., Sahyar., dan Ginting, E.M. “The Effect of Problem Based Learning (PBL) Model toward Student’s Creative Thinking and Problem Solving Ability in Senior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR- JRME), Vol. 4, No. 1, Hal 11-18” 9, no. 1 (2017).

Silvi Puspa Widya Lubis. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMAN 1 RSBI Lbuk Pakam,DEDIKASI: Aceh.” 5 (2017): 89–94.

Sormin, A. S., Siregar, P. A., dan Priyono, D. C. “Konsepsi Literasi Digital dalam Pembelajaran Sejarah di Era Disruptif. Universitas Negeri Padang. Padang.,” 2019, 486–91.

Wabula, M., Papilaya, P. M., dan Rumahlatu, D. “Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan, 5(1), 29-41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657.” 6, no. 1 (2020): 4–7.

Zulkarnain. “Pengembangan Materi Ajar Berbasis Video Kreatif Biologi pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI SMA,” 2019, 123–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dosma Situmorang, Ika Chastanti, Risma Delima Harahap

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.