Pendekatan dan Komunikasi Pembelajaran Pendidikan Islam pada MAN Insan Cendekia Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan

Surawardi Surawardi, M. Adli Nurul Ihsan

Abstract


Jenis pendekatan dan komunikasi pembelajaran pendidikan Islam  yang dilakukan dalam kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler serta ekstrakurikuler di MAN Insan Cendekia Tanah Laut Propinsi Kalimantan Selatan terdiri dari ; Pertama ; Keteladanan,  dilakukan hampir disemua sektor pembelajaran pendidikan Islam baik pada kegiatan intrakurikuler , kokurikuler  dan kegiatan kokurikuler. Kedua ;  Pengalaman, pendekatan ini dilakukan hampir disemua sektor pembelajaran pendidikan Islam . Ketiga ; pendekatan disiplin ; pada kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler  pionernya adalah para guru guru yang tepat waktu sesuai jadwal melakukan pembelajaran . Dan yang sangat menarik untuk pendekatan displin ini , lebih banyak melibatkan Osis  dalam menkoper kegiatan ekstrakurikuler . Keempat; . Rasional , pendekatan ini dilakukan hampir disemua sektor pembelajaran pendidikan Islam pada kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler. Kelima; terpadu ; pendekatan terpadu inilah menjadi ciri khas MAN Insan Cendekia Tanah laut dengan  di Asramakan dan belajar secara full Day School.  Pendekatan terpadu dalam pendidikan agama Islam baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler serta ekstra kurikuler pada MAN Insan Cendekia Tanah laut meliputi; keimanan, pengalaman ,pembiasaan , rasional , emosional, fungsional dan Keteladanan. Keenam; emosional ; pendekatan ini digunakan kepada siswa siswi MAN Insan Cendekia Tanah Laut beupa ; Nilai perasaan pada diri manusia pada dasarnya dapat menyesuaikan diri terhadap keadaan sekitarnya dalam kehidupan sehari hari.Ketujuh; fungsional; pendekatan ini diterapkan pada kegiatan intrakurikuler dan kokurekuler terhadap siswa siswi MAN Insan Cendekia Tanah Laut berupa ; usaha memberikan materi agama dengan menekankan kepada segi kemanfaatan bagi peserta didik dalam kehidupan sehari hari  sesuai dengan tingkat perkembanganya. Kedelapan; kemandirian ; pendekatan kemandirian ini lebih ditekankan pada  kegiatan keasramaan melalui, kemandirian dalam menjaga kebersihan kamar dan Asarama, kemandirian mencuci dan melipat pakaian, kemadirian mengelola uang belanja dan sekolah, kemandirian untuk tidak berkomunikasi dengan orang tua kecuali dalam keadaan yang memang sudah di kondisikan seperti hari sabtu atau hari minggu. Jenis  komunikasi  yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan Islam di MAN Insan Cendekia Tanah Laut Propinsi Kalimanatan Selatan  terdiri dari: Pertama : Komunikasi satu arah ;Penerapan komunikasi ini pada siswa siswi MAN Insan Cendekia Tanah Laut baik dalam kegiatan intrakurekuler dan kokurekuler bahkan ekstrakurikuler dimana  dalam komunikasi ini guru dan tenaga kependidikan pada MAN Insan Cendekia Tala lainya berperan sebagai pemberi aksi dan peserta didik sebagai penerima aksi. Guru aktif dan peserta didik pasif. Kedua :Bentuk Komunikasi sebagai interaksi atau komunikasi dua arah; komunikasi ini antara guru /tenaga kependidikan lainya serta peserta didik  pada MAN Insan Cendekia Tanah laut memiliki peranan yang sama yakni pemberi aksi dan penerima aksi  dengan arti keduanya dapat saling memberi dan menerima aksi. Ketiga ; komunikasi sebagai transaksi atau komunikasi banyak arah; komunikasi ini tidak hanya melibatkan interaksi yang dinamis antara guru dan tenaga kependidikan lainya serta peserta didik yang terdapat di MAN Insan Cendeia Tanah Laut  tetapi juga melibatkan interaksi dinamis antara siswa dan siswa lainya. Bentuk komunikasi ini nanpak sekali terlihat  pada kegiatan Osis yang terdapat di MAN Insan Cendekia Tala. Faktor Pendukung ; Sistem Asrama/Full Day School , sistem Pengasramaan bagi Guru guru, sistem Rekrutmen Siswa Siswi yang ketat, sistem Rekrutmen Guru -guru yang juga ketat, faktor sarana dan Prasarana yang memadai, sistem Manajemen sekolah yang baik.. Faktor Penghambat  terdiri dari :latar belakang kebiasaan siswa, belum maksimalnya Akses Sumber Belajar Melaui IT, faktor kejenuhan, faktor Pembiasaan bahasa asing(Arab dan Inggris) yang belum terkoordinir, disiplin yang masih longgar.


Keywords


Pendekatan, komonikasi dan Pembelajaran serta Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, t.t.

Al-Abrasyi, Muhammad Attiyah. Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Amir, Mafri. Etika komunikasi massa dalam pandangan Islam. Jakarta: Logos, 1999.

Cangara, Hafield. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

Citrobroto, R. I. Suhartin. Prinsip-prinsip dan teknik berkomunikasi. Jakarta: Bhratara Karya Aksara, 1979.

Daradjat, Zakiyah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, t.t.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zein. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Reneka Cipta, 2007.

Efendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, t.t.

Hamdani, Ihsan. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2007.

Jahra, Idris, dan Jamal Lisma. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Gramedia widiasarana, t.t.

Nata, Abuddin. Ilmu pendidikan Islam dengan pendekatan multidisipliner: normatif perenialis, sejarah, filsafat, psikologi, sosiologi, manajemen, teknologi, informasi, kebudayaan, politik, hukum. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2008.

Ramayus. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.

Rusli, Meiliarni. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: The Minangkabau Foundation, 2000.

Sholeh, Abdul Rachman. Pendidikan Agama dan keagamaan. Jakarta: Gemawindu Pancaperkasa, 2000.

Sofyan, Burhanuddin Abdullah. Ilmu Pendidikan Islam. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press, t.t.

Sudiyono. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Sujak, Abu. Kepemimpinan Manajer. Jakarta: Rajawali, t.t.

Surya, Moh. Psikologi pendidikan institut keguruann dan ilmu pendidikan. Bandung, t.t.

Suwarno. Pengantar Umum Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, t.t.

Suwita, Umar. Komunikasi Untuk Pembangunan. Jakarta: P21.PTK, t.t.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, t.t.

Ulwan, Abdullah Nashih. Pedoman pendidikan anak dalam Islam. Bandung: Penerbit Asy-Syifa’, 1988.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i2.3503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.