Peran Guru PPKn dalam Menanamkan Rasa Nasionalisme pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Selatan

Putri Sarina Marpaung, Siti Zahara Saragih

Abstract


Masalah yang melatar belakangi penelitian ini peran guru PPKN dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru PPKN sebagai Edukator dan innovator dalam menumbuhkan rasa nasionalisme pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, bahwa penelitian kualitatif adalah metode penelitian naturalistik karena penelitianya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Pengumpulan data tanah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Peran guru sebagai Eduktor merupakan peran yang begitu sentral dalam pendidikan. Guru adalah pendidik, yang menjadi tokoh, panutan, dan identifikasi bagi para peserta didik, dan lingkungannya. Karena itu idealnya seorang guru mesti memiliki kualitas pribadi, meliputi rasa tanggung jawab, disiplin, penuh cinta kasih, bermoral, berwibawa, serta mampu memahami keadaan peserta didik secara komprehensif sedangkan Guru sebagai innovator adalah pembaharuan yaitu harus mampu menginovasi atau memperbaharui segala yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa. Pembaharuan disini dapat diamati saat pengajaran, guru menggunakan berbagai macam metode pembelajaran bahasa dengan berbagai teknik. Ada teknik permainan bahasa dua puluh pertanyaan yang membuat kelas hidup dan siswa bersemangat dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapinya dalam menyusun teks hasil observasi. Selain itu, teknik observasi dengan mengamati lingkungan sekitar sebagai objek tulisan otentik yang menambah pengetahuan siswa secara nyata tentang kondisi yang ada disekitarnya. Dengan demikian hasil keseluruhan dari peran guru PPKN dalam menanamkan rasa nasionalisme pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rantau Utara. Saran pada penelitian ini Guru harus mampu menampilkan sosok dirinya yang kreatif, dalam upaya mendidik tersebut guru harus mencurahkan pikiran dan tenaga secara maksimal untuk mentransfer pengetahuan dan nilai.

 


Keywords


Nasionalisme, Edukator, Guru

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Tsabit Azinar. “Kendala Guru Dalam Internalisasi Nilai Karakter Pada Pembelajaran Sejarah.” Khazanah Pendidikan 7, no. 1 (1 Agustus 2014). https://doi.org/10.30595/jkp.v7i1.664.

Ali, A. M. Pendidikan Karakter: Konsep dan implementasinya. Jakarta: Prenada Media, 2018.

Aman. Model dan Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Ombak, 2011.

Arifatul, Etin, dan Agus. “Peran Guru PKn Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa.” Jurnal PPKn UNJ Online 2, no. 4 (2014).

Guswantoro, Guntur, Sulastri Rini Rindrayani, dan Sunjoto Sunjoto. “Analisis Implementasi Pembelajaran IPS Dalam Membentuk Karakter Nasionalisme Di Mts Miftahul Jannah Parakan Trenggalek.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 2, no. 2 (30 Desember 2018). https://doi.org/10.29240/jbk.v2i2.534.

Mulyani, Yeni Sri. Peran Guru PKn dalam Membina Sikap nasionalisme Siswa di Sekolah. Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi. Bandung, 2011.

Nihayah, Suhila, dan Agus Satmoko Adi. “Penanaman Nasionalisme Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro Di Tengah Arus Globalisasi.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 2, no. 3 (15 Agustus 2014). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p829-845.

Pebriani, Kusmiati, Sinta Maria Dewi, dan Haerudin. “Analisis Sikap Nasionalisme Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary School Education 1, no. 1 (11 Maret 2020). https://doi.org/10.36805/ijpse.v1i1.45.

Putro, Hery Porda Nugroho. “Model Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Melalui Pendekatan Inkuiri.” Paramita: Historical Studies Journal 22, no. 2 (30 Juli 2012). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i2.2121.

Rista. Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Nasionalisme Siswa “Suatu Penelitian di SMA Negeri 1 Tolangohula.” Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo, 2014.

Sadeli, Eli Hasan, dan Ma’mur Banani. Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam membentuk Sikap nasionalisme siswa SMP 76 Muhamadiyah Purwokerto. Universitas Muhamadiyah Purwokerto, 2014.

Sa’diyah, Lailatus. Peran Guru Sejarah dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, 2013.

Sagita, Geni, dan Encep Supriatna. “Penanaman Sikap Nasionalisme Melalui Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 05 V Suku Bawah.” Didaktika 1, no. 2 (30 Agustus 2021). https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i2.38111.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2020.

Syaiful, D. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Utomo, C. B. Pergerakan Nasional Dari Kolonialisme Sampai Nasionalisme. Jakarta: Gramedia, 2018.

Wibowo, A. M. “Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pendidikan Agama Pada Sekolah Menengah Atas Di Perbatasan Negara: Implementasi Di SMAN 1 Jagoibabang, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat.” Penamas 28, no. 3 (31 Desember 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i3.3507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Putri Sarina Marpaung, Siti Zahara Saragih

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.