Bukti Pengaruh Psikologi Santri dalam Menghapal Al-Quran di Pondok Pesantren Tahfizh Al-Quran Azharul Muniroh, Serdang Bedagai

Sabila Aghnia Fawwaz, Hasan Bakti Nasution

Abstract


Keuatamaan ayat hīrzi dilingkungan Pondok Pesantren membawa implikasi dan pengaruh psikologi para santri, terutama di pondok pesantren yang secara khusus dalam mempelajari dan menghapal al-Quran fokus terhadap santri yang mengamalkan dan tidak mengamalkan ayat hīrzi. Menjawab pertanyaan diatas apakah dalam mengamalkan ayat hīrzi memberikan pengaruh psikolgi terhadap kualitas pembelajaran dan menghapal Al-Quran. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan terjun langsung kelapangan untuk mengamati dan mencatat praktik pengamalan ayat hīrzi dilingkungan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Azharul Muniroh (PTAM), Serdang Bedagai. Penilitian melibatkan diri secara langsung dengan ikut mondok untuk memberikan sumber yang valid dan faktual dari para santri yang mengamalkan dan tidak mengamalkan ayat hīrzi dilingkungan Pondok Tahfidz. Penelitian ini memberikan bukti bahwa praktik pengamalan ayat hīrzi di PTAM menunjukan pengaruh Psikologi negatif dan positif terhadap kualitas mempelajari dan menghapal al-Quran, dan sekaligus memberikan bukti bahwa praktik pengamalan ayat hīrzi di lingkungan Pondok Tahfidz. Penelitian ini juga memberikan sumbangan keilmuan yang bisa diterapkan di pondok pesantren lainnya.


Keywords


Influence, Psychology, Hīrzi Verse, Memorizing the Al-Quran, Islamic Boarding School

Full Text:

PDF

References


Abu-Raiya, H, I H M Hashim, A A Hanafi, K A Saki, and H R Alavi. “The Relationship between Quran Memorization and Some Mental Health Measures.” Edited by Psikologi Agama dan Spritualitas: Memahami Perilaku Beragama dalam Perspektif Psikologi. Journal of Muslim Mental Health 9, no. 1 (2015): 3–17.

Awabien, Muhammad Rasyied. “Living Hadis Di Kampung Madinah, Temboro, Magetan.” Jurnal Living Hadis 5, no. 1 (July 11, 2020): 105. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2020.2171.

Azalia, Lavenda, Leli Nailul Muna, and Ahmad Rusdi. “KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA JEMAAH PENGAJIAN DITINJAU DARI RELIGIUSITAS DAN HUBBUD DUNYA.” Psikis : Jurnal Psikologi Islami 4, no. 1 (January 1, 2018): 35–44. https://doi.org/10.19109/psikis.v4i1.2159.

Badriza, K. “Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro Sebagai Induk Madrasah Asia Selatan Berbasis Jama’ah Tabligh Di Indonesia.” FIHROS: Jurnal Sejarah Dan Budaya 6, no. 1 (2022): 10–26.

Delphia, Phila, Maskuri Bakri, and Fita Mustafida. “Motivasi Santri Menghafal Hadits Di Pesantren Al Fatah Temboro Magetan.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 7 (2021): 149–60.

Dzikra Daffa Salsabela, Afif Khairullah, Aldi Alisin, Nova Zahrani, and Rati Oktariasni. “THE EFFECT OF MEMORIZING AL-QUR’AN ON ADOLESCENT SELF CONTROL IN RQT AL-MUKMIN.” Journal of Psychology and Social Sciences 1, no. 1 (April 2, 2023): 33–41. https://doi.org/10.61994/jpss.v1i1.46.

Fatah, Abdul Fatah. “LIVING QUR’AN: TRADISI WIRID AL-MA’TSŪRĀT DI SMAIT ABU BAKAR BOARDING SCHOOL KULON PROGO.” Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir 5, no. 1 (June 28, 2020): 1–19. https://doi.org/10.32505/at-tibyan.v5i1.1398.

Fuady Idham, Azmul, and Andi Ahmad Ridha. “APAKAH MENDENGARKAN MURROTAL AL-QURAN DAPAT MENURUNKAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA?” Jurnal Intervensi Psikologi (JIP) 9, no. 2 (December 25, 2017): 141–54. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss2.art1.

Hashim, I. H. M., and A. A Hanafi. “Influence of Quran Memorization on Mental Health: A Review of Literature.” International Journal of Psychology and Behavioral Sciences 6, no. 2 (2016): 77-81.

Imanda, Tegar. “KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN PADA PERILAKU RELIGIUSITAS MASYARAKAT DESA (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro Karas Magetan).” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.

Kusmawati, Ati, Cholichul Hadi, and Nur‘ainy Fardana N. “The Dynamics of Inner Peace of Delinkuen Students Through a Religious Approach.” Psikis : Jurnal Psikologi Islami 6, no. 2 (December 28, 2020): 139–46. https://doi.org/10.19109/psikis.v6i2.4128.

Maslahat, Meta Malihatul, and Vina Noor Laila. “DHIKR THERAPY IN THE TREATMENT OF ANXIETY DISORDERS IN ADOLESCENTS.” Psikis : Jurnal Psikologi Islami 8, no. 1 (June 30, 2022): 1–7. https://doi.org/10.19109/psikis.v8i1.9967.

Mughni, Abdurrohim bin Abdul. Keutamaan Ayatul Hirzi, Meliputi Ayat Al-Qur’an. Dzikir. Do’a & Shalawat. 2nd ed. Temboro: Pustaka Al-Barokah, 2017.

Muslim, Sahih. Kitab Al-Masajid Wa Mawadi’ As-Salat, Bab Fadl Surah Al-Kahfi Wa At-Takwir Wa Ar-Rahman Wa Al-Waqi’ah, n.d.

Nasier, Gamal Abdel. “The Effect of Interest In Al-Quran And Arabic Language Ability Towards The Achievement of Tahfizh Al-Qur’an.” AL-HAYAT: Journal of Islamic Education 2, no. 2 (December 19, 2018): 231. https://doi.org/10.35723/ajie.v2i2.36.

Nurhayati, Anifa, Imam Muhsin, and Thoriq Tri Prabowo. “The Convergence of Nahdlatul Ulama and Jamaah Tabligh Traditions in Temboro Village, Magetan, East Java.” IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya 21, no. 2 (2023): 221–40. https://doi.org/10.24090/ibda.v21i2.7797.

Rahim, Reynaldi Aulia, and Hanif Hanif. “Tradisi Pembacaan Ayatul Hirzi: Studi Living Qur’an Di Pondok Pesantren Putri Darul Ulum Tgk. Chik Djauhari.” Basha’Ir: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 3, no. 1 (2023): 51–59. https://doi.org/10.47498/bashair.v3i1.2062.

Rahman, Kiram Fakhri. “TRADISI PEMBACAAN AYAT AL-ḤIRZ (Pemahaman Santri Pondok Pesantren Al-Umm, Tangerang Selatan).” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.

Rummanah. “Tradisi Pembacaan Ayat AL-Ḥirz (Kajian Living Qur’an Di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Penyeppen Pamekasan Madura),” 2022, 1–93.

Saki, K. A., and H. R Alavi. “Effectiveness of Group Therapy Based on Religious Cognitive-Behavioral Approach on Anxiety, Depression and Stress of the Quran Students.” International Journal of Medical Research & Health Sciences 4, no. 4 (2015): 788-793.

Septia, Nor Izzati, Nihayatul Kamal, and Ngalimun. “Kesehatan Mental Dan Ketenangan Jiwa Kajian Psikologi Agama.” JIS: Jurnal Kajian Islam 1, no. 2 (2023): 212–21.

Yusriansyah, Mohammad Fadlil, and Ubaidillah Ubaidillah. “The Social Meaning Behind Recitation Hirzi Wa Hirsi at Miftahul Mubtadiin Islamic Boarding School Tanjunganom Nganjuk Indonesia.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 23, no. 1 (2023): 27–52. https://doi.org/10.21154/altahrir.v23i1.5847.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sabila Aghnia Fawwaz, Hasan Bakti Nasution

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.