Pergeseran Epistemologi dalam Kajian Tafsir di Mesir

Khulwani Khulwani, Rifa’i Kurniawan, Alwi Shobri

Abstract


Perkembangan tafsir di Mesir telah melalui perjalanan yang panjang, perkembangan Tafsir di Mesir dapat menjadi tiga fase, pembentukan (formatif), kodifikasi (afirmatif); dan pembaharuan (reformatif). Tulisan ini merupakan hasil dari studi kepustakaan (bibliography research) dengan sumber data seperti kitab, buku, dan artikel-artikel terkait perkembangan tafsir di Mesir. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan metode analisis isi (content analysis). Dari tiga fase diatas, pelbagai pendekatan dalam menafsirkan teks telah timbul dan berkembang sejalan dengan perubahan zaman; pada masa klasik, tafsir masih berfokus pada aspek riwayah atau ma’tsur. Namun, pada fase kedua atau yang sering disebut kodifikasi paradigma tafsir, telah dimulai penggabunga antara aspek riwayah dengan dirayah, yang menitik beratkan pada kajian kebahasaan sebagai fokus utama, dalam fase ketiga, yakni era pembaharuan terjadi pendekatan baru yang lebih objektif dalam menangani permasalahan sosial yang dihadapi umat islam. pada fase ini, tafsir menggunakan al-tafsir al-adab>i al-ijtima’i> untuk menawarkan solusi yang lebih kontekstual dan broblem solving terhadap masalah-masalah sosial yang dihadapi.


Keywords


Pergeseran, Epistemelogi, Kajian Tafsir

Full Text:

PDF

References


Abd Alla>h Khu>rshi>d al-Barri, al-Qur’an Wa 'Ulu>muh F>i Mesr Mesir: Dar al-Ma’arif, 1969

Abd al-Raḥma>n ibn Abu> Bakr Al-Suyu>ṭi>, abaqat al-Mufassiri>n (Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, n.d.

Abd Karim al-Ka’bi, Mawsu’at al-Tarikh al-Isla>mi 'Asr al-Khulafa’ al-Ra>sidin Amman: Usamah, 2009

Abd Mustaqim, Pergeseran Epestemologi Tafsir Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008

Adi Pratama Awadin, “Hakikat Dan Urgensi Metode Tafsir Maudhu’i>,” Jurnal Iman Dan Spitualitas,V 2, No. 4: 2022,

Ahmad Fadhil, “Tafsir al-Sa>yis dan al-Zuhayliterhadap Ayat Nusyuz Dan Syiqaq Serta Penyelesaianya,” Jurnal, Hukum Keluarga Vol. 22no.2, 2021,

Alaiddin Koto, Sejarah Peradilan Isla>m jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Al-Qattan, Mabahith, per, Aunur Rafi’el-Mazni, Pengantar Studi Ilmu al-Qur’an jakarta: al-kautsar, 2005.

Anisatul Fikriyah Aprilianti, “Studi Perkembangan Tafsir di Mesir,” An-Nibraas, Vol, No.Desember, 2019.

Asep Saepul Hamdin dan E. Bahruddin, Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Penelitian Yogyakarta, Deepublis. 2014

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam, al-Mara>ghi> ,Insiklopedia Islam Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994

Dzikri Nirwana, “Peta Tafsir di Mesir Melacak-Perkembangan-Tafsir al-Qur'a>n-dari Abad Klasik-Hingga-Modern,” Jurnal Falasifah. Vol,1. No. 1 Maret 2010, 1935,

Eni Zulaiha M.Taufiq Rahman, Makna dan Manfaat Tafsir Maudhu’i> Bandung: Prodi S2 Studi Agama-Agama Uin Sunan Gunung Jati, 2021

Ignaz Goldziher, Mazhab Tafsir Dari Klasik Hingga Modern, Ter. M. Alaika Salamullah, dkk. Bairut: Dar-Iqra’, 1983

J.J.G Janse, The Interpretations Of The Koran In Modern Egpy,Sudah Diterjemahkan Oleh Hairussalim Dan Syarif Hidayatullah Dengan Judul Tafsir al-Qur’an Modern Yogyakarta: Tiara Wacana, 1997

Jenifer Mason, Kualitatif Researching London: SAGE Publications, 2002

M. Badruzzaman Yunus, “Studi Komparatif Pemikiran Al-Farmawi>, Baqir Shadr Dan Abdussatar Fathallah Tentang Tafsir Maudhu’i>,” Jurnal Iman Dan Spritual Vol.1, No. 3, 2021,

Mani’ abd halim mahmud, Metodologi Tafsir Kajian Komprehensif Metode Para Ahli Tafsir, jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006

Matthew B. Meles, A. Michel Hunerman Dan Jonny, Qualitative Data Analysis Unitet StatSes Of America 2014

Muh}ammad Abd Al-Rahim, al-Tafsir al-Nabawi>; Khaa’isuh Wa Maadiruh, Diterjemahkan Oleh Rosihan Anwar Dengan Judul Penafsiran Al-Qur’an Perspektif Nabi Muhammad Saw, Bandung: Pustaka Setia, 1999

Muh}ammad ali Iyazi, Mufassiru>n Hayatu>hum Wa Manhajuhum Teheren: Mu’assanah al-Taba’ah wa al-Nashr, n.d.

Muh}ammad 'Ali> al-sa>yis, Tafsir Ayat Al-Ahkam Mesir: Muqarrar al-Sunah al-Ula, vol. 1,

Muḥammad ibn ‘Ali> ibn Aḥmad Al-daudi>, abaqat al-Mufassiri>n bairut: Dār al-Kutub al-„Ilmiyyah, n.d

Muhammad Ra>syid Rida>, Tafsir al- Mana>r bairut: dar al-fikr, n.d

Muhammad Syafi’i Antonio, Ensiklopedia Peradaban Islam Kairo Jakarta: Tzkia, 2012

Nasir al-Ansari, al-Mu’jam Fi Tarikh Mesr al-Nuzum al-Syiasiyah Wa al-Idariyah (Kairo: Dar-Al-Shuru’, 1993

Rusliwa Somantri, Memahami Metode Kualitatif, Makara Sosial Humaniora 2005

Sayyid Qutb, Fi Zila Al-Qur’an Bairut: Dar al-Shuruq., 1992

Ziyat Khalil Muhammad al-Daghamin, Manh>ajiyyat al-Bahth Fi> al-Tafsir al-Maudhu’i> al-Qur’an al-Kari>m, Amman: Dar al-Bashir, 1995.

Zulaiha, Eni, “Fenomina Nabi Dan Kenabian Dalam Persepektif Al-Qur’an,” Al-Bayan Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Tafsir 1.2, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khulwani Khulwani, Rifa’i Kurniawan, Alwi Shobri

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.