Studi Komparatif Pemasaran Paket Umroh dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah pada PT. Mahabbah Wisata Semarang dan PT. Arrahmah Kendal

Dini Kurnia Putri, Abdul Rozaq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur serta memadankan strategi pemasaran paket umroh pada PT Mahabbah Semarang dan PT Arrahmah Kendal dalam upaya meningkatkan jumlah jamaah umrohnya, Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam serta observasi secara langsung terhadap kedua perusahaan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama dengan pondok pesantren dan penyelenggaraan seminar telah memberikan peningkatan jamaah secara signifikan dalam pemasaran paket Umrah bagi PT. Mahabbah Wisata Semarang, dengan peningkatan yang cukup tinggi jumlah jamaah yang mendaftar. Sementara itu, PT. Arrahmah Kendal masih memiliki potensi untuk mengadopsi strategi serupa guna meningkatkan efisiensi pemasaran mereka. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya strategi pemasaran kolaboratif antara agen perjalanan dengan lembaga keagamaan dalam mengembangkan bisnis paket perjalanan religius seperti Umrah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan wawasan bagi agen perjalanan umroh untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih berorientasi pada kebutuhan dan keinginan jamaah.


Keywords


Strategi Pemasaran, Paket Umroh, Travel

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. “Manajemen Pemasaran.” Diktat, 2020, 8.

Amanah, Siti. “Peranan Strategi Promosi Pemasaran.” Jurnal LENTERA 1 (2017): 55–66.

Andrean W. Finaka. “Daftar Waktu Tunggu Haji Provinsi Di Indonesia.” Indonesiabaik.id, 2022. https://indonesiabaik.id/infografis/daftar-waktu-tunggu-haji-provinsi-di-indonesia.

Bayu Ardi Isnanto. “Daftar Tunggu Haji RI 2023: Berangkat 11 Hingga 47 Tahun Lagi.” DetikHikmah, 2023. https://www.detik.com/hikmah/haji-dan-umrah/d-6742715/daftar-tunggu-haji-ri-2023-berangkat-11-hingga-47-tahun-lagi.

Birusman, Muhammad. “Harga Dalam Perspektif Islam.” Mazahib 4, no. 1 (2017): 86–99.

Fahluroji, Aceng Ahmad. “Strategi Pemasaran Program Umroh Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Jamaah Pada Esq Tours and Travels 165,” 2015, 2.

Haryanto, Joko Tri, Anasom, Mahlail Syakur, Iman Fadhilah, and Mustaghfirin. Panduan Perjalanan Jemaah Haji. DIVA Press. Vol. 5, 2021.

Muhammad Adam. “Pengaruh Promosi, Kepercayaan Dan Harga Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Di PT. Bank Muamalat.” Journal of Comprehensive Islamic Studies 1, no. 1 (2022): 107–32. https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.97.

Noor, Muhammad. “Haji Dan Umrah.” Jurnal Humaniora Teknologi 4, no. 1 (2018): 38–42. https://doi.org/10.34128/jht.v4i1.42.

Sattar, Abdul, and Hasyim Hasanah. “Tingkat Pengetahuan Peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional: Catatan Angkatan Vi Dari Semarang.” Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah 3, no. 1 (2023): 43. https://doi.org/10.32332/multazam.v3i1.7096.

Yuniartika, Mega Dwi. “ת,” no. 8.5.2017 (2022): 2003–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dini Kurnia Putri, Abdul Rozaq

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.