Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V SD

Nur Kholifah, Dwi Yulianti, Rangga Firdaus, Fathur Rohman

Abstract


LKPD digital berbasis discovery learning merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kemudahan, kemenarikan, kebermanfaat, dan efektivitas LKPD digital berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sumber Rejo. Subjek dalam penelitian ini 20 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil analisis data kevalidan menunjukkan LKPD digital berbasis discovery learning sangat valid  untuk digunakan. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,57. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD digital berbasis discovery learning yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar


Keywords


Discovery Learning, LKPD Digital, Kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Anisa, M.N. dan Jariono. “The Use of Schoology Applications in Learning in Terms of Student Learning Motivation (Empirical Study on Sports Education Students, Muhammadiyah University of Surakarta.” International Journal of Education Research and Social Science 2, no. 4 (2021).

Azzahra, T.R., dan S. Mariani. “Mathematical Problem Solving Skills Reviewed from Students’ Metacognition Performance in Online-Based PME Learning Model.” UNNES Journal of Mathematics Education 11, no. 1 (2022).

Cholik, M. “Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PDTO Kelas X Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Bangkalan.” Jurnal Pendidikan Teknik Mesin 9, no. 3 (2020).

Daryanto, J., R. Rukayah, S. Sularmi, T. Budiharto, I.R.W. Atmojo, R. Ardiansyah, dan D.Y. Saputri. “Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet pada Masa Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pengabdian UNDIKMA 3, no. 2 (2022).

Eliana, Nindiasari, Anwar H., dan H. Firdos. “Development of E-Learning Teaching Material on Materice.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2020).

Fitriani, N., Gunawan, dan Sutrio. “Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPS) Berbantuan LKPD.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3, no. 1 (2017).

Kurniawati, W.D., T.A. Arigiyati, dan I. Taufiq. “Efektivitas Pembelajaran Daring Berbasis WhatsApp Group Berbantuan LKPD Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika 9, no. 3 (2021).

Lumbantoruan, H.J., dan S. Natalia. “Development of a Constructivism-Based Statistics Module for Class VIII Junior High School Students.” Solid State Technology 64, no. 2 (2021).

Mursidik, Samsiyah dan Rudyanto. “Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-ended Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogia 4, no. 1 (2015).

Muthoharoh, M., I.M. Kirna, dan A.G. Indrawati. “Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 1, no. 1 (2017).

Perdana, Ryzal. “Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar.” Absis: Mathematics Education Journal 3, no. 1 (2021).

Prastowo, A. Panduan Kreatif Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press, 2015.

Prawira, P.A. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2021.

Salmina, M. dan Mustafa. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Dimensi Tiga dengan Bantuan Video Pembelajaran.” Jurnal Numeracy 6, no. 2 (2019).

Sholehah, F., S. Sunarto, dan M. Gazali. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi.” Jurnal UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi 1, no. 2 (2021).

Sudjana, N. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

Syahputri, D.N., F. Solikhin, dan N. Nurhamidah. “Pengembangan e-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 17, no. 1 (2023).

Widiati, S. “Meningkatkan Motivasi Belajar Seni Budaya dengan LKPD Digital.” EDUCATOR: Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 1, no. 1 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Kholifah, Dwi Yulianti, Rangga Firdaus, Fathur Rohman

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.