Keefektifan Guru IPA dalam Penggunaan Laboratorium pada Kurikulum Merdeka

Ramadani Batubara, Ika Chastanti, Risma Delima Harahap

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang sudah diimplementasikan disekolah pada saat ini. Ada beberapa masalah yang muncul disekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka karena masih kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis efektivitas penggunaan laboratorium IPA pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang di analisis secara deskriptif. penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kualuh Hulu pada bulan Agustus sampai November 2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX berjumlah 127 siswa dan guru mata pelajaran IPA. Tekhnik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara,observasi dan kuisioner yang dibagikan melalui Platform Google Form. Tehknik sampling yang digunakan dengan purposive sampling dan tekhnik analisis data Miles & Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan laboratorium belum optimal karena beberapa faktor. Pertama, kurangnya kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola dan memanfaatkan laboratorium secara efisien, termasuk kurangnya teknisi/laboran yang membantu guru dalam persiapan praktikum. Kedua, kurangnya koordinasi dan kolaborasi antara guru dan unit yang menggunakan laboratorium serta kebutuhan akan pengembangan sistem manajemen laboratorium yang terstruktur. Ketiga, peran aktif pemimpin sekolah, pendidik, dan tenaga pendidikan dalam membangun budaya sekolah yang mendukung penggunaan laboratorium sebagai sarana pembelajaran yang efektif. penggunaan laboratorium diharapkan dapat ditingkatkan untuk mendukung pengembangan soft skills dan karakter siswa.Diperlukan upaya untuk meningkatkan pemanfaatan laboratorium dalam pendidikan, termasuk peningkatan kemampuan sumber daya manusia, koordinasi antar unit yang menggunakan laboratorium, pengembangan sistem manajemen laboratorium yang terstruktur, dan pembangunan budaya sekolah yang mendukung penggunaan laboratorium sebagai sarana pembelajaran yang efektif. Hal ini penting untuk memastikan bahwa laboratorium dapat menjadi tempat yang efektif bagi siswa untuk mengembangkan pemahaman ilmiah dan keterampilan praktis mereka, sesuai dengan visi kurikulum merdeka Dalam konteks kurikulum merdeka.

Keywords


efektivitas, kurikulum merdeka, laboratorium

Full Text:

PDF

References


Alfiah, Miftahul Hasanatun. “Tantangan dan Peluang dalam Manajemen Laboratorium IPA di Sekolah Menengah : Analisis Literatur Terkini.” Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) 2023 “Inovasi Penelitian dan Pengabdian Bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (SAINS) Serta Pembelajarannya untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pembangunan Berkelanjutan,” no. September (2023): 144–51.

Dasiri, Dasiri, Yenni Melia, dan Erningsih Erningsih. “Persiapan Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Kinali Kabupaten Pasaman Barat.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 4 (2023): 2573–78. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1667.

Fauzi, Achmad. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak.” Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya 18, no. 2 (2022): 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480.

Hidayat, Wahyu, Akhmad Sukri, dan Baiq Mirawati. “Efektivitas Penggunaan Laboratorium IPA Terhadap Pembelajaran Biologi.” Empiricism Journal 4, no. 1 (2023): 163–74. https://doi.org/10.36312/ej.v4i1.1126.

Laeli, Sobrul, dan Novi Maryani. “Pengelolaan Laboratorium Sebagai Pusat Sumber Belajar Di Sekolah Menengah Atas.” Tadbir Muwahhid 4, no. 1 (2020): 59. https://doi.org/10.30997/jtm.v4i1.2619.

Marisda, Dewi Hikmah, Ma’ruf Ma’ruf, Riskawati Riskawati, dan Yusri Handayani Hamid. “Workshop Pembelajaran Komponen Instrumen Terpadu IPA Berbasis Lingkungan Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 6, no. 2 (16 April 2022). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7280.

Nahdiyaturrahmah, Ni Made Pujani, dan Kompyang Selamet. “Pengelolaan Laboratorium Imu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 3, no. 2 (2020): 118–29.

Nursanti, Amalia Ika. “Analisa Manajemen Laboratorium Sains Di Smkn Ngraho Bojonegoro.” Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) 2023 “Inovasi Penelitian dan Pengabdian Bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (SAINS) Serta Pembelajarannya untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pembangunan Berkelanjutan,” no. September (2023): 204–8.

Sanjayanti, Arum, dan Dwi Ari Budiretnani. “Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI MIA-5 SMAN 1 Kediri.” Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 2015, 361–63.

Setyani, Anisa Intan, Dwi Kurnia Putri, Revita Alief Pramesti, Santi Suryani, dan Wahyu Fitria Ningrum. “Pembelajaran Biologi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Urban.” DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2, no. 2 (2023): 145–51. https://doi.org/10.54259/diajar.v2i2.1364.

Sri Wulandari Trasmini, Dedi Sunarto, Nur Aeni Ariyanti. “Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Laboratorium Biologi” 3, No. 12, (t.t.): 2.

tri mustika sarjani, ekarianas.pandia, abdul l.mawardi. “Pelatihan Pengelolaan dan Perawatan Laboratorium IPA bagi Guru SMP se-Aceh Timur” 04, no. 9 (2022): 3039–46.

Usmeldi, Usmeldi, dan Risda Amini. “Pelatihan Penggunaan KIT IPA dan Pengembangan LKPD Berbasis Praktikum untuk Guru IPA.” Jurnal Abdimas Prakasa Dakara 1, no. 2 (2021): 56–65. https://doi.org/10.37640/japd.v1i2.1010.

Wahidah, Nurul, M. Zubair, Ahmad Fauzan, dan Bagdawansyah Alqodri. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1b (2023): 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287.

Widiyanto, Bayu. “Pengembangan Modul Pengelolaan Laboratorium IPA Bab Keselamatan Dan Keamanan Kerja Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Calon Guru IPA.” PSEJ (Pancasakti Science Education Journal) 7, no. 2 (2022): 112–22. https://doi.org/10.24905/psej.v7i2.166.

Yuliana, Yusminah Hala, dan Mushawwir Taiyeb. “Efektifitas Penggunaan Laboratorium Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMPN 3 Palakka Kabupaten Bone.” Jurnal Nalar Pendidikan 5, no. 1 (2017): 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ramadani Batubara, Ika Chastanti, Risma Delima Harahap

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.