Analisis Strategi Pemasaran Experiential Marketing Produk Telkomsel Orbit di PT. Telkomsel Regional Jateng-DIY

Abimanyu Cahya Pramudhita, I Made Sukresna

Abstract


Adanya internet sebagai platform komunikasi dan sumber informasi telah mengubah cara individu berinteraksi dengan dunia di sekitarnya. Internet membuka pintu lebar akses ke berbagai sumber daya dan pengetahuan yang sebelumnya yang sulit dijangkau. Penyedia jasa internet di wilayah Indonesia salah satunya adalah PT Telekomunikasi Selular, yang umumnya dikenal sebagai Telkomsel dengan salah satu produk layanan internet yang bernama Telkomsel Orbit.  Penelitian ini ingin melihat apakah ada experiential marketing yang sudah disampaikan oleh Telkomsel Orbit sehingga membentuk customer journey map yang baik sehingga produknya dapat diterima oleh masyarakat yang sudah terbiasa dengan internet fiber optic, seperti IndiHome, yang merupakan produk Telkomsel juga. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap narasumber dari pihak manajemen dan 3 narasumber yang sudah menjadi pelanggan Telkomsel Orbit. Dari hasil wawancara tersebut, ditemukan bahwa Telkomsel Orbit sudah melakukan berbagai macam strategi pemasaran dengan experiential marketing dengan membuat titik sentuh pada pemasaran digital dan non-digital. Pihak Telkomsel Orbit percaya diri bahwa mereka sudah memberikan customer journey map yang baik untuk pelanggannya sehingga pelanggan dapat dengan mudah mengakses produk saat proses menimbang hingga melakukan pembelian.


Keywords


Experiential Marketing, Customer Journey Map, Telkomsel Orbit

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. “Penetrasi Internet Indonesia Capai 78% pada 2023, Rekor Tertinggi Baru.” databoks, 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/30/penetrasi-internet-indonesia-capai-78-pada-2023-rekor-tertinggi-baru.

Bascur, C., C. Rusu, dan D. Quiñones. “User as Customer: Touchpoints and Journey Map.” Advances in Intelligent Systems and Computing 876 (2019). https://doi.org/10.1007/978-3-030-02053-8_19.

Creswell, J.W. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks, CA: SAGE, 2014. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40.

Damar, A.M. “Sama-sama Tawarkan Layanan Internet Rumah, Telkomsel Orbit Tak Bersaing dengan IndiHome.” Liputan6, 30 September 2021. https://www.liputan6.com/tekno/read/4671754/sama-sama-tawarkan-layanan-internet-rumah-telkomsel-orbit-tak-bersaing-dengan-indihome?page=3.

Finaka, A.W. “Orang Indonesia Makin Melek Internet.” indonesiabaik, 2023. https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-melek-internet.

Hasan, Z., dan S. Arifin. “Penerapan Experiential Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Selama Pandemi Covid-19 di Taylor Al-FAshion Jenggawa Jember.” Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 9, no. 1 (2023).

Ramjan, S., dan K. Campiranon. “Customer Journey Mapping of a Public Mobile Application: The Case Study of a State Electricity Enterprise.” Dalam 3rd Asia Pacific Information Technology Conference, 2021. https://doi.org/10.1145/3449365.3449372.

Rather, R.A. “Customer Experience and Engagement in Tourism Destinations: The Experiential Marketing Perspective.” Journal of Travel and Tourism Marketing 37, no. 1 (2020). https://doi.org/10.1080/10548408.2019.1686101.

Saefullah. Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak. Kemenag RI BDK Jakarta, 2020. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/pengaruh-kemajuan-teknologi-komunikasi-dan-informasi-terhadap-karakter-anak/.

Skandalis, A., J. Byrom, dan E. Banister. “Experiential Marketing and the Changing Nature of Extraordinary Experiences in Post-Postmodern Consumer Culture.” Journal of Business Research 97, no. January 2017 (2019). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.12.056.

Telkom Indonesia. “Tentang Telkomgroup,” 2020. https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22#:~:text=PT%20Telkom%20Indonesia%20(Persero)%20Tbk,dan%20jaringan%20telekomunikasi%20di%20Indonesia.

Telkomsel. “Produk dan Inovasi Layanan Telkomsel Jadi Pilihan Terbaik Masyarakat di Indonesia Customer Experience Award 2020.” Telkomset, 19 Desember 2020. https://www.telkomsel.com/about-us/news/produk-dan-inovasi-layanan-telkomsel-jadi-pilihan-terbaik-masyarakat-di-indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abimanyu Cahya Pramudhita, I Made Sukresna

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.