Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA Tingkat SMP

Siti Kholijah Sinaga, Risma Delima Harahap, Ika Chastanti

Abstract


Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dengan dilakukan metode eksperimen menganalisis penggunanaan metode eksperimen dalam mewujudkan karakter dengan profil pelajar pancasila.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kualuh Hulu pada bulan September 2023 - Januari 2024. Sampel dalam penelitian melibatkan guru kelas VII-1. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Analisis data menggunakan teori Milles dan Huberman. Hasil pembahasan menunjukkan sintaks profil pelajar pancasila seperti beriman dan bertaqwa Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Aktivitas seperti guru menanti di gerbang sekolah dan siswa memberi salam akan tetapi hanya peserta didik laki-laki saja, Kegiatan ini untuk mengembangkan dimensi karakter beriman, bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia,  kepada alam dan sesama manusia. Saling menghargai dalam berdiskusi dan meningkatkan kesadaran budaya anak-anak, menunjukkan rasa hormat terhadap budaya mereka sendiri dan toleransi terhadap keanekaragaman lingkungan. 6K untuk menjaga kebersihan sebagai kegiatan atau tindakan yang diakukan dengan bersama-sama. Praktikum mandiri mengerjakan dengan sesuai dengan pembagian kelompok. Literasi sebelum pembelajaran 10-15 menit menganalisis dan mengevaluasi penalaran serta merefleksi dan mengevaluasi informasi dan gagasan. Tim secara bekerjasama dan kreatif memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter siswa. Dengan melalui metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dapat efektif dalam mewujudkan tujuan Profil Pelajar Pancasila, serta mendorong rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang disampaikan.

Keywords


Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA, Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Adelia, Nurindah, Titik Suweni, dan Abdul Halim. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar Kebon Jeruk, Jakarta ….” Seminar Nasional Ilmu …, 2022, 394–99.

Afipah, Heni, dan Imamah Imamah. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Enam Dimensi Karakter di PAUD.” Journal of Education Research 4, no. 3 (2023): 1534–42. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.456.

Alfitri, Ardhea Helmalia. “Correspondent Author ) 2” 16, no. 1 (2023): 1–3.

Anjarwati, Ani, Putri Fatimatuz Az-Zahra, Mustika Kirana Putri, dan Tria Fatma Putri. “Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan Melatih karakter Kemandirian.” Jurnal Pendidikan 32, no. 2 (2023): 283–90.

Ayu, Dyah, Woro Hastuti, dan Wiyanto Wiyanto. “Unnes Physics Education Journal Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Siswa” 8, no. 3 (2019).

Dimensi, Membangun, Bernalar Kritis, dan Sebagai Landasan. “JDPP” 11, no. 1 (2023).

Khoeratunisa, Siti, Resti Yektyastuti, dan Fachri Helmanto. “NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science ( 2023 ) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus Eksplorasi Kebhinekaan Global Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar,” 2023, 478–93.

Kusumaningsih, Kusumaningsih. “Upaya Penumbuhan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Uji Boraks Pada Materi IPA Zat Aditif.” WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan 3, no. 2 (2022): 124–29. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.9011.

Lestari, Windi Yuni, dan Nurlizawati Nurlizawati. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Tema Suara Demokrasi Untuk Membentuk Keterampilan Bernalar Kritis Siswa di SMA Negeri 3 Pariaman” 2 (2023): 291–301.

Mahanani, Anindita Surya, dan dkk. “Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Tema Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya di SMA Negeri 1 Babat , Lamongan.” Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 1 (2023): 407–16.

Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, dan Agung Hartoyo. “Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 7840–49. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617.

Mooduto, Mohammad Nurfajar, dan Lian G Otaya. “Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2023): 100–112.

Okpatrioka, Okpatrioka, Bermara Giri Menur Sari, dan Naura Zhafirah. “Inovasi Penanaman Karakter Gotong Royong Berbasis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Jenjang Sekolah Dasar.” Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat 1, no. 3 (2023): 105–18.

Oktavianto, Andry Wahyu, Asrial Asrial, dan Alirmansyah Alirmansyah. “Analisis penerapan Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam mencapai nilai gotong royong di kelas IV sekolah dasar.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 4 (2023): 8623–36.

Pujiningtyas, Mifta Ramandhani, Ipah Budi Minarti, dan Sa’diyah Sa’diyah. “Implementasi Discovery Learning Pada Materi Ekosistem Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro 8, no. 1 (2023): 21. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2636.

Sulastri, Sulastri, Syahril Syahril, Nelfia Adi, dan Ermita Ermita. “Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar.” JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia) 7, no. 3 (2022): 583. https://doi.org/10.29210/30032075000.

Ulandari, Sukma, dan Desinta Dwi. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 8, no. 2 (2023): 12–28.

Umi, Z, N Wahyu, G Diah, dan C Gita. “Analisis Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Dan Implementasinya Di Mi Islamiyah Kroya.” Repository.Unugha.Ac.Id, 2022.

Utaminingsih, Retno, dan Muhammad Nizaar. “Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Siswa” 4, no. November (2020): 121–29.

Wahidah, Nurul, M. Zubair, Ahmad Fauzan, dan Bagdawansyah Alqodri. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 1b (2023): 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287.

Yuliastuti, Sri, Isa Ansori, dan Moh. FAthurrahman. “Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang.” Lembaran Ilmu Kependidikan http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK 51, no. 2 (2022): 76–87.

Yuniharto, Bonifatius Sigit, dan Ana Fitrotun Nisa. “Implementasi model pembelajaran ajak temani mandiri untuk menanamkan profil pelajar Pancasila.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 9, no. 1 (2022): 65–71. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i1.13733.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Kholijah Sinaga, Risma Delima Harahap, Ika Chastanti

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.