Riyadhah sebagai Model Alternatif Pembinaan Akhlak

Junaidin Basri, Husnan Sulaiman, Ade Zaenul Mutaqin

Abstract


Penelitian berujuan untuk menemukan sistem pendidikan akhlak melalui kegiatan riyadhah, kajian In-put (syarat santri dan tujuan riyadhah, Proses Riyadhah (materi/bahan, tahapan kegiatan, evaluasi kegiatan, dan Out-put-nya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, analsis data penelitian menggunakan teori sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara Riyadhah dan akhlak berkorelasi dalam mewujudkan alternatif pembinaan akhlak para santri khususnya dan manusia pada umumnya. Hal tersebut sejalan dengan unsur-unsur dalam Ilmu Pendidikan Islam, yakni : (1) Input menjadi peserta riyadha; tidak terbatas pada usia, pendidikan dan profesi. (2) Tujuan Riyadhah; mendidik santri lahir batin menuju kedekatan kepada Allah SWT (sang pencipta), melalui pemantapan iman dan takwa, membentuk kepribadian yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. (3) Materi riyadhah; membaca Al-Qur’an, bacaan wirid, berdzikir, shalat-shalat sunat, berpuasa dan uzlah. (4) Proses kegiatan riyadhah terbagi kepada tiga bagian, yakni rutinitas wajib, rutinitas sunah, dan kegiatan insidentil. Sedangkan ke-(5) Evaluasi kegiatan riyadhah terdiri dari evaluasi dari guru (Kyai) dan evaluasi dari pelaku riyadhah (santri). evaluasi dari guru seperti teguran/arahan langsung tentang berbagai kekurangan dan kelemahan di dalam menjalankan riyadhah. Evaluasi dari santri sebagai upaya memperbaiki diri dari berbagai pelanggaran menuju kesempurnaan akhak. Sedangkan outputnya menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Oleh karena itu peneliti merekomendasikan kepada sekolah untuk menggunakan model Riyadhah sebagai salah satu alternatif dalam melakukan pembinaan akhlak para siswa.


Keywords


Akhlak, Pendidikan dan Riyadhah

Full Text:

PDF

References


Adnan. “Riyadhah Mujahadah Perspektif Kaum Sufi.” Sifa Al-Qulub 1, no. 2 (2017). https://doi.org/10.15575/sag.v12.1428.

Ainiyah, Nur. “Pembentukan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 1 (2013).

Aryati, A. Memahami Manusia Melalui Dimensi Filsafat. El-Afkar, 2018.

Creswell, J.W. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Indonesia, 2013.

Hernawati. Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (Studi tentang Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini). Bandung: Pascasarajana UPI Prodi .Administrasi Pendidikan, 2019.

Ilyas, Rahmat. “Manusia Sebagai Khalifah Dalam Perspektif Islam.” Mawaizh : Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 7, no. 1 (1 Juni 2016). https://doi.org/10.32923/maw.v7i1.610.

Karimah, Ummah. “Pondok Pesantren dan Pendidikan : Relevansinya dalam Tujuan Pendidikan.” Misykat 3, no. 1 (2018). https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.50.

Moleong, L.J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Priatna, T. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Uin Bandung, 2019.

Sulaiman, H. Riyadhah dalam Meningkatkan Pendidikan Akhlak bagi Santri. Bandung: Pascsarajana UPI Program Pendidikan Umum, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Junaidin Basri, Husnan Sulaiman, Ade Zaenul Mutaqin

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.