Penerapan Manajemen Kepemimpinan yang Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Teknologi Kejuruan di Sekolah Menengah Kejuruan

Ulfi Latifah, Hasan Maksum, Wawan Purwanto

Abstract


Pendidikan teknologi kejuruan memiliki peran vital dalam menyediakan tenaga kerja terampil bagi industri di era globalisasi dan revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik-praktik kepemimpinan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan teknologi kejuruan, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kepemimpinan yang baik dapat membangun visi, menciptakan budaya organisasi yang mendukung pembelajaran, dan mengelola sumber daya secara efisien. Melalui pendekatan systematic review dengan metode PRISMA, penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat keberhasilan kepemimpinan, serta menganalisis dampaknya terhadap kinerja guru, motivasi siswa, dan kesiapan kerja lulusan SMK. Temuan utama menunjukkan bahwa kepala sekolah memainkan peran ganda sebagai edukator, manajer, administrator, dan supervisor dalam manajemen kepemimpinan. Aspek penting lainnya meliputi pengelolaan pembelajaran berkualitas, pemahaman landasan filosofi dan prinsip Pendidikan Teknologi Kejuruan (PTK), penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management (TQM), pemanfaatan teknologi informasi, pendidikan karakter, kepemimpinan digital, serta upaya mengurangi kesenjangan keterampilan lulusan dengan dunia industri. Penelitian ini mengembangkan model kepemimpinan yang sesuai untuk diterapkan di SMK guna meningkatkan kualitas pendidikan teknologi kejuruan di Indonesia

Keywords


Manajemen Kepemimpinan, Pendidikan Teknologi Kejuruan, Sekolah Menengah Kejuruan, Kepemimpinan Efektif, Kualitas Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Andriani, D. E., R. Dania, Suyud, S. Raharja, dan D. M. Kristyningsih. “The Profiles of Principals’ Instructional Leadership in High, Moderate, and Low Performing Schools.” Jurnal Prima Edukasia 10, no. 2 (2022): 159–70.

Bakar, Abrahim. Preparing Malaysian youths for the world of work: roles of technical and vocational education and training (TVET), 2011.

Bredeson, Paul. “Distributed Instructional Leadership in Urban High Schools: Transforming the Work of Principals and Department Chairs through Professional Development.” Journal of School Leadership 23 (1 Maret 2013): 362–88. https://doi.org/10.1177/105268461302300206.

BUSH, TONY, dan G O R SARGSYAN. “EDUCATIONAL LEADERSHIP AND MANAGEMENT: THEORY, POLICY, AND PRACTICE.” Main Issues Of Pedagogy And Psychology 3 (28 Februari 2020): 31–43. https://doi.org/10.24234/miopap.v3i3.255.

Christian F. Lettmayr, dan Hermann Nehls. Exploring Leadership in vocational education and training, 2011.

Dr. Idris H.M. Noor, M.Ed, S.Si Darmawan Sumantri, M.Si Ais Irmawati, dan M.Si Fitri Juanita. Revitalisasi SMK: dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan untuk Memanfaatkan Sumber Daya Alam Lokal, 2019.

Eichhorst, Werner, Nuria Rodriguez-Planas, Ricarda Schmidl, dan Klaus Zimmermann. “A Road Map to Vocational Education and Training in Industrialized Countries.” Industrial and Labor Relations Review 68 (1 Maret 2015): 314–37. https://doi.org/10.1177/0019793914564963.

Erda, Gustriza, dan Arie Khurniawan. “PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SMK MELALUI REVITALISASI BERKELANJUTAN” 1 (21 Agustus 2019): 1–16.

Falk, Ian., Tony. Smith, Australian National Training Authority., dan National Centre for Vocational Education Research (Australia). “Leadership in vocational education and training : leadership by design, not default,” 2003, 59.

HARDIANTI, A., SUHARTI SUHARTI, dan PURNAMAWATI PURNAMAWATI. “Pentingnya Manajemen Pembelajaran Critical Thingking Skill Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk).” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 2, no. 2 (2022): 106–15. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i2.1159.

Ikasari, Ines Heidiani, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang, Jl Raya, Puspitek No, dan Kota Tangerang Selatan. “Systematic Literature Review : Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Ekstrakurikuler Berbasis Web.” Jorapi 1, no. 3 (2023): 604–14.

Indadihayati, Warda, dan V Lilik Hariyanto. “Tinjauan Literatur Tentang Penerapan Prinsip Total Quality Management Dalam Pendidikan Vokasi : Tantangan Dan Peluang.” Satya Sastraharing: Jurnal … 7, no. 1 (2023): 1–20. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v7i1.1029.

LATIFAH, NOR. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 2, no. 2 (2022): 175–83. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1307.

Lewis, Paul. “INNOVATION, TECHNICIAN SKILLS, AND VOCATIONAL EDUCATION AND TRAINING: FILLING A GAP IN THE INNOVATION SYSTEMS LITERATURE,” 26 November 2020.

Nguyen, Dong, David Ng, dan Pui Yap. “Instructional Leadership Structure in Singapore: A Co-existence of Hierarchy and Heterarchy.” Journal of Educational Administration 55 (10 April 2017). https://doi.org/10.1108/JEA-05-2016-0060.

Ogur, Eric. “TVET, economy and sustainable development.” International Journal of Vocational and Technical Education 15 (31 Juli 2023): 12–17. https://doi.org/10.5897/IJVTE2022.0315.

Oviawe, Jane, Raymond Uwameiye, dan Patrick Uddin. “Bridging skill gap to meet Technical, Vocational Education and Training school-workplace collaboration in the 21st century.” International Journal of vocational education and training research. 3 (1), 7-14. 3 (18 April 2017): 7–14. https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20170301.12.

Prayuda, Rafie Zaidan. “Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah Pada Era Digital : A Mini Review Article.” International Journal of Social, Policy and Law 3, no. 1 (2022): 13–18.

Purnamawati, dan Muhammad Yahya. Model kemitraan smk dengan dunia usaha dan dunia industri, 2019.

Setiawaty, Tetty, Ichsan Fahmi, Jl Adisucipto, dan Kupang Ntt. “Mengurangi Kesenjangan Keterampilan Lulusan SMK: Bagaimana Cara Membangun Jaringan Kerjasama Antara SMK dan Industri dalam Berbagi Pengetahuan, Keterampilan dan Informasi.” Jurnal Spektro 5, no. 2 (2022): 1–8.

Siregar, Muhammad Sapril, Nasir Usman, dan Niswanto Niswanto. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Literature Review Manajemen Pendidikan).” Jurnal Pendidikan West Science 1, no. 11 (2023): 701–12. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.762.

Spoettl, Georg, dan Vidmantas Tūtlys. “Education and Training for the Fourth Industrial Revolution.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 26, no. 1 (2020): 83–93. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i1.29848.

Suhaedin, E, M Giatman, dan H Maksum. “Manajemen Kepemimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).” Journal of Education Research 5, no. 1 (2024): 170–79.

Suhaedin, Enjang, Nizwardi Jalinus, Rijal Abdullah, Universitas Negeri Padang, Jl Hamka, Air Tawar Bar, Kec Padang Utara, Kota Padang, dan Sumatera Barat. “Landasan Filosofi dan Prinsip Pendidikan Teknologi & Kejuruan (PTK) menggunakan Metode Systematic Literature Review.” Journal on Education 06, no. 01 (2023): 10317–26.

Taufan, Ade, Puji Tri Aryanti, dan Ruwaiza Sasmita. “Transformational Leadership on Teacher Performance Through the Mediating Role of Motivation,” 2024, 133–49.

Wafudu, Satumari, dan Yusri Kamin. “Quality Assurance Framework in Technical and Vocational Education and Training: A Comparative Study of Nigeria, Malaysia and UK.” Universal Journal of Educational Research 9 (1 Agustus 2021): 1531–43. https://doi.org/10.13189/ujer.2021.090805.

Whitfield, Graeme, dan Alan Davidson. “Cognitive behavioural therapy explained.” Cognitive Behavioural Therapy Explained, 2016, 1–198. https://doi.org/10.12968/indn.2006.1.4.73618.

Yulmawati. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah.” Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan 1, no. 2 (2016): 325–43.

Zhou, Na, Dineke Tigelaar, dan Wilfried Admiraal. “Vocational teachers’ professional learning: A systematic literature review of the past decade.” Teaching and Teacher Education 119 (23 Agustus 2022): 103856. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103856.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i4.3646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ulfi Latifah, Hasan Maksum, Wawan Purwanto

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.