Disimiliaritas Makna Asma al Sittah (Ab) dalam Surah Yusuf Menurut Madarasah Basrah dan Kufah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perbedaan sudut pandang Ulama Kufah dan Basrah dalam melihat irab asma sittah. Selain itu, penelitian ini membatasi pembahasan asma sittah dengan mengkaji kata Ab dalam Sirat Yusuf sehingga kata Ab dalam alquran dijelaskan langsung. Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka atau library search yang menjadikan Al-Quran sebagai sumber data dan kitabAl-inshaf fii masail al khilaf. Peneliti menyebutkan pemahaman kata Ab dalam surat Yusuf tidak terlepas dari memahami kaidah Nahwu yang menjadi salah satu objek pembahasan dalam Ushul an Nahwi. Ulama Kufah berpendapat bahwa isim yang enam dalah mu’rab dari dua tempat, yaitu dari harakat dhammah, fathah dan kasrah yang menjadi Alamat I’rab ketika keenam isim tersebut berdiri sendiri. Sedangkan ulama Bashrah mengatakan bahwa keenam isim tersebut mu’rab dari satu tempat, karena I’rab pada dasarnya masuk ke dalam kalam untuk sebuah makna, yaitu menjelaskan, menghilangkan kerancuan dan memisahkan antara makna yang satu dengan lainnya, yang semuanya tidak akan tercapai kecuali dengan satu I’rab dalam satu kata
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AddeenAshaer, T. A Semantic and Pragmatic Analysis of Three English Translations of Surat “Yusuf.” Nablus: Najah National University, 2013.
Al Amin, Muhammad. Tafsiir Haddaiqu arr-Riih wa arrayhaan Jilid 14. Mekah: DaaruTTouq Annajaah, t.t.
Al-Anbary, I. Al-Insaf Fi Masa’il Al-Khilaf Bain Al-Nahwiyyin Al-Basryyin Wa Al-Kufyyin. Beirut: Maktabah Al-ashriyyah, 2012.
Alqurthubiy, A.A. Tafsir al Qurthuby. Kairo: Maktabah DaarutTaufiiq, 2008.
Bahri, Samsul. “Perbedaan I’râb dan Implikasinya Terhadap Penafsiran Ayat Al-Qur’an.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 18, no. 3 (2024). https://doi.org/10.35931/aq.v18i3.3505.
Dhaif, Syaudy. Almadaris Annahwiyah. Kairo: Daarul Maarif, 1968.
Haq, Fahmi Yahya Abdil, Maman Abdurrahman, dan Asep Sopian. “Disimilaritas Ilmu Nahwu Mazhab Basrah dan Kufah serta Implikasinya terhadap Penerjemahan Al-Qur’an/The Dissimilarities Between The Nahwu Science of The Basrah and Kufah Sects Along with Their Implications for Translating Al-Qur’an.” Diwan: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 7, no. 2 (t.t.).
Hasan. “Amsilah Assharfiyyah Wa Annahwiyah Fii Tafsiir Surah Yusuf.” Iraqi Scientific and Academic Journal 1 (2022).
Hidayat, Hendi. “Analisis Fiil-Fiil Mabni Majhul Dalam Surat Yusuf dan Metode Pembelajarannya.” Jurnal Syntax Fusion 2, no. 5 (2022).
Jasim, B.K. “Semantic Analysis of Synonymy in The Qur’anic Verses in Surat Yusuf.” bnKhaldoun Journal for Studies and Researches 2, no. 7 (2022).
Kamal, M. “Mazhab-Mazhab Sintaksis Bahasa Arab Nahwu (Basrah, Kufah, Bagdad, Andalusia, Mesir).” Jurnal Bina Ilmu Cendekia 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.46838/jbic.v3i1.119.
Khaliq, Muhammad Abdul. Dirosat Li al Uslub Alquran Jilid 1. Kairo: Daarul Hadis, 2004.
Ma’ruf, M. Ikhtilaful Aroo Annahwiyah Bayna Madrasah Al Bashrah Wal Kuufah. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2010.
Nurhayati, Tati, dan Anwar Rudi. “Perdebatan Madzhab Basrah dan Kufah dalam Penetapan Kaidah-Kaidah Nahwu.” Bara Aji: Jurnal Keilmuan Bahasa Arab dan Pengajarannya 1, no. 1 (2023).
Ridha, I.M. Tafseer Surah Yusuf Alayhi Salam. Mesir: Daar el Manaar, 2007.
Ulum, F. “Dirasah Tahliliyah ‘An Al-Asma’ Al-Khamsah Fi Surah Yusuf.” Ajamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 12, no. 2 (2023).
Yaqut, Muhammad Sulaiman. I’rab Alquran Al Karim. Jilid 5. Mesir: Daarul Kutub Al Misriyyah, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3668
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Isnaeni Khoerul Bariyyah, Asep Sopian
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.