Pengaruh Aplikasi Picsart Terhadap Kemampuan Literasi Menulis dan Literasi Digital pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
Abstract
Kemampuan literasi merupakan tolok ukur kemajuan suatu bangsa. Literasi penting bagi peserta didik karena membaca dan menulis merupakan langkah dasar untuk dapat memahami dan menguasai materi pelajaran. Selain itu, materi tentang lambang/simbol memerlukan penjelasan lebih lanjut kepada orang lain terutama dalam bentuk tulisan. Agar gagasan/penjelasan yang disampaikan benar-benar sesuai harapan, diperlukan kemampuan menulis yang baik. Aplikasi PicsArt menjadi pilihan yang tepat sebagai media pembelajaran yang menarik dan menantang karena memadukan antara tulisan dan gambar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi PicsArt terhadap kemampuan menulis dan literasi digital peserta didik kelas 3 SD pada materi lambang/simbol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas 3 tahun pelajaran 2023/2024 di UPT SD Negeri Nglegok 02 Kecamatan Nglegok yang berjumlah 43 peserta didik. Kelas 3A sebagai kelas eksperimen (perlakuan) berjumlah 22 peserta didik dan kelas 3B sebagai kelas konvensional (kontrol) berjumlah 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penilaian berupa tes (pretest dan posttest). Analisis data menggunakan uji normalitas, uji standard gain, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Picsart berpengaruh cukup efektif terhadap peningkatan keterampilan literasi menulis dengan bukti perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71,70 atau 71,7%, nilai minimum 39,76% dan nilai maksimum 94,32%. Sementara itu, nilai rata-rata pada kelas kontrol hanya 16,93% termasuk kategori tidak efektif, nilai minimum 0% dan nilai maksimum 41,67%. Penggunaan aplikasi Picsart berpengaruh efektif terhadap peningkatan keterampilan literasi digital dengan bukti perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,18 atau 83,2%, nilai minimum 50% dan nilai maksimum 100%. Sedangkan rata-rata pada kelas kontrol hanya 20,95% termasuk kategori tidak efektif, nilai minimum -33,3% dan maksimum 40%. Penelitian di UPT SDN Nglegok 02 Kecamatan Nglegok telah membuktikan bahwa penggunaan aplikasi Picsart berpengaruh terhadap kemampuan literasi tulis dan literasi digital siswa kelas 3 pada konten bahasa Indonesia materi lambang/lambang. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan aplikasi berbasis android dalam pembelajarannya khususnya aplikasi PicsArt untuk materi lambang/lambang yang membutuhkan perpaduan antara gambar dan deskripsi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Acquah, T. K. Nsiah, E. N. A. Antie, & B.Otoo. “Literature Review on Theories of Motivation.” EPRA International Journal of Economic and Business Review 9, no. 5 (2021).
Anggrasari, Liya Atika. “Penerapan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Di Era New Normal.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10, no. 2 (December 1, 2020): 248. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493.
Arandas, Mohammed Fadel, Ali Salman, Syed Arabi Idid, Yoke Ling Loh, Syaira Nazir, and Yuek Li Ker. “The Influence of Online Distance Learning and Digital Skills on Digital Literacy among University Students Post Covid-19.” Journal of Media Literacy Education 16, no. 1 (2024): 79–93. https://doi.org/10.23860/JMLE-2024-16-1-6.
Artmann, Benedikt, Christian Scheibenzuber, and Nicolae Nistor. “Elementary School Students’ Information Literacy: Instructional Design and Evaluation of a Pilot Training Focused on Misinformation.” Journal of Media Literacy Education 15, no. 2 (2023): 31–43. https://doi.org/10.23860/JMLE-2023-15-2-3.
Azimah, Nur, and Febrina Dafit. “Pengembangan Media Lift the Flap Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 5, no. 2 (August 15, 2022): 372–82. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.51391.
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Kebijakan Public, Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2017.
Creswell, John W. RESEARCH DESIGN Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches SECOND EDITION. New York: Routledge, 2014.
Fauzi E, P. “Revolusi Komunikasi Dan Perubahan Sosial (Dampak Pendemi Covid-19 Pada Mahasiswa.” Kareba: Jurnal Ilmu Komunikasi 9, no. 2 (2020).
Festiawan, N. H., and A. Y. Listyantantri. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Greeting Card Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Media Digital Berbasis Android.” In Prosiding Seminar Nasional UAD, 2021.
Gilster, P., and P. Glister. Digital Literacy (p. 1). New York: Wiley Computer Pub, 1997.
Hancock, Gregory R., and Ralph O. Mueller. Quantitative Methods in Education and the Behavioral Sciences. New York: Information Age Publishing Inc, 2007.
Hotima, C. “PEMANFAATAN MEDIA PICSART DALAM KETERAMPILAN MENULIS POSTER DI MTS NUR ASY-SYAFI’IYAH (YASPINA) TANGERANG SELATAN.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.
Jamaludin. “Manfaat Media Komunikasi Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran.” Jurnal UM Palembang, 2016, 14–26.
Jetton, Tamara L, and Janice A Dole. “Adolescent Literacy Research and Practice (Solving Problems In Teaching Of Literacy),” n.d.
Kumaş, Özlem Altındağ. “The Effects of Environmental Writing Intervention on Early Literacy Skills of Pre-School Children at Risk.” Anatolian Journal of Education 6, no. 1 (April 1, 2021): 91–102. https://doi.org/10.29333/aje.2021.617a.
Mertens, Donna M. Research and Evaluation in Education and Psychology_ Integrating Diversity With Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. California: Sage Publications, 2009.
Moss, Barbara, Lapp, and Diane. Teaching New LiTeracies in Grades 4-6. London: The Guildford Press, 2010.
Mueller, Jennifer J, Nancy File, Andrew J Stremmel, Iheoma U Iruka, and Kristin L Whyte. Understanding Research in Early Childhood Education; Quantitative and Qualitative Methods; Second Edition. 2nd ed. London & New York: Routledge, 2024.
Naiditch, Fernando. “A Media Literate Approach to Developing Diversity Education.” Journal of Media Literacy Education 5 (2013). www.jmle.orgwww.jmle.org.
Nofrion. Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori Dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2016.
Okumuş, Seda. “The Effect of Cooperative Reading- Writing- Application Method on Environmental Science Learning and Writing Skills Development.” International Journal of Progressive Education 16, no. 1 (February 9, 2020): 168–91. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.228.13.
Rizal Masdul, Muh, and Muh Rizal Masdul. “Komunikasi Pembelajaran Learning Communication.” IQRA: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 13 (2018).
Sismulyasih Sb, Nugraheti. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN STRATEGI BENGKEL LITERASI PADA SISWA SD.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (April 26, 2018): 68. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5341.
Syah, Rahmat, Daddy Darmawan, and Agus Purnawan. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital.” Jurnal AKRAB 10, no. 2 (October 31, 2019): 60–69. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290.
Zainuddin, Muhammad, Ahmad Saifudin, Lestariningsih Lestariningsih, and Umi Nahdiyah. “Pengembangan Big Book Dengan Model TPACK Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Menulis Anak SD.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 7, no. 3 (August 20, 2022): 770. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1045.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3689
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nur Widyawati, Alif Mudiono, Ade Eka Anggraini
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.