Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dan Pengembangan Literasi dalam Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal

Kasman Kasman

Abstract


Model pembelajaran memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar karena berhasil tidaknya suatu pembelajaran sangat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang efektif. Model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana siswa diberi kesempatan untuk bekerja secara mandiri mengkonstruksi pembelajarannya. Sementara itu, pengembangan literasi juga sangat mendesak, karena siswa perlu mengembangkan dan meningkatkan pola pikir membaca dan menulisnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan paradigma interpretatif, dan jenis studi kasus. Data dalam penelitian ini diekstraksi dengan menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek dalam menyelenggarakan pembelajaran pada semua mata pelajaran. Langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran pada semua mata pelajaran dengan menggunakan model project based learning yaitu, menentukan tujuan pembelajaran, merancang rencana proyek, menyusun jadwal, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap peserta didik dan kemajuan proyek yang dilaksanakan, mengevaluasi pengalaman pengembangan literasi yang dilaksanakan di SMAN 1 Panyabungan Utara dengan menggunakan model poster di sekolah, menulis buletin sekolah, mengisi tulisan pada poster sekolah dan mengembangkan literasi digital seperti lomba menulis pada website pribadi yang dilombakan di tingkat sekolah, membuat poster digital yang menonjolkan orisinalitas dan meningkatkan kreativitas peserta didik.


Keywords


Project Based Learning, Pengembangan Literasi, Kurikulum Mandiri

Full Text:

PDF

References


Bogdan, Robert C., and Sari Knopp Biklen. Qualitative Research for Education. New York: Allyn & Bacon Boston, 1997.

Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Kebijakan Public, Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2017.

Chiang, C. L., and H. Lee. “The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students.” International Journal of Information and Education Technology 6, no. 9 (2016): 709–12. https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779.

Choli, Ifham,. “PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN ISLAM.” Alrisalah 1 (2019).

Creswell, John W. RESEARCH DESIGN Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches SECOND EDITION. New York: Routledge, 2014.

Dewi Anggraini, Putri, and Siti Sri Wulandari. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9 (2021). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap.

Dinata, Karsoni Berta. “LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DARING.” Eksponen 11, no. 1 (April 29, 2021): 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368.

Dincă, Melinda, Anca Luştrea, Mariana Craşovan, Atalia Oniţiu, and Trond Berge. “Students’ Perspectives on Team Dynamics in Project-Based Virtual Learning.” SAGE Open 13, no. 1 (January 1, 2023). https://doi.org/10.1177/21582440221147269.

Faisal, Vava Imam Agus, and Nugroho Prasetya Adi. “Digitalisasi Ajaran Ki-Hadjar-Dewantara Pada Proses Pembelajaran Neo-Guided Inquiry Untuk Mengembangkan Literasi Dan Numerasi Mahasiswa.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 9, no. 1 (May 31, 2023). https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.22182.

Gilster, P., and P. Glister. Digital Literacy (p. 1). New York: Wiley Computer Pub, 1997.

Guo, Pengyue, Nadira Saab, Lysanne S. Post, and Wilfried Admiraal. “A Review of Project-Based Learning in Higher Education: Student Outcomes and Measures.” International Journal of Educational Research 102 (January 1, 2020). https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586.

Israwaty, Ila. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru.” JUARA SD : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2 (2023).

Karoso, Subianto. “Transformation of Cultural Arts Education in Indonesia: Combining Technological Innovation and Adaptability in the Era of Globalisation.” Education and Human Development Journal Tahun 9, no. 1 (2024). https://doi.org/10.33086/ehdj.v9i1.

Kartika Sari, Indra, Ade Pifianti, and SD Avicenna Cinere. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase A Pada Tema Bhineka Tunggal Ika The Implementation of Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (The Project of Pancasila Students Profile Reinforcement) in A Phase within the Theme of Bhineka Tunggal Ika.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 13 (May 2023).

Mar, Amir B. Qualitative Research in Sociology. New Dhelhi: Sage Publication, 2003.

Martati, Badruli. “PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR.” In PROCEEDINGS Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SD, 2022. https://ditpsd.kemdikbud.go.id.

Maunah, Binti. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN HOLISTIK SISWA.” Jurnal Pendidikan Karakter V (2015).

Mertens, Donna M. Research and Evaluation in Education and Psychology_ Integrating Diversity With Quantitative, Qualitative, and Mixed Methods. California: Sage Publications, 2009.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. 3rd ed. USA: Sage Publications, 2014.

Murniarti, Erni. “PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN.” Jurnal Universitas Negeri Malang 3 (2021).

Nababan, Damayanti, Alisia Klara , Marpaung, and Angeli Koresy. “STRATEGI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL).” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2 (2023).

Naufal, Haickal Attallah. “LITERASI DIGITAL.” Perspektif 1, no. 2 (October 31, 2021): 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32.

Nguyen, Minh Thi Thuy, Willy Renandya, Thuy Thi Thanh Pham, and Hanh Thi Pham. “LEARNING HOW TO WRITE SOCIALLY APPROPRIATE EMAILS THROUGH TEXTBOOKS: AN EVALUATION OF INTERNATIONAL ENGLISH TEXTBOOKS.” Teflin Journal 35, no. 1 (2024): 66–89. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v35i1/66-89.

Nurfitriyanti, Maya. “MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA.” Jurnal Formatif 6, no. 2 (2016): 149–60.

Prasetiya, Benny, and Saifuddin Saifuddin. “Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 12, no. 2 (June 1, 2020): 322. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1531.

Prensky, M. R. Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Corwin: Corwin Press, 2010.

Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (June 7, 2022): 7174–87. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Ramadhan, Muhammad Sabir. “Development of Hybrid Project-Based Learning Model for Multimedia Technology and Animation.” International Journal of Information and Education Technology 14, no. 5 (2024): 690–99. https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.5.2094.

Sahidillah, Muhammad Wildan, and Prarasto Miftahurrisqi. “Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa.” Jurnal VARIDIKA 31, no. 1 (September 25, 2019): 52–57. https://doi.org/10.23917/varidika.v1i1.8904.

Seidman, Irving. Interviewing as Qualitative Research: A Guide for Researchers in Education and the Social Sciences. London: Teachers college press, 2006.

Setiawan, Albi Anggito, and Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Jejak, 2018.

Sutrisna, I. P. G. “GERAKAN LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19.” STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni 8, no. 2 (2020).

Syah, Rahmat, Daddy Darmawan, and Agus Purnawan. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital.” Jurnal AKRAB 10, no. 2 (October 31, 2019): 60–69. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290.

Totti, Nichollas Bernard Steven Julian, Aisyah Nurul, Isnaeni, Aulia Dita, Ramadhani, and Trimurtini. “IMPLEMENTATION OT THE PROJECT BASED LEARNING MODEL IN GEOMETRY MATERIAL FOR CLASS VI ELEMENTARY SCHOOL BASED ON VAN HIELE THEORY IMPLEMENTASI MODEL PJBL DALAM MATERI GEOMETRI KELAS VI SD BERBASIS TEORI VAN HIELE.” Jurnal CERDAS Proklamator 11, no. 1 (2023): 1–13.

Utami, Asta Puji. “IMPACT OF PROJECT-BASED LEARNING IN THE HUMAN REPRODUCTIVE SYSTEM TO THE STUDENTS SELF-REGULATED LEARNING IN SMA NEGERI 1 BANTUL.” Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran 7, no. 1 (May 30, 2023). https://doi.org/10.21831/jk.v7i1.39778.

Uyun, Syifaul. “PENGARUH LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA (STUDI KASUS SD NEGERI PAKAPURAN KACIL 2).” In 2nd International Conference on Education, Languages, Literature, and Arts (ICELLA), 2021.

Waruwu, Ermina, Aldi Alfrianza Sinulingga, Abdi Guna Sitepu, and F. X. Sugiyana. “Project on Strengthening the Profile of Pancasila Students : Implementation, Role of Teachers, and Student Character.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 10, no. 1 (March 9, 2024): 169. https://doi.org/10.33394/jk.v10i1.9946.

Zahroh, Alivia Fatikatuz, and Muhamad Sidiq Asyhari. “Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Pendidikan Karakter.” Journal on Education 6, no. 3 (2024).

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R n D). Ponorogo: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2020.

Zhong, Cheng, and Keyi Lyu. “Scaffolding Junior Middle School Students’ Engagement in Online Project-Based Learning During the COVID-19 Pandemic: A Case Study from East China.” SAGE Open 12, no. 4 (October 1, 2022). https://doi.org/10.1177/21582440221131815.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kasman Kasman

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.