Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Minat dan Kreativitas Peserta Didik pada Mapel PAI

Susandi Susandi, Selamat Pohan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka dapat mempengaruhi peningkatan minat dan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran PAI. Kualitatif desktiptif adalah metode yang digunakan didalam penelitian ini. Data dihasilkan dengan berbagai teknik, termasuk observasi, wawancara dengan kepala sekolah, guru dan peserta didik, serta dokumentasi terkait proses pembelajaran. Observasi dilakukan untuk melihat secara langsung bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka diterapkan di kelas, sementara wawancara digunakan untuk menggali persepsi dan pengalaman guru serta peserta didik terkait perubahan yang terjadi. Dokumentasi, seperti modul ajar dan hasil karya peserta didik, digunakan untuk melengkapi data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka secara signifikan dapat meningkatkan minat dan kreativitas belajar peserta didik dalam mapel PAI. Penerapan Kurikulum Merdeka juga memberi ruang bagi peserta didik untuk belajar secara kolaboratif. Melalui kerja kelompok dan diskusi, peserta didik dapat berbagi pengetahuan dan ide, yang pada gilirannya meningkatkan minat dan kreativitas mereka dalam menghasilkan inovasi pendidikan. Pembelajaran kolaboratif ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar, tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial dan kerja sama mereka.


Keywords


kurikulum merdeka, minat, kreativitas

Full Text:

PDF

References


Akbar, RF. Metode Contextual Teaching and Learning Untuk Pengembangan Pembelajaran PAI. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 10 no. 2 (2015):21–28, https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.792.

Abdussamad, Z. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar : Syakir Media Press, 2021.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6, no. 4 (2022):5877– 5889. doi.org/10.31004/basicedu.v6i 4.3149

Aziz, Rahmat. Creative Learning. Malang. Edulitera, 2017.

Daga, A. T. Penguatan Peran Guru dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. ELSE: Elementary School Education Journal, 6 no. 1 (2022):1–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30 651/else.v6i1.9120

Darise, GN. PAI Dalam Konteks Merdeka Belajar. Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization. 2 no. 2 (2021): 1-18. doi.org/10.30984/jpai.v2i2.1762

Evi Susilowati. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter peserta didik Pada Mata Pelajaran PAI. Al-Miskawaih : Journal Of Science Education. 1 no. 1 (2022):115-132. doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85.

Hafni, S.H. Metodologi Penelitian. Medan : Penerbit KBM Indonesia, 2021.

Hasmiati, Fawzani, N., & Muhlis, W. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Mengembangkan Kreativitas peserta didik Di Sekolah Dasar. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar. 14 no. 2 (2023):158-170. doi.org/10.21009/JPD.14.02.

Kemendikbudristek. diakses pada 22 April 2024 dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/03/kemendikbudristek-terbitkan-payung hukum-bagi-implementasi-kurikulum-merdeka-secara-nasional, 2024.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fkhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Literasi Nusantara Abadi : Malang, 2022.

Marbella, HW., Asrori , Rusman. Implementasi Pembelajaran Merdeka Belajar pada PAI dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas peserta didik. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam”. 9 no. 2 (2023):760-774. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.477.

Nadhiroh, S., & Anshori, I. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran PAI. Fitrah: Journal of Islamic Education. 4 no. 1 (2023):56-68. doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292

Noor, IH., Izzati, A., & Azani, MZ. Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI. Iseedu : Journal of Islamic Education Thoughts and Practices, 7 no.1 (2023):30-47. doi.org/10.23917/iseedu.v7i1.22539

Nurhalizah, T., Meliana, S., Dedih, U., & Erihadiana, M. Implementasi Kurikulum Merdeka di Tingkat Kelas 7 Dalam Meningkatkan Kognitif peserta didik Pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5 no. 1 (2023):3783-3794. doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11617

Nursalam, Sulaeman, & Latuapo R. Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 8 no. 1(2023):17-34. doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769

Pohan, S., Mavianti, Setiawan, HR., Marpaung, AH. Meningkatkan Minat Belajar peserta didik dengan Menggunakan Media Bergambar dan Power Point Pada Mata Pelajaran Fiqih. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. 11 no. 3(2021). 779-788. doi: 10.30868/ei.v11i03.2446

Pohan, S., & Zailani. Ilmu Pendidikan Islam. Medan. Umsupress, 2016

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6 no 4(2022):6313-6319. doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rifa’I, A., N. Elis Kurnia Asih, NEK., Fatmawati, D. Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Syntax Adminiration, 3 no. 6(2022):1006-1013. doi.org/10.46799/jsa.v3i8.471

Saadah, S., & Amarullah, MMS. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Bandung. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 5 no. 2(2023):858 – 868. doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4688

Sari, K. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Konsep Diri Anak SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7 no. 1(2020):44–50. doi.org/10.30 659

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2018

Zailani. Epistemology Of Islamic Education. Proceeding International Seminar on Islamic Studies. 2 no. 1(2021):928-938.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Susandi, Selamat Pohan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.