Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Pomosi Terhadap Keputusan Pelanggan untuk Berkunjung Kembali Melalui Brand Image pada Laboratorium Klinik Prodia Surabaya

Eko Praptiningsih, Fathorrahman Fathorrahman, Theresia Pradiani

Abstract


Prodia adalah salah satu laboratorium swasta di Indonesia yang perkembangannya sangat luar biasa dengan aplikasinya yaitu U By Prodia. Fenomena ini menjadi penting untuk diteliti dimana saat ini bisnis dengan aplikasi digital berkembang di Indonesia, dan untuk bidang laboratorium klinik kesehatan adalah hal yang baru. Tujuan dr penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar analisis pengaruh kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan berkunjung kembali, kualitas layanan dan promosi terhadap brand image, serta pengaruh keputusan berkunjung kembali dari brand image. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap pelanggan Laboratorium Klinik Prodia Surabaya yang bertransaksi minimal dua kali menggunakan aplikasi U By Prodia dan minimal transaksi satu juta rupiah pada tahun 2023. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis statistik menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan alat SmartPLS 3.0. Instrumen tes yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji konstruksi outer model, uji validitas diskriminan dengan Fornell-Larckell Criterion dan metode AVE, Inner Model R-Square, uji Q-Square dan GoF, uji hipotesis bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan 1) kualitas layanan berpengaruh poistif dan signifikan terhadap brand image 2) Promosi berpengaruh positif dansignifikan terhadap brand image 3) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan berkunjung kembali, 4) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan berkunjung kembali, 5) brand image berpengaruh poitif dan signifikan terhadap keputusan pelanggan berkunjung kembali 6) Kulaitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pelanggan berkunjung kembali melalui brand image 7) Promosi berpengaruh terhadap keputusan pelanggan untuk berkunjung kembali melalui brand image.


Keywords


kualitas layanan, promosi, keputusan pelanggan berkunjung kembali, brand image

Full Text:

PDF

References


Bahal, L.S., dan A. Shukla. “Tinjauan dan Prospek Pasar Laboratorium Klinik Indonesia hingga Tahun 2026.” Ken Research, 2023.

Fraenkel, J., N. Wallen, dan H. Hyun. How to Design and Evaluate Research in Education. 10th ed. McGraw-Hill Education, 1993.

Ghozali, I., dan H. Latan. Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP, 2015.

Gunawan, E., G.O. Sebastian, dan A. Harianto. “Analisa Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Menginap di Empat Virtual Hotel Operator di Surabaya.” Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation 2, no. 2 (2019).

Gusmawan, F., H. Haryadi, dan E. Sutrisna. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Karakteristik Sosiodemografi terhadap Minat Kunjungan Ulang yang Dimoderasi oleh Kepuasan Pasien pada Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Kedungbanteng Kabupaten Banyumas.” Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi 21, no. 4 (2020).

Haeruddin, H., M.K. Alwi, dan U. Syamsuddin. “Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar.” Window of Health: Jurnal Kesehatan, 2021.

Halodoc. “Mengenal Laboratorium Kesehatan: Fungsi dan Kegunaannya.” Halodoc, 23 April 2023. www.halodoc.com.

Jalias, S.J.F.D., dan F.P. Idris. “Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Minat Kembali Pasien melalui Tingkat Kepuasan di Puskesmas Tamalate Makassar.” Journal of Muslim Community Health 1, no. 2 (2020).

Keller, Kevin Lane, M. G. Parameswaran, dan Isaac Jacob. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Pearson Education India, 2010.

Kotler, P., dan K. L. Keller. Marketing Management. England: Pearson Education, 2020.

Kurniasari, D.R. “The Marketing Communication Strategy of RSIA Bunda Jakarta through Instagram Social Media to Enhance Brand Awareness.” Riwayat: Educational Journal of History and Humanities 7, no. 1 (2024).

Menteri Kesehatan RI. “Kemenkes Tata Ulang Laboratorium Kesehatan di Indonesia,” 16 April 2023. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Rangkuti, F. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus. Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Ratnaningtyas, T.O., I. Listiana, A. Purnama, L.K.R. Puji, dan N.H. Afifah. “Analisis Persepsi tentang Komunikasi Pemasaran dan Brand Image dengan Keputusan Pemanfaatan Kembali pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan.” Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 7, no. 2 (2023).

Shilvira, A., A.D. Fitriani, dan B. Satria. “Pengaruh Kepuasan Pasien terhadap Minat Kunjungan Ulang di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan.” Jurnal Ilmu Psikologi dan Kesehatan (Sikontan 1, no. 3 (2023).

Subagiyo, R. “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap Kepuasan Nasabah (Customer Satisfaction) di PT. BPRS Mitra Mandiri Sukses di Gresik.” Perisai: Islamic Banking and Finance Journal 1, no. 1 (2016).

Sugiyono. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

———. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2014.

Tjiptono, F. “Service Management: Mewujudkan Layanan Prima.” Edisi 4 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3847

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Eko Praptiningsih, Fathorrahman, Theresia Pradiani

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.