INOVASI METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI MAN 3 HULU SUNGAI UTARA

mahmud ramli

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, memahami, dan menganalisis bentuk-bentuk inovasi, penguasaan guru terhadap metode pembelajaran dan pengelolaan situasi kelas di MAN 3 HSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian ini lebih menekankan makna dan proses dari pada hasil suatu kegiatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan memperhatikan masalah yang ada dan prosedur kerja yang berlaku. Guru mata pelajaran fiqih di MAN 3 HSU selalu mengadakan inovasi metode pembelajaran fiqih di madrasah tersebut sehingga siswa/I di madrasah tersebut minat yang cukup tinggi dalam mengikuti pembelajaran fiqih. Bentuk inovasi metode pembelajaran fiqih yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fiqih di MAN 3 HSU berupa metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode demonstrasi, dan metode sosio-drama. Guru mata pelajaran fiqih sangat menguasai metode-metode pembelajaran tersebut, baik tentang cara penggunaan, waktu penggunaan, situasi dan kondisi penggunaan metode tersebut.

Keywords


Inovasi, Pembelajaran, Fiqih

Full Text:

PDF

References


Armai, Arief,Pengentar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat press, 2004), hal.3

Departemen Pendidikan Nasional RI, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: CV. Mini Jaya Abadi, 2003), hal.8

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah, diterjemahkan oleh Lajenah Pentashih Mushaf al-,Quran, (Bandung: P.T. Jumanatul ‘Ali Art, 2004).

Gulo, W, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: P.T. Grasindo, 2002), Cet. Ke-2.

Hadi, Drs. Amirul, Teknik mengajar Secara Sistemati, (Jakarta: P.T. Rineka Cipta, 2008).

Hadi, Sustrisno, Metode Pembelajaran (Yogyakarta: Andi Offset, 1993).

Handono, Aris Musthafa, Zaienuri Siroj, Meneladani Akhlak 2, (Solo: P.T. Tiga Serangkai, 2015).

Hasibuan dan Moedjiono, Proses Belajar Mengajar (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1986)

Hia, Yulna Dewita, (2016), Pelatihan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru SMA

Idris Ramolyo, Mohd, Asas-Asas Hukum Islam, (Jakarta: Sinar Grafika, 2004).

Kusmiyati, (2018), Iptek Bagi Masyarakat Usaha Meningkatkan Pembelajaran Matematika Yang Inovatif Dan Menyenangkan Berbantuan Media Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar, Jurnal Pengabdian Masyarakat, LPPM Untag Surabaya, Vol. 03 No. 01

Rochayati, Umi, (2017), Media Pembelajaran Sain Teknologi Di SMP Berbasis Mikrokontroler, Jurnal Kependidikan, Vol. 42, No. 1

Rusmana, Indra Martha, (2017), Pengembangan Metode Pembelajran Berbasis Kecerdasan Ganda Terhadap Motivasi dan Sikap Belajar Peserta Didik, JPPM, Vol. 10, No. 4

Sarwi, (2016), Implementasi Model Pembelajran Inovatif Untuk Mengembangkan Nilai Karakter Siswa SMP, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 30 No. 2.

Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1995).

Syamsuardi, (2018), Penggunaan Model Pembelajran Pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar, Jurnal CARE(2)

Usman Basrudin, M, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, (Jakarta: Ciputat press, 2004)

Zuhairini dan Abdul Ghofir, Metodologi Pembelajaran (Malang: UM PRESS, 2004).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v14i2.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.