Implementasi Kepemimpinan Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Teknologi di Era Digital

Muaddyl Akhyar, Junaidi Junaidi, Supriadi Supriadi, Susanda Febriani, Ramadhoni Aulia Gusli

Abstract


Guru PAI sekarang dituntut harus bisa menguasai digital dan mengkombinasikan metode dan media pembelajaran konvensional dengan modern untuk meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterlibatan siswa, serta menciptakan suasana belajar di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak dan banyak siswa mulai malas belajar dan suka menggunakan handphone dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang implementasi kepemimpinan guru pai meningkatkan  motivasi belajar siswa melalui pemanfaatan teknologi di era digital di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pendekatan studi kasus adalah alat yang kuat untuk menjelajahi situasi atau peristiwa tertentu dengan cermat, mendalam, dan rinci. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kompleksitas dan dinamika suatu fenomena atau masalah dalam konteks nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi, pendekatan inovatif dalam pembelajaran, manajemen penggunaan teknologi, dan perhatian terhadap kesejahteraan emosional siswa adalah faktor penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan efektif. Langkah-langkah ini membantu meningkatkan motivasi, pemahaman, dan keterlibatan siswa, serta menciptakan suasana belajar yang mendukung bagi pencapaian potensi belajar di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak. Guru PAI di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak memainkan peran penting dalam meningkatkan semangat belajar siswa dengan menerapkan strategi efektif dan berkomunikasi secara baik. Dengan pendekatan yang fleksibel, baik otoriter maupun demokratis, mereka menciptakan lingkungan pembelajaran yang memotivasi siswa.

Keywords


Kepemimpinan, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Adriadi, Ade, ‘Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar PAI Di SMP Negeri I Ciruas–Serang’, SAINTIFIKA ISLAMICA: Jurnal Kajian Keislaman, 3.02 (2016), 145–68

Akhyar, Muaddyl, Muhiddinur Kamal, Salmi Wati, and Junaidi Junaidi, ‘Pemanfaatan Platform Whatsapp Dalam Pembelajaran SKI Di MTsN 1 Padang Pariaman’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.4 (2022), 3195–3203

Akhyar, Muaddyl, Martin Kustati, Rezki Amelia, and Aisyah Syafitri, ‘Manajemen Kompetensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa’, Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 4.3 (2023), 241–48

Ali, Moh, and Al Ghazali, ‘MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM’, Penerbit Tahta Media, 2024

Alimuddin, Asriani, Justin Niaga Siman Juntak, R Ayu Erni Jusnita, Indri Murniawaty, and Hilda Yunita Wono, ‘Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0’, Journal on Education, 5.4 (2023), 11777–90

Amin, Alfauzan, Metode Dan Pembelajaran Agama Islam (IAIN Bengkuu, 2015), i

Ardiansyah, Muhammad, ‘Analisis Pemahaman Konsep Bilangan Pecahan Dengan Platform Quizizz’, Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16.1 (2021), 82–91

Ariani, Meiliyah, Zulhawati Zulhawati, Haryani Haryani, Benny Novico Zani, Liza Husnita, Mochammad Bayu Firmansyah, and others, Penerapan Media Pembelajaran Era Digital (PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023)

Arismunandar, Arismunandar, Sitti Habibah, Merrisa Monoarfa, and H Nurhikmah, ‘Manajemen Kelas Online Learning Guru SMA Insan Cendekia Gowa’, CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.3 (2024), 527–36

Bahri, Syamsul, ‘Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0’, Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6.2 (2022), 133–45

Gafur, Abdul, Kepemimpinan Kepala Sekolah: Strategi Meningkatkan Etos Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (Nizamia Learning Center, 2020)

Gusli, Ramadhoni Aulia, Supratman Zakir, Darul Ilmi, ramadhona Aulia Gusli, Kurnia Mira Lestari, and Muaddyl Akhyar, ‘Evaluasi Program Pendidikan Islam Di MTsN 1 Kota Pariaman’, Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5.2 (2024), 262–71 <https://doi.org/10.32832/idarah.v5i2.16621>

Harisuddin, Muhammad Iqbal, Secuil Esensi Berpikir Kreatif & Motivasi Belajar Siswa (Pantera Publishing, 2019)

Hidayatullah, Ach, Digital Learning (UMSurabaya Publishing, 2018)

Hrp, Fiki Robi Handoko, Mardianto Mardianto, and Mahariah Mahariah, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih Ibadah Menggunakan Metode Sosio Drama Berbasis Youtube’, FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12.02 (2023), 40–55

Ishaac, Muhamad, Pengembangan Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Guepedia, 2020)

Judrah, Muh, Aso Arjum, Haeruddin Haeruddin, and Mustabsyirah Mustabsyirah, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral’, Journal of Instructional and Development Researches, 4.1 (2024), 25–37

Jufri, A P, Wahyu Kurniati Asri, Misnah Mannahali, and Ananta Vidya, Strategi Pembelajaran: Menggali Potensi Belajar Melalui Model, Pendekatan, Dan Metode Yang Efektif (Ananta Vidya, 2023)

Lase, Delipiter, ‘Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0’, SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12.2 (2019), 28–43

Miasari, Rahmalia Syifa, Cory Indar, Pratiwi Pratiwi, Purwoto Purwoto, Unik Hanifa Salsabila, Ulfiyana Amalia, and others, ‘Teknologi Pendidikan Sebagai Jembatan Reformasi Pembelajaran Di Indonesia Lebih Maju’, Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2.1 (2022), 53–61

Muslich, Masnur, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (Bumi Aksara, 2022)

Musyarofah, Alma, ‘Upaya Guru Mengembangkan Minat Belajar Siswa Dalam Film The Ron Clark Story’ (IAIN Ponorogo, 2020)

Raharjo, Budi, ‘Teori Etika Dalam Kecerdasan Buatan (AI)’, Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 2023, 1–135

Rukhayati, Siti, Strategi Guru Pai Dalam Mebina Karakter Peserta Didik SMK Al Falah Salatiga (Lp2m Press Iain Salatiga, 2019)

Shofiyyah, Nilna Azizatus, Tedy Sutandy Komarudin, and Miftahul Ulum, ‘Integrasi Nilai-Nilai Islami Dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Berdaya Saing’, El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9.2 (2023), 66–77

Solichin, Muchlis, ‘Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery Dalam Pendidikan Agama Islam’, TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12.2 (2017), 214–31

Taridala, Sulastri, and Rosihan Anwar, TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru Dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar (Feniks Muda Sejahtera, 2023)

Wahyuni, Sri, ‘Bab V Literasi Digital Dan Media Sosial Dalam Pembelajaran’, Literasi Digital Berbasis Pendidikan, 59 (2022)

Yudistira, Uci, Idi Warsah, and Nuzuar Nuzuar, ‘Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Di SD Muhammadiyah 1 Rejang Lebong’ (Institut Agama Islam Negeri Curup, 2020)

Zahwa, Feriska Achlikul, and Imam Syafi’i, ‘Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi’, Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19.01 (2022), 61–78




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muaddyl Akhyar, Junaidi Junaidi, Supriadi Supriadi, Susanda Febriani, Ramadhoni Aulia Gusli

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.