PENGEMBANGAN HANDOUT KURIKULUM 2013 BERBASIS KOMPETENSI PESERTA DIDIK ABAD 21 KELAS IV DI SD NEGERI KEMBARAN

Dini Aprilia Utami, Sony Irianto, Sri Muryaningsih

Abstract


Bahan ajar yang sering digunakan peserta didik di sekolah adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) karena harganya yang ekonomis dan relatif terjangkau. Banyak sekolah yang hanya menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) saja tanpa adanya handout atau buku penunjang sebagai pegangan peserta didik sehingga yang digunakan anak untuk belajar secara mandiri masih kurang atau terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout berbasis kompetensi peserta didik abad 21 menggunakan model pembelajaran TPS (Think-Pair-Squre), mengetahui kelayakan handout, mengetahui respon guru dan peserta didik. Metode yang digunakan peneliti adalah pengembangan (research and development). Proses penelitian pengembangan handout ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari: (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan dan (4) tahap penyebaran. Instrumen dan pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara guru, lembar angket penilaian validasi, lembar angket respon guru dan lembar angket peserta didik. Uji coba yang dilakukan pada penelitian ini adalah ujicoba produk pada kelas IV SD Negeri Kembara. Hasil penelitian menyatakan bahwa perolehan respon guru terhadap penilaian bahan ajar handout mendapatkan nilai rata-rata yaitu 4,75 dengan kriteria “sangat baik”, sehingga dapat disimpulkan bahan ajar handout tersebut layak digunakan. Hasil penilaian respon peserta didik terhadap bahan ajar handout diperoleh rata-rata 4,51 maka dikategorikan “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handout dapat diterima oleh peserta didik sebagai bahan ajar yang mampu membantu proses pembelajaran.

Keywords


Bahan Ajar, Handout, Kompetensi, Model Pembelajaran TPS

Full Text:

PDF

References


Anriani, N., & Fathurrohman, M. 2018. Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kompetensi abad 21 untuk guru smp / mts. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018. 1–5, diakses 05 November 2019.

Boonjeam, dkk. 2017. Program development for primary school teachers ‘critical thinking’. International Education Studies. 10 (02). https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1130350.pdf, diakses pada 22 Januari 2020

Fajri, Z. 2018. Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jurnal Pedagogik. 05 (01): 100–108.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Admathedu. 7 (01): 9-18.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 67 Tahun 2013, tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Kurniaman, O., & Noviana, E. 2017. Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6 (2): 389-396.

Ningtyas, R & Yunianta, T, N, H. 2014. Pengembangan handout pembelajaran tematik untuk siswa sekolah dasar kelas III. Scholaria. 4 (3): 42-53.

Octaviani, S. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 9 (2): 93-98.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Susanti, D., & Risnanosanti. 2019. Pengembangan Buku Ajar untuk Menumbuh kembangkan Kemampuan 4C (Critical, Creative, Collaborative, Communicative) melalui Model PBL pada Pembelajaran Biologi di SMP 5 Seluma. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship VI. 1–9, diakses 11 Januari 2020.

Susanto, W. N., & Nurtjahyani, S. D. (2018). Pengembangan Handout Biologi Berbasis Discovery Learning pada Materi Interaksi Mahluk Hidup dengan Lingkungannya Development of Discovery Learning Based Biology Handout on Creative Interaction Materials With its Environment. Proceeding Biology Education Conference, 15, 471–477.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278.

Yaqin, M., A, dkk. 2018. Think-pair-square learning: improving student’s collaborative skills and cognitive learning outcome on animal diversity course. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia (Indonesian Journal of Biology Education). 4 (2):135-142.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v14i2.386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.