Mengoptimalkan Fasilitas Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa

Syifaa Umami Soenoe, Desak Made Darmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan fasilitas perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca siswa di SMK Negeri 22 Jakarta Timur. Penelitian kuantitatif ini meneliti bagaimana variabel X (fasilitas perpustakaan) berdampak pada variabel Y (minat membaca). Dalam penelitian ini melibatkan 141 siswa dengan sampel 105 siswa. Anggaran, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Data tersebut dianalisis menggunakan uji normalitas data, uji linieritas data, dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana sebesar 22% yang menunjukkan bahwa fasilitas perpustakaan seperti peran guru dan pustakawan diperlukan untuk mendukung minat baca siswa.


Keywords


minat membaca, fasilitas perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma’ruf. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 2015.

Wulanjani, Arum Nisma, dan Candradewi Wahyu Anggraeni. “Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar.” Proceeding of Biology Education 3, no. 1 (17 September 2019): 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4.

Darna, Nana, dan Elin Herlina. “Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen.” Jurnal Ilmu Manajemen 5 (2018).

Dewi, Laksmi, dan Asep Dudi Suhardini. “Peran Perpustakaan dan Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah/Madrasah.” Edulib 4, no. 2 (1 November 2014). https://doi.org/10.17509/edulib.v4i2.1134.

Dharmayanti, Putu Ari, Nyoman Intan Septiarini, Gusti Ayu Sri Indra Santrtiari, Putu Audita Gunawan, dan Ni Ketut Dwi Arisanti. Layanan Bimbingan Konseling Teman Sebaya Berbasis Rumah Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Kota Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Fayza, Agrisa Alya, Dadi Mulyadi Nugraha, dan Supriyono. “Pengaruh Literasi terhadap Perkembangan Pembelajaran PKN.” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN 6, no. 1 (6 Juni 2021): 57–65. https://doi.org/10.15294/harmony.v6i1.46506.

Fiqriansyah, Nanda. “Pengaruh Manajemen Fasilitas Perpustakaan dan Manajemen Pelayanan Perpustakaan terhadap Minat Baca Peserta Didik.” Managere: Indonesian Journal of Educational Management 3, no. 1 (6 April 2021): 11–26. https://doi.org/10.52627/managere.v3i1.88.

Kusumaningrum, Desi Eri, Imam Gunawan, Raden Bambang Sumarsono, dan Teguh Triwiyanto. “Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah.” Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 2, no. 3 (30 Oktober 2019): 164. https://doi.org/10.17977/um050v2i3p164-169.

Leorke, Dale, Danielle Wyatt, dan Scott McQuire. “‘More than Just a Library’: Public Libraries in the ‘Smart City.’” City, Culture and Society 15 (Desember 2018): 37–44. https://doi.org/10.1016/j.ccs.2018.05.002.

Lestari, Indah Ayu, dan Nadia Rizky Harisuna. “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa.” Jurnal Pendidikan 5 (2019): 1–6.

Mansyur, Umar. “Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia.” Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya 4, no. 2 (20 Oktober 2020): 135. https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.3900.

Maulidiyah, Azza, dan Erny Roesminingsih. “Layanan dan Fasilitas Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 8 (2020). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/36864.

Micle, Maria. “Stereotypes Regarding Libraries and Librarians: An Approach of Romanian School and Academic Libraries.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 163 (Desember 2014): 92–98. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.291.

Niswaty, Risma, Muhammad Darwis, Dian Andriani M., Muh. Nasrullah, dan Rudi Salam. “Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan 8, no. 1 (12 Juni 2020): 66. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7.

Moo, R., Zulkifli, Irina Popoi, dan Melizubaida Mahmud. “Pengaruh Fasilitas Perpustakaan terhadap Budaya Baca.” Jambura Economic Education Journal 2, no. 1 (30 Januari 2020). https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4422.

Rohimah, Rohimah, Ifham Choli, dan Moh. Asmawi. “Hubungan Antara Manajemen Waktu dengan Hasil Belajar Fiqih (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI MAN 21 Jakarta).” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 8, no. 3 (5 April 2024): 456. https://doi.org/10.30998/sap.v8i3.21607.

Sa’diyah, Halimah, Aprilia Dwi Noorjanah, dan Wibowo Heru Prasetiyo. “Optimalisasi Layanan Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Jurnal Optimalisasi Pendidikan, n.d. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/9209/7624.

Sen, Jung, Rafika Sari Br Sembiring, Viktor Saputra Ginting, Adi Harianto, dan Devia Febrina. “Pemberian Bantuan Fasilitas Perpustakaan dan Pelatihan Administrasi Perpustakaan di PKBM-Emphaty Medan.” ULINA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1, no. 1 (24 Januari 2023): 19–22. https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1.190.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Zohriah, Anis. Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Keputusan. Indramayu, Jawa Barat: CV. Adanu Abimata, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syifaa Umami Soenoe, Desak Made Darmawati

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.