Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa C Muzdalifah Medan

Siska Afriany, Akrim Akrim, Rizka Harfiani

Abstract


Allah SWT telah menciptakan seluruh makhluk-Nya dengan kelebihan dan kekurangan masing- masing serta wujud terbaiknya. Oleh karena itu, anak berkebutuhan khusus mempunyai persamaan dan hak yang sama di hadapan Allah SWT. Setiap anak berkebutuhan khusus yang beragama Islam juga berhak memperoleh layanan pendidikan yang baik layaknya anak pada umumnya, khususnya dalam bidang pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB C Muzdalifah Medan. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif berdasarkan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis melalui empat tahapan yaitu, koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PAI di SLB C Muzdalifah Medan dilakukan melalui tiga aktivitas, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan disesuaikan dengan kebutuhan siswa, mulai dari media pembelajaran, materi, pengawasan, alur pembelajaran, hingga rencana evaluasi. Pelaksanaan dilakukan dengan metode pembiasaan dan praktik, serta melakukan koordinasi dengan orangtua siswa. Sedangkan dalam kegiatan evaluasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan siswa serta evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penting dilakukan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak berkebutuhan khusus, sehingga mereka memiliki keterampilan dalam menerapkan aktivitas keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Luar Biasa

Full Text:

PDF

References


Arriani, Farah, Agustiawati, Alifia Rizki, Ranti Widiyanti, Slamet Wibowo, Christina Tulalessy, dan Fera Herawati. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Badan Standar, Kurikulum, dan Penilaian Pendidikan, 2021.

Astuti, M.F., T. Berliani, dan P.J. Nugroho. “Manajemen Pembelajaran Inklusif.” Equity in Education Journal (EEJ 4, no. 2 (2020).

Hastari, Y.N., dan I.W. Sujana. “Pelaksanaan Program PAUD Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus di RA Anak Emas.” Journal for Lesson and Learning Studies 3, no. 3 (2020).

Ikramullah, dan A. Sirojuddin. “Optimalisasi Manajemen Sekolah dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.36.

Isroani, F. “Manajemen Pembelajaran Agama Islam Berbasis Inklusi.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2022).

Jamaluddin, Nur, M. J., S. P, Juliana, dan M. Urva. “Implementasi Pendidikan Inklusif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan 14, no. 2 (2022).

Marlia, L. Manajemen Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Islam Terpadu Annida Sokaraja Banyumas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2018. https://jurnal.untirta.ac.id.

Moleong, L.J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2018.

Nasution, S.F., F. Azzahrah, dan Akrim. “Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Siswa Prasekolah Difabel.” Khazanah, 2023.

Nurlita, S. “Pengelolaan Pembelajaran Inklusi pada Mata Pelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMP Ibnu Sina Bandung.” Bandung Conference Series: Islamic Education 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.5497.

Putri, M.R.E., M. Hanief, dan M. Sulistiono. “Strategi Pendidikan Religius pada Anak Penderita Autisme (Studi Kasus di SLB C Negeri Autis Kedungkandang Kota Malang.” Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 5 (2019).

Rahmawati, R., dan A.H. Firdaus. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Autis di Sekolah Luar Biasa.” Tarbiyah Al-Aulad 3, no. 2 (2018).

Rofikoh, S. Manajemen Pendidikan Inklusi (Studi Kasus MTs Al-Hidayah Purwokerto). Skripsi. Purwokerto: UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2022.

Sabella, F. “Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al Wahyu 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.126.

Suhartono, Tony. “Manajemen Sekolah Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Di Sekolah K-Link Care Center Jakarta).” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 2 (2018). https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1673.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.3888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siska Afriany, Akrim Akrim, Rizka Harfiani

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.