Korelasi Menghafal Al-Qur’an terhadap Mentalitas Inovatif dan Kecerdasan Kognitif Masyarakat

Dimas Ari Muzaqi Putra, Akhmad Hafiz Alkhairi, Teguh Imam Setiawan, Gt. Muhammad Irhamna Husin

Abstract


Mentalitas inovatif dan kecerdasan kognitif merupakan aspek dasar yang dimiliki manusia. Kedua kemampuan ini dapat dikembangkan melalui kegiatan yang rutin dilakukan. Salah satu kegiatan yang dianggap bisa meningkatkan mentalitas inovatif dan kecerdasan kognitif adalah menghafal Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner skala likert 5 poin. Terdapat 35 responden yang terlibat dalam penelitian ini. Data dari 35 responden ini selanjutnya dianalisis menggunakan excel dan SPSS guna mendapatkan instrumen analisis deskriptif yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan korelasi menghafal al-Qur’an terhadap mentalitas inovatif dan kecerdasan kognitif pada masyarakat. Berdasarkan pembahasan yang ada, dapat disimpulkan bahwa menghafal Al-Qur’an memiliki korelasi terhadap mentalitas inovatif dan kecerdasan kognitif.

Keywords


Al-Qur'an, mentalitas inovatif, kecerdasan kognitif

Full Text:

PDF

References


Agustinalia, I. Mengenal Kecerdasan Manusia. Sukoharjo: Graha Printama Selaras, 2018.

Alluma’i, T. “Karakteristik Kemampuan Kognitif dalam Pelajaran PAI Berdasarkan Tingkat Baca Al-Qur’an.” Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2019.

Fairuzillah, M.N., dan A. Listiana. The Positive Impact of Memorizing the Qur’an on Cognitive Intelligence of Children, 2021.

Ginanjar, M.H. Aktivitas Menghafal Al-Qur’an dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Beasiswa di Ma’had Huda Islami, Tamansari Bogor), 2017.

M. Jaedi. “Pentingnya Memahami Al-Qur’an dan Ilmu Pengetahuan,” 22 Februari 2019. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2618950.

Marinda, L. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jember, 2020.

Otero, Inmaculada, Jesús F. Salgado, dan Silvia Moscoso. “Cognitive Reflection, Cognitive Intelligence, and Cognitive Abilities: A Meta-Analysis.” Intelligence 90 (Januari 2022): 101614. https://doi.org/10.1016/j.intell.2021.101614.

Purnomo, M. Sejarah Kitab-Kitab Suci. Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media, 2016.

Slamet, S. “Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mewarnai dan Hafalan Al-Qur’an.” Jurnal Warta LPM 24 (2021).

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sulaiman, A., dan N. A. Syakarofath. “Berpikir Kritis: Mendorong Introduksi dan Reformulasi Konsep dalam Psikologi Islam.” Buletin Psikologi 26 (2018). https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660.

Taherdoost, Hamed. “Validity and Reliability of the Research Instrument; How to Test the Validation of a Questionnaire/Survey in a Research.” SSRN Scholarly Paper. Rochester, NY, 10 Agustus 2016. https://doi.org/10.2139/ssrn.3205040.

Zuhriyandi, Zuhriyandi, dan Malik Alfannajah. “Penafsiran Ayat-Ayat Tentang Teknologi Dan Inovasi Dalam Al-Qur’an: Implikasi Untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan Di Era Modern.” J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah 2, no. 6 (16 Agustus 2023). https://doi.org/10.56799/jceki.v2i6.2217.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dimas Ari Muzaqi Putra, Akhmad Hafiz Alkhairi, Teguh Imam Setiawan, Gt. Muhammad Irhamna Husin

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.