Integrasi Nilai-Nilai Filosofi Islam dalam Pantun Masyarakat Melayu Batu Bara
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji integrasi nilai-nilai filosofi Islam dalam pantun masyarakat Melayu Batu Bara yang bernuansa religius. Menggunakan metode kualitatif dan teori interpretasi. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara dengan mengambil 3 (tiga) sampel pantun yang berkaitan langsung dengan objek pembahasan. Data dianalisis menggunakan tiga tahapan, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis tersebut disampaikan secara deskriptif. Temuan menunjukkan bahwa pantun masyarakat Melayu Batu Bara terintegrasi dengan konsep epistemologi dan aksiologi dalam disiplin filsafat Islam. Ditemukan nilai-Nilai filsafat Islam dalam pantun seperti optimisme, keteguhan hati, ketabahan, pencarian ilmu, dan peningkatan amal ibadah. Nilai-nilai tersebut tercermin dalam kiasan dan simbolisme pantun, yang menyampaikan pesan moral dan religius. Kesimpulannya, pantun Melayu Batu Bara tidak hanya melestarikan tradisi budaya tetapi juga memperkuat ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Rekomendasi penelitian ini adalah pelestarian tradisi pantun sebagai warisan budaya dan alat pendidikan moral serta agama.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abror, R.H. Pantun Melayu Titik Temu Islam dan Budaya Lokal Nusantara. Yogyakarta: LKis Printing Cemerlang, 2009.
Alatas, M.M. “Spiritualitas dan Modernitas Menurut Pemikiran Seyyed Hossen Nasr (Studi Atas Agama dan Krisis Kemanusiaan Modern.” Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial 5, no. 2 (2020).
Andriani, T. “Pantun dalam Kehidupan Melayu (Pendekatan Historis dan Antropologis.” Sosial Budaya 9, no. 2 (2012).
Anwar, S. “Melayu Islam dan Batak Kristen: Labelisasi Keagamaan Terhadap Identitas Kesukuan di Sumatera Timur pada Awal Abad Ke-20.” Warisan: Journal of History and Cultural Heritage 3, no. 3 (2022).
Attaruddin dkk. “Mari Belajar Berpantun Tepak Sirih Resam Melayu Batu Bara.” Dalam Makalah, 51. Batu Bara: Badan Pekerja Persiapan Pembentukan Kabupaten Batu Bara, 2006.
Bakar, S.A., A.R. Hassan, dan K. Ismail. “Falsafah Tersirat dalam Pembayang Pantun Tradisional Melayu.” Dalam Malay, Arabic and English Literature (ICMAEL 2022), 2022.
Batubara, T., B. Badrun, dan A. Muhajir. “Tradisi Tepung Tawar: Integrasi Agama dan Kebudayaan pada Masyarakat Melayu di Sumatera Utara.” Local History & Heritage 2, no. 1 (2022).
Bogdan, R.C., dan S. K. Biklen. Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982.
Bukhari, U. Hadis Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Jakarta: Amzah, 2012.
Dalimunthe, M.A., H. Pallathadka, I. Muda, D.Devi Manoharmayum, A.Habib Shah, N.Alekseevna Prodanova, M.Elmirzayevich Mamarajabov, dan N. Singer. “Challenges of Islamic Education in the New Era of Information and Communication Technologies.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 79, no. 1 (2023). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608.
Dianti, E., dan S. Affandi. “Tradisi Berbalas Pantun (Seumapa) dalam Perkawinan Adat Aceh.” LITERATUR: Jurnal Bahasa dan Sastra 5, no. 1 (2023).
Fatimah, R.P.S.N., F. Murtadho, dan Z. Zuriyati. “Fungsi Pantun Adat Perkawinan Melayu Riau (Pantun Function as Malay Marriage Tradition of Riau.” Indonesian Language Education and Literature 7, no. 2 (2022).
Fuady, F. “Nilai Etika dalam Seni Islam: Studi Pemikiran Seyyed Hossein Nasr.” Jurnal Peradaban 2, no. 2 (2022).
Gani, E. “Kajian terhadap Landasan Filosofi Pantun Minangkabau.” Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni 10, no. 1 (2012).
Hasib, K. “Manusia dan Kebahagiaan: Pandangan Filsafat Yunani dan Respon Syed Muhammad Naquib al-Attas.” Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam 3, no. 1 (2019).
Indainanto, Y.I., M.A. Dalimunthe, H. Sazali, dan dan S.Kholil Rubino. “Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs.” Pharos Journal of Theology 104, no. 4 (2023). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415.
Irsan, P., S.T. Sumanti, dan A. M. Syam. “Pondok Pesantren Nurul Islam: Sejarah dan Perannya dalam Membina Umat Islam di Desa Pinding Kabupaten Aceh Tenggara, 1960-2000.” Local History & Heritage 2, no. 2 (2022).
Irwan, Y.Desnelita, W. Susanti, F. Rizal, dan A. R. Ritonga. “The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process Using E-Learning in Higher Education.” Educational Administration Theory and Practice 29, no. 1 (2023). https://doi.org/10.48047/rigeo.11.09.187.
Mailin, M., M.A. Dalimunthe, dan A. Zein. “Exploring Intercultural Communication in Indonesia: Cultural Values, Challenges, and Strategies.” Journal of Namibian Studies: History Politics Culture 33 (2023).
Masykur, M.R., dan A. K. Soleh. “Seni Pegelaran Wayang dalam Perspektif Fikih dan Spiritualitas Seni Islam Seyyed Hossein Nasr.” Muslim Heritage 8, no. 1 (2023).
Muhammad, M. “Hubungan Agama dan Budaya pada Masyarakat Gampong Kereumbok Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.” Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 22, no. 2 (2020).
Mulyani, R., Z.Z. Samosir, dan D. R. Sitinjak. “Makna dan Fungsi Pantun pada Acara Perkawinan Adat Masyarakat Melayu Kabupaten Batu Bara.” Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) 2, no. 2 (2019).
Nauliyanti, L., dan K. Anwar. “Makna dan Fungsi Pantun Pada Upacara Perkawinan di Desa Batu Penyabung Kecamatan Bathin VIII Kabupaten Sarolangun.” Pelitra 4, no. 2 (2021).
Nurhalizah, R., M.F. Agil, dan A. Sakka. “Interaksi Budaya dan Agama: Memahami Dampak dan Kontribusinya dalam Masyarakat.” Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia 2, no. 1 (2023).
Prayogo, P., R. Harahap, dan R. Mulyani. “Makna Asosiatif dalam Pantun Merisik Pada Masyarakat Melayu Batu Bara.” Jurnal Ilmiah KORPUS 5, no. 2 (2021).
Putri, E.W. “Konsep Kebahagiaan dalam Perspektif Al-Farabi.” THAQAFIYYAT: Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam 19, no. 1 (2018).
Qomar, M. “Epistemologi Pendidikan Islam: Dari Metode Rasional hingga Metode Kritik.” Erlangga, 2005.
Rahmayanti, E., I. Isnawijayani, R.M. Caropeboka, dan M. Hafizni. “Pesan dan Makna Pantun dalam Prosesi Tradisi Pernikahan Adat Budaya Melayu Palembang.” Wardah 23, no. 1 (2022).
Ricoeur, P. Teori Interpretasi: Membelah Makna dalam Anatomi Teks. Yogyakarta: IRCiSoD, 2014.
Ritonga, A.R. “Pengaruh Iklim Komunikasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Komunikasi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara.” KomunikA 18, no. 2 (2022).
Ritonga, A.R., A.Zein Frimansyah, A.M. Syam, dan N. R. Ohorella. “Misconceptions of Jihad: A Constructivist Review of the Meaning of Struggle in Islam in the Modern Era: Analysis of the Verses al-Amwaal Wa al-Nafs.” Pharos Journal of Theology 105, no. 1 (2024). https://doi.org/10.46222/pharosjot.
Rosnawati, R., A.S.A. Syukri, B. Badarussyamsi, dan A. F. R. A. F. Rizki. “Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia.” Jurnal Filsafat Indonesia 4, no. 2 (2021).
Rubino, R., A.R. Ritonga, E.B. Madya, dan H. J. Ritonga. “The Ethics of the Apostle Da’wah in the Qur’an and Its Application in Social Media.” Pharos Journal of Theology 104, no. 2 (2023).
Semi, M.Atar. Metodologi Penelitian Sastra. Padang: Angkasa Raya, 1993.
Setyadiharja, R. Khazanah Negeri Pantun. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
Sikumbang, A.T., M.A. Dalimunthe, S. Kholil, dan N. F. Nasution. “Digital Da’wah Indonesia Ulema in the Discourse of Theology.” Pharos Journal of Theology 105, no. 1 (2024). https://doi.org/10.46222/pharosjot.1051.
Sugiarto, E. Mengenal Sastra Lama. Yogyakarta: Andi Offset, 2015.
Syafitri, E., D. Armanto, dan E. Rahmadani. “Aksiologi Kemampuan Berpikir Kritis (Kajian tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis.” Journal of Science and Social Research 4, no. 3 (2021).
Tafsir, A. Filsafat Ilmu: Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan. Rosda Karya, 2009.
Wardatusshopa, F., I. Ummah, K. Karmilah, S. Sirozudin, W. Hidayat, dan D. Djazimi. “Keutamaan Ilmu dalam Perspektif Hadis.” Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam 23, no. 1 (2024).
Wati, D.A., I. Irwansyah, dan R. Devianty. “Kain Tenun Songket Melayu Batu Bara: Sejarah, Motif dan Fungsinya.” Warisan: Journal of History and Cultural Heritage 3, no. 1 (2022).
Winarti, D., dan D. Khusnah. “Kajian Filosofis Konsep Epistemologi dan Aksiologi Pendidikan Islam.” Journal of Islamic Civilization 3, no. 1 (2021).
Yani, F., E.P. Wuriyani, dan R. Harahap. “Makna Simbolik Tradisi Berbalas Pantun pada Perkawinan Adat Melayu Langkat.” JOEL: Journal of Educational and Language Research 1, no. 10 (2022).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3899
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Faishal
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.