Implementasi Etika Akademik di Institut Agama Islam Daar Al Uluum Kisaran

Pajriah Putri Islamy, Yusnaili Budianti, Junaidi Arsyad

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi penerapan etika akademik di Institut Agama Islam Daar Al Uluum Kisaran, dengan fokus pada tantangan dan keberhasilan dalam menanamkan nilai-nilai inti seperti integritas, kejujuran, kebebasan akademik, kreativitas, dan tanggung jawab sosial dalam kerangka kerja akademik. Etika akademik sangat penting untuk menjaga integritas dan kualitas lembaga pendidikan; namun, banyak laporan menunjukkan adanya penurunan kepatuhan terhadap etika, yang ditandai dengan insiden plagiarisme, pelanggaran, dan pelanggaran etika lainnya. Penelitian ini menyelidiki bagaimana prinsip-prinsip etika ini dimasukkan ke dalam praktik akademik sehari-hari dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi perilaku dan perkembangan mahasiswa dan fakultas. Dengan memeriksa kasus-kasus spesifik pelanggaran etika, seperti plagiarisme dan perilaku yang tidak pantas, penelitian ini bertujuan untuk menilai kondisi praktik etika saat ini di dalam institusi dan mengeksplorasi strategi yang efektif untuk meningkatkan standar etika. Pada akhirnya, penelitian ini berusaha untuk berkontribusi pada wacana yang lebih luas tentang etika akademik, memberikan wawasan yang dapat membantu dalam mereformasi lingkungan pendidikan tidak hanya di universitas Islam tetapi juga di seluruh sektor pendidikan tinggi, memastikan bahwa mereka benar-benar bertindak sebagai mercusuar moral dan etika di masyarakat.


Keywords


Etika akademik, Integritas akademik, Pelanggaran etika, Tanggung jawab sosial, Perilaku akademik.

Full Text:

PDF

References


Aditya.A. (2020). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Prima Media.

Aly, H. N., Abdullah, S., Chamami, M. R., Fihris, Yahiji, K., Supiah, Damopolii, M., Ainiyah, N., & Ritonga, A. R. (2023). Reviewing the Colonial Period Islamic Education System in Indonesia: What is Still Relevant to Continue. Journal of Namibian Studies, 33, 671–687. https://doi.org/10.59670/jns.v33i.531

Aziz, M. (2018). Etika Akademis Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah, 1.

Baidowi, B. (2014). Fenomena Etika, Akidah Dan Ahlak Dalam Pandangan Agama. Jurnal Al-Ulum, Universitas Islam Madura, 1(1), 5-5.

Dalimunthe, M.A. (2022). Keterampilan Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Malaysia di Kota Medan. Langgas: Jurnal Studi Pembangunan 1 (2), 82-89

Dalimunthe, M. A., Pallathadka, H., Muda, I., Devi Manoharmayum, D., Habib Shah, A., Alekseevna Prodanova, N., Elmirzayevich Mamarajabov, M., & Singer, N. (2023). Challenges of Islamic education in the new era of information and communication technologies. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8608

Darmadi, H., & Mm, M. M. (2018). Guru Jembatan Revolusi. CV Kekata Group.

Fauzan, I., Arifin, A., Dalimunthe, M. A., & Rahmadani, S. (2023). The configuration of ethnic and religious relations towards the 2024 general election: A case study in Medan, Indonesia. Multidisciplinary Science Journal, 6(2), 2024006. https://doi.org/10.31893/multiscience.2024006

Habibah. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Syiah Kuala.

Helma, F. (2020). Etika Akademis Dalam Islam. K-Media

Hernawati, S. (2017). Metodologi penelitian dalam bidang kesehatan, kuantitatif & kualitatif. Library Forikes.

Ibnu Miskawaih. (1966). Tandzib al Akhlaq. American Univ. Press.

Indainanto, Y. I., Dalimunthe, M. A., Sazali, H., Rubino, & Kholil, S. (2023). Islamic Communication in Voicing Religious Moderation as an Effort to Prevent Conflicts of Differences in Beliefs. Pharos Journal of Theology, 104(4). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.415

Irwan., Desnelita, Y., Susanti, W., Rizal, F., & Ritonga, A. R. (2023). The Implementation of Collaborative Project Based Learning Model with Inquiry Process using E-Learning in Higher Education. Educational Administration Theory and Practice, 29(1), 90–101. Available at: 10.48047/rigeo.11.09.187

Kenny, B. (2023). Wawancara Secara Langsung Pada Tanggal 19 Oktober.

Kurniasih, P., Limbong, E. G., & Handayani, D. (2019). Infografis alasan menyontek dan tipe-tipe penyontek: pandangan etika mengenai perilaku menyontek. Jurnal desain, 6(02), 112-128.

Mailin, M., Dalimunthe, M.A. & Zein, A. (2023). Exploring Intercultural Communication in Indonesia: Cultural Values, Challenges, and Strategies. Journal of Namibian Studies: History Politics Culture 33, 2804-2816.

Muhrim. (2016). Etika dan Filsafat Komunikasi. Prenadamedia Group.

Mulyadhi Kartanegara. (2019). Etika. Pendidikan Indonesia, 4.

Octavia, & A, S. (2020). Etika Profesi Guru. Deepublish.

Palandeng, R. A. C., Setiabudhi, D. O., & Maramis, M. R. (2023). Aspek Hukum Plagiarisme Sebagai Pelanggaran Integritas Akademik Di Perguruan Tinggi. LEX PRIVATUM, 12(1).

Rahadjo Mudjia, (2017), Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Konsep dan Prosedurnya, Malang: Maulana Malik Ibrahim.

Rambe,R.F. AL. K., Ritonga, A.R., Dalimunthe,M.A. (2023). Komunikasi Publik Pemerintah Kota Medan Dalam Pengalihan Kewenangan Kebijakan Terkait UU No. 23 tahun 2014. KomunikA. 19(01), 39-44. https://doi.org/10.32734/komunika.v19i01.11411

Ritonga, A.R., Frimansyah., Zein, A., Syam, A.M., Ohorella, N.R. (2024). Misconceptions of Jihad: A Constructivist Review of the Meaning of Struggle in Islam in the Modern Era: Analysis of the verses al-Amwaal wa al-Nafs. Pharos Journal of Theology. 105(1), pp. 1–13. Available at: https://doi.org/10.46222/pharosjot.1053

Ritonga, A.R. (2022). Pengaruh Iklim Komunikasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Komunikasi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. KomunikA 18 (2), 1-8.

Rubino, R., Ritonga, A.R., Madya, E.B. & Ritonga, H.J. (2023).The Ethics of the Apostle Da'wah in the Qur'an and its Application in Social Media. Pharos Journal of Theology, 104(2).https://www.pharosjot.com/uploads/7/1/6/3/7163688/article_10_vol_104_2__indonesia_correct.pdf

Sagala, S. (2022). Etika Akademik di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling,

Sandi. (2022). UIN Suska Riau: Kasus Pelecehan hingga Perseteruan Rektor dengan Dosen. https://www.kompasiana.com/desisommaliagustina2060/650aa950753ed1111f6f42e2/uin-suska-riau-dinamika-pendidikan-hingga-perseteruan-rektor-dengan-dosen?page=all&page_images=

Sani, R. A. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kenana.

Satori, D & Komariah, A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sikumbang, A. T., Dalimunthe, M. A., Kholil, S., & Nasution, N. F. Digital Da'wah Indonesia Ulema in the Discourse of Theology. Pharos Journal of Theology. 105(1). 1-14. https://doi.org/10.46222/pharosjot.1051

Sinaga, N. A. (2020). Kode etik sebagai pedoman pelaksanaan profesi hukum yang baik. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 10(2).

Sugiyono, (2017), Metodo Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Tim Redaksi Asahan. (2022). Oknum Dosen Diduga Penyimpangan Seks di Demo Mahasiswa IAIDU. Asahan Satu TV. https://penerbitdeepublish.com/cara-menulis-kutipan-dari-berita-online/

Tim Redaksi Asahan Satu TV. (2022). Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung IAIDU Dilakukan H.Armyn Simatupang.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pajriah Putri Islamy, Yusnaili Budianti, Junaidi Arsyad

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.