Pengembangan Video Pembelajaran Keterampilan Bernuansa Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media video pembelajaran bernuansa nilai karakter, (2) menguji validasi media video pembelajaran, (3) mengetahui efektifitas pengembangan video pembelajaran. Metode penelitian menggunakan mixmethod kualitatif, kuantitatif dan statistic inferensial (uji-t), pengembangan produk ADDIE (Kirna & tegeh (2010). dengan lima tahapan; a) analisis, b) perancangan, c) pengembangan, d) implementasi, e) evaluasi. Temuan hasil penelitian berdasarkan uji coba disain media video pembelajaran diperoleh sebesar 95% dengan kategori sangat baik, uji coba isi materi diperoleh sebesar 97,5 dengan kriteria sangat baik. (3) Uji coba perorangan diperoleh sebesar 98,75% predikat sangat baik, (4) uji coba kelompok kecil 95% predikat sangat baik, (5) Uji coba di lapangan diperoleh sebesar 91,25% dengan kategori sangat baik, Dengan demikian pengembangan video pembelajaran keterampilan recycling bernuansa karakter sangat layak untuk dikembangkan dapat digunakan untuk pembelajaran pada mata pelajaran SBdP secara simultan, dan dapat merubah nilai karakter siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2014.
Andi, Herman Jufri, Chairatul Umamah, dan El Indahnia Kamariyah. “Optimization of Laboratory-Based on Friendly Environment for Elementary School To Identify Science Optimalisasi Laboratorium Berbasis Ramah Lingkungan Bagi Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengenal Sains,” t.t., 62–69.
Anshori, Muhammad Adib, Arif Sholahuddin, dan Ellyna Hafizah. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Melatih HOTS Peserta Didik pada Materi Teknologi Ramah Lingkungan.” Indonesian Journal of Science Education and Applied Science 2, no. 2 (2022): 65. https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7395.
Astuti Salim, dan Vrita Tri Aryuni. “Penggunaan Prinsip Recycle di Media Pembelajaran 3D untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Tata Surya.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 3 (2022): 949–56. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.698.
Chasanah, Isnaini, Evita Anggereini, Ervan Johan Wicaksana, Program Studi, Pendidikan Biologi, dan Universitas Jambi. “Pengembangan E-Learning Menggunakan Schoology terintegrasi Model Problem Based Learning Pada Materi Daur Ulang Limbah Untuk SMA” 09 (2023): 82–88.
Dharmawati, Desak Made, Nadiroh Nadiroh, dan Arita Marini. “Developing Entrepreneurship Education Model in Improving the Skills of Recycling of Elementary School Students.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7, no. 1 (2020): 117. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.5127.
Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 2017.
Nia, Nia, Suroso Mukti Leksono, dan Adi Nestiadi. “Pengembangan E-Modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.” PENDIPA Journal of Science Education 6, no. 2 (2022): 415–21. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.415-421.
Nurwahidah, Cut Dhien, Zaharah Zaharah, dan Ibnu Sina. “Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 17, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168.
Patriana, Wahyu Ria, Heribertus Soegiyanto, dan Puguh Karyanto. “Pengembangan Subjek Spesifik Pedagogi Penguatan Kesiapan Berperilaku Ramah Lingkungan pada Materi Geografi Lingkungan Hidup.” Jurnal GeoEco 3, no. 2 (2017): 186–97.
Sari, Desi Kartika, dan Sutrisno Widodo. “Pengembangan Media Video Pembelajaran ‘Daur Air’ Untuk Mata Pelajaran IPA Kelas V Semester 2 di SDN Sidoharjo 1 Lamongan.” Jurnal Hasil Riset, 2015.
Setiawan, Oky Ade. “Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Peminatan Materi Pokok Perang Dunia I pada Siswa Kelas XI Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial di MAN 1 Tulungagung.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 7, no. 2 (2016).
Wibowo, Agus, dan Ari Saptono. “Does entrepreneurial leadership impact on creativity and innovation of elementary teachers?” Journal of Entrepreneurship Education 21, no. 2 (2018).
Yuanta, Friendha. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 1, no. 2 (5 Februari 2020). https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3919
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Desak Made Darmawati, Eka Nana, Nur Busyra, M. Alimudin
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.