Sikap Toleransi Beragama Pelajar di Jawa Tengah

Mukhamad Saekan Muchith

Abstract


Dilihat dari perspektif psikologis pelajar berada pada tahapan perkembangan psikologi manusia yang memasuki masa untuk mencari tahu segala ilmu pengetahuan dan juga bisa diketagorikan sikap yang labil. Kondisi psikologi yang labil itu juga bisa muncul berkaitan dengan sikap terhadap agama lain, oleh sebab itu perlu dilakukan kajian tentang sikap toleransi beragama pelajar di jawa Tengah yang dilihat dari 5 (lima) rumusan masalah, Pertama, Bagaimana jika diajak masuk kedalam tempat ibadah agama lain? Kedua, Bagaimana jika berteman dengan teman yang beragama lain? Ketiga, Bagaimana jika diundang menghadiri perayaan peringatan hari besar agama lain?  Keempat, Bagaimana jika disekitar rumah didirikan rumah ibadah agama lain? Dan Kelima, Bagaimana jika dalam satu keluarga ada anggota yang berbeda agama? Penelitian ini penelitian lapangan yang jenisnya deskriptif kualitatif, yaitu menjelaskan fakta melalui data dari lapangan yang objektif sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan.  Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.  Pengambilan data dilakukan dengan metode angket yang disebar secara online dengan menggunakan aplikasi google drive, dengan jumlah responden 4850 tersebar di 25 kabupaten/kota dengan jumlah sekolah 50 sekolah. Setelah data terkumpul dilakukan pengecekan keabsahan data dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Analisa data menggunakan analisa persentase dengan cara menemukan dalam bentuk angka persentas (%) jumlah pelajar yang merespon atau menjawab tiap tiap item pertanyaan sehingga dapat diketahui sikap toleransi pelajar terhadap teman yang berbeda agama.  Hasil penelitian ini bahwa mayoritas pelajar di Jawa Tengah memahami sikap toleransi itu sebagai konsekuensi hidup di bawah dasar negara Pancasila. Selain itu juga dipengaruhi kesadaran dalam menghormati dan mentaati perundang undangan yang berlaku. Pelajar di Jawa Tengah memiliki sikap toleransi tinggi jika agama lain menjunjung tinggi aturan yang berlaku, khususnya aturan dalam mendirikan rumah ibadah agama lain.

Keywords


Sikap, Toleransi Beragama, Pelajar, Jawa Tengah

Full Text:

PDF

References


Ali, Bagenda. 50 Masalah Agama Bagi Muslim Bali. Yogyakarta: Penerbit Deepublish, Group Penerbitan CV Budi Utama, 2021.

Elsa Rahmayani dkk.,. “Model Toleransi Pembelajaran Sains Kelas VIII di SMP Pesantren Pramuka Al Hira Padang Panjang.” Jurnal BIOSFER 10, no. 1 (2017).

Jatmika, Deni Rahmat. “Penerapan Aliran Filsafat Empirisme Dalam Manajemen Pembelajaran Guna Meningkatkan Kompetensi Guru di MAS Al Barokah.” Jurnal Rayah Al Islam: Jurnal Ilmu Islam 4, no. 2 (2020). https://ejournal.arraayah.ac.id/index.php/rais/article/view/345.

Jayusman, ed. Moderasi Beragama Dalam Mewujdukan Nilai Nilai Mubadalah. Malang: Penerbit Literasi Nusantara, 2021.

Latif, Das’ad. Nafas Hukum Islam Dalam Membangun Kerukunan Beragama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2023.

Mela. Moderasi Beragama Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Generasi Muda. Indonesia: Penerbit Guepedia, 2020.

Misrawi, Zuhairi. Al Qur’an Kitab Toleransi: Tafsir Tematik Islam Rahmatan Lil’alamin. Jakarta: Penerbit, 2010.

Muchith, M.Saekan. Pelajar Dalam Bahaya. Yogyakarta: Penerbit IDEA Press, 2013.

Munawar, Al, dan Said Agil. Fiqh Hubungan Antar Agama. Jakarta: Ciputat Press, 2003.

Murad, Musthafa. Kisah Hidup Sayyidina Abu Bakar as Shiddiq. Jakarta Timur: Penerbit Zaman, 2013.

———. Kisah Hidup Sayyidina Ali Ibnu Abu Thalib. Jakarta Timur: Penerbit Zaman, 2013.

Nuswantari, Nusi. “Model Pembelajaran Nilai-nilai Toleransi Untuk Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Premier Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 8, no. 1 (2018).

Pribadiyono, dan Chusnul Rofi’ah. Implikasi Penerapan Metode Survey Melalui Pengolahan dan Analisa Data Lima Metode. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi, 2023.

Ramli, M. “Hakekat Pendidikan dan Peserta Didik.” Jurnal Tarbiyah Islamiyah 5, no. 1 (2015).

Ridwan, M. Nur Kholis, dan Linda Andriani, ed. Fiqh Moderen Praktis: 101 Panduan Muslim Sehari hari. Jakarta: PT Gramedia Utama, 2013.

Wach, Joachim. The Comparative Study of Religion. New York: Columbia University Press, 1958.

Warsah, Idi. Pendidikan Islam Dalam Keluarga: Studi Psikologis dan Sosiologis Masyarakat Multi Agama Desa Suro Bali. Palembang: Penerbit Tunas Gemilang Press, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mukhamad Saekan Muchith

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.