Integrasi Pendidikan Profetik Perspektif Q.S. Ali Imran Ayat 110 dalam Kurikulum Pesantren sebagai Jantung Kerukunan Umat Beragama
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam membekali individu dengan keterampilan dan pengetahuan untuk menghadapi kehidupan. Namun, tantangan muncul ketika lembaga pendidikan Islam tidak mampu mengadaptasi kurikulum dengan konteks zaman, sehingga menyebabkan penafsiran yang salah terhadap ayat-ayat suci dan munculnya radikalisme. Artikel ini membahas tentang integrasi pendidikan profetik dalam kurikulum pesantren sebagai jantung kerukunan umat beragama, dengan fokus pada perspektif QS Ali Imran ayat 110. Artikel ini mengusulkan konsep pendidikan profetik berdasarkan tafsir QS Ali Imran ayat 110 oleh Kuntowijoyo, yang mengedepankan aspek-aspek humanisasi, liberasi, dan transendensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan profetik dalam kurikulum pesantren dapat dilakukan melalui pemanusiaan anak didik, pengembangan ruang diskusi dan berpikir kritis, pemberian kesempatan untuk mengoptimalkan potensi diri, serta pembiasaan kegiatan spiritual. Dengan demikian, lembaga pendidikan Islam dapat menjadi jantung kerukunan umat beragama dengan menghasilkan individu yang menjadi rahmatan lil 'alamin, sesuai dengan konsep pendidikan profetik dalam QS Ali Imran ayat 110.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Moeslim. Islam Transformatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Ahmad, Musthafa Al-Maraghi. Tafsir Al-Maraghi. Vol. IV. Semarang: Toha Putra, 1993.
———. Tafsir Al-Maraghi. Vol. II. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1998.
Ahmadi, Abu, dan Nur Uhbiyati. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Al-Mahalli, Imam Jalaluddin, dan Imam Jalaluddin As-Suyuthi. Tafsir Jalalain. Bandung: Sinar Baru Algasindo, t.t.
———. Tafsir Jalalain Berikut Asbabun Nuzuul Ayat Surat Al-Fatihah s.d. Surat Al-An’am. Bandung: Sinar Baru Algasindo, t.t.
Al-Qurthubi, Imam. Tafsir Al-Qurthubi. Jakarta: Pustaka Azzam, 2008.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2003.
Ash-Shiddieqy, Hasby. Kriteria antara Sunnah dan Bid’ah. Jakarta: Bulan Bintang, 1996.
Azra, Azyumardi. “Pesantren and Madrasa: Muslim Schools and National Ideals in Indonesia.” Sch. Islam Cult, Politic, Modernism Muslim Education, 2007.
Batubara, Hamdan Hussein. Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 2020.
Espinoza. “Paulo Freire’s Ideas as an Alternative to Higher Education Neoliberal Reforms in Latin America.” Journal of Moral Education 46 (2017).
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Juz 4. Jakarta: Gema Insani, 2015.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 1997.
Insih, Wilujeng. Pendidikan Karakter untuk Peningkatan Kualitas Anak Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Isna, Mansur. Diskursus Pendidikan Islam. Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2001.
Kuntowijoyo. Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan, 1998.
Manzhur, Ibnu. Lisan Al-Arab. Beirut: Dar Al-Shadr, t.t.
Mudyahardjo, Redja. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2008.
Nurdin, Ali, dan Maulidatus Syahrotin Naqqiyah. “Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf.” Islamica: Jurnal Studi Keislaman 14, no. 1 (1 September 2019).
Rahman, Fazlur. Islam dan Modernitas tentang Transformasi Intelektual. Bandung: Pustaka Pelajar, 1995.
Ridha, Mohammad Rasyid. Tafsir Al-Hakim. Vol. 9. Mesir: Dar al-Manar, 1948.
Roqib, Moh. Prophetic Education Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press, 2011.
Shihab, Mohammad Quraish. Al-Lubab: Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah-Surah al-Qur’an. Tangerang: Lentera Hati, 2012.
———. Tafsir Al-Misbah Jilid 3. Jakarta: Lentera Hati, 1994.
———. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian dalam Al-Qur’an. Vol. II. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
———. Wasathiyyah: Wawasan Islam tentang Moderasi Beragama. Tangerang: Lentera Hati, 2019.
Shihab, Muhammad Quraish. Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Shodiq, Akhmad. Prophetic Character Building. Jakarta: Penerbit Kencana, 2018.
Shofan, Moh. Pendidikan Berparadigma Profetik: Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam. Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.
Sya’rawi, Syekh Muhammad Mutawalli. Tafsir Sya’rawi: Renungan Seputar Kitab Suci al-Qur’an. Medan: Penerbit Duta Azhar, 2007.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia. Bandung: Mizan, 2013.
Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi: Esai-Esai Pesantren. Jakarta: LKIS Pelangi Aksara, 2001.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3936
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhamad Ishaac, Najminnur Hasanatun Nida
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.