Pengalaman Haji dalam Film Mekah I'm Coming

Saniya Ovin Neha, Ahmad Anas

Abstract


Film menjadi sarana menarik dalam membumikan nilai-nilai di masyarakat. Penelitian ini penting dilakukan dalam rangka menganalisis pengalaman haji dalam film Mekah I’m Coming. Film ini berperan sebagai hiburan dan media pembelajaran, menyampaikan pesan-pesan keagamaan serta pentingnya memilih agen travel haji yang terpercaya dimana maraknya penipuan haji, pesan edukatif dalam film ini sangat relevan. Dengan menggunakan kerangka teori teori efek media massa, kita memahami bahwa media massa (film) memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan memberikan efek yang signifikan terhadap khalayak atau audiens.. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif meggunakan analisis konten dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa film tersebut berhasil menyampaikan pesan moral dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya niat yang tulus dan berhati-hati dalam memilih agen travel haji. Dengan demikian, film ini efektif dalam mendistribusikan nilai-nilai haji kepada masyarakat. Kesimpulan menyatakan bahwa film Mekah I'm Coming memiliki peran yang signifikan dalam mendukung pemahaman dan praktik keagamaan yang benar serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya berhati-hati dalam memilih agen travel haji.


Keywords


kesadaran masyarakat, penipuan haji, film

Full Text:

PDF

References


Arifuddin, A. F. P. (2017). Film Sebagai Media Dakwah Islam. Jurnal Aqlam, 2(2), 117.

Azizah, M. F. (2023). Kultur Haji Dalam Analisis Semiotik Versi Fernand De Saussure : Memaknai Haji Dalam Film Mekah I’m Coming..

Febriyanti, Syafrida Nurrachmi. (2011). Diskursus Haji di Media Massa ( Analisis Tekstual Nilai- Nilai Haji Dalam Film Emak Ijah Naik Haji. Surabaya. Universitas Airlangga.

Ginanti, N. (2020). Analisis Semiotika Pesan Moral Dalam Film “Dua Garis Biru”. Disertasi. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Hadi, Ido Prijana dkk. (2021). Komunikasi Massa. Pasuruan : Qiara Media.

Hakim, R. R. N. (2012). Representasi Ikhlas Dalam Film “Emak Ingin Naik Haji”(Analisis Semiotik Terhadap Tokoh Emak). Disertasi. Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga).

Haryanto, Joko Tri. Anasom. dan Mahlail Syakur. (2021). Panduan Perjalanan Jamaah Haji. Yogyakarta.

Idntimes.com. (2022, 2 Desember). Sinopsis Mekah I'm Coming, Film Komedi yang Bikin Ngakak!. https://duniaku.idntimes.com/film/indonesia/seo-intern-duniaku/sinopsis-mekah-im-coming

Kisworo, B. (2017). Ibadah Haji Ditinjau Dari Berbagai Aspek. Al-Istinbath. Jurnal Hukum Islam 2(1):75

Prasanti, D. (2016). Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi. 1(1), 69–81.Parmadie, B.

Sattar, Abdul. Agus Syamsul Huda. (2023). Hadis-Hadis Tematik Haji dan Umroh. Semarang. Fatawa Publishing.

Sattar, A. & Hasanah, H. (2023). Tingkat Pengetahuan Peserta Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Profesional: Catatan Angkatan Vi Dari Semarang. Multazam : Jurnal Manajemen Haji Dan Umrah. Vol. 3 No. 1 Januari-Juli 2023

Shalihah, U. M. A. (2012). Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Film Emak Ingin Naik Haji (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Riski, Firdausa. (2022). Nilai Etika Islam Pada Tradisi Nyambai Di Marga Pugung Tampak Pesisir Barat (Analisis Semiotika Model Roland Barthes). UIN Raden Intan Lampung.

Rukajat, Ajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.3947

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Saniya Ovin Neha, Ahmad Anas

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.