Meningkatkan Kewirausahaan Pemuda melalui Pendidikan Vokasional: Tinjauan Literatur Sistematis tentang Keterampilan dan Niat Kewirausahaan

Muhammad 'Ariqsyah, Ganefri Ganefri, Asmar Yulastri, Nizwardi Jalinus, Jonni Mardizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pendidikan vokasional dapat meningkatkan kewirausahaan pemuda melalui tinjauan literatur sistematis yang berfokus pada keterampilan dan niat kewirausahaan. Kewirausahaan pemuda merupakan pilar penting dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi. Pendidikan vokasional, dengan orientasinya pada pengembangan keterampilan praktis, memiliki potensi besar untuk membekali pemuda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai dan mengelola usaha mereka sendiri. Penelitian ini mengidentifikasi dan menganalisis literatur yang relevan untuk memahami peran pendidikan vokasional dalam membentuk keterampilan dan niat kewirausahaan di kalangan pemuda. Hasil tinjauan ini menunjukkan bahwa pendidikan vokasional tidak hanya meningkatkan keterampilan praktis tetapi juga memupuk niat kewirausahaan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai kontribusi pendidikan vokasional terhadap pengembangan kewirausahaan pemuda dan menawarkan rekomendasi untuk kebijakan pendidikan yang lebih efektif dalam mendukung kewirausahaan pemuda.

Keywords


kewirausahaan, pendidikan vokasi, niat kewirausahaan, keterampilan kewirausahaan, kewirausahaan pemuda.

Full Text:

PDF

References


Allais, Stephanie. “Why Skills Anticipation in African VET Systems Needs to Be Decolonized: The Wide-Spread Use and Limited Value of Occupational Standards and Competency-Based Qualifications.” International Journal of Educational Development 102 (Oktober 2023): 102873. doi:10.1016/j.ijedudev.2023.102873.

Asar, Sh, Sh Jalalpour, F. Ayoubi, M. R. Rahmani, dan M. Rezaeian. “PRISMA; Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses.” Journal of Rafsanjan University of Medical Sciences 15, no. 1 (10 April 2016): 68–80.

Cooper, Harris, Larry V. Hedges, dan Jeffrey C. Valentine. The Handbook of Research Synthesis and Meta-Analysis. Russell Sage Foundation, 2019.

Dresch, Aline, Daniel Pacheco Lacerda, dan José Antônio Valle Antunes. “Systematic Literature Review.” Dalam Design Science Research: A Method for Science and Technology Advancement, disunting oleh Aline Dresch, Daniel Pacheco Lacerda, dan José Antônio Valle Antunes Jr, 129–58. Cham: Springer International Publishing, 2015. doi:10.1007/978-3-319-07374-3_7.

Habibi, Roni, dan Artha Glory Romey Manurung. “SLR Systematic Literature Review: Metode Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Human Performance Technology.” Journal of Applied Computer Science and Technology 4, no. 2 (18 November 2023): 100–107. doi:10.52158/jacost.v4i2.511.

Hakim, Muhammad Nur, dan Achmad Anwar Abidin. “Platform Merdeka Mengajar: Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan Vokasi Dan Pengembangan Guru.” Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (23 Mei 2024): 68–82. doi:10.59373/kharisma.v3i1.47.

Handayati, Puji, Dwi Wulandari, Budi Eko Soetjipto, Agus Wibowo, dan Bagus Shandy Narmaditya. “Does Entrepreneurship Education Promote Vocational Students’ Entrepreneurial Mindset?” Heliyon 6, no. 11 (November 2020): e05426. doi:10.1016/j.heliyon.2020.e05426.

Kadeni, Kadeni, dan Ninik Srijani. “Analisis Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Persepsi Kelayakan dan Persepsi Keinginan Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa.” CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen 5, no. 1 (2021): 42–57.

Kitchenham, Barbara, O. Pearl Brereton, David Budgen, Mark Turner, John Bailey, dan Stephen Linkman. “Systematic literature reviews in software engineering – A systematic literature review.” Information and Software Technology, Special Section - Most Cited Articles in 2002 and Regular Research Papers, 51, no. 1 (1 Januari 2009): 7–15. doi:10.1016/j.infsof.2008.09.009.

Lopus, Jane S., Dwi Sulistyorini Amidjono, dan Paul W. Grimes. “Improving Financial Literacy of the Poor and Vulnerable in Indonesia: An Empirical Analysis.” International Review of Economics Education 32 (September 2019): 100168. doi:10.1016/j.iree.2019.100168.

Noviani, Leny, Adam Wahida, dan Suranti Tri Umiatsih. “Strategi Implementasi Proyek Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Sumberlawang.” Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis 27, no. 1 (30 Juni 2022): 60. doi:10.20961/jkb.v27i1.58934.

Pramesti, Yunisa Galuh, Wiedy Murtini, dan Susantiningrum Susantiningrum. “Pelaksanaan Pembelajaran E-Learning Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kelas XI SMK Negeri 5 Sukoharjo.” Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis 26, no. 1 (30 Juni 2021): 25. doi:10.20961/jkb.v26i1.46537.

Santoso, Tri Nugroho Budi. “Pengenalan Kewirausahaan Digital Dimasa Pandemi Melalui Kegiatan Fotografi.” Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis 26, no. 2 (28 Desember 2021): 147. doi:10.20961/jkb.v26i2.54500.

Singh, Jatinder. “Critical Appraisal Skills Programme.” Journal of Pharmacology and Pharmacotherapeutics 4, no. 1 (1 Maret 2013): 76–77. doi:10.4103/0976-500X.107697.

Suharno, Nugroho Agung Pambudi, dan Budi Harjanto. “Vocational Education in Indonesia: History, Development, Opportunities, and Challenges.” Children and Youth Services Review 115 (Agustus 2020): 105092. doi:10.1016/j.childyouth.2020.105092.

Supriandi, Supriandi, dan Yusuf Iskandar. “Pengaruh Modal Sosial, Kapabilitas Financial, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Daya Saing Bisnis Berkelanjutan Serta Implikasinya Pada Kinerja UMKM Industri Kuliner di Kota Sukabumi (Sebuah Proposal).” Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis 2 (29 November 2022). http://prosiding.senmabis.nusaputra.ac.id/index.php/prosiding/article/view/59.

Thomas, Binoy, dan P. Subhashree. “Factors That Influence the Financial Literacy among Engineering Students.” Procedia Computer Science 172 (2020): 480–87. doi:10.1016/j.procs.2020.05.161.

Värlander, Sara Winterstorm, Ingela Sölvell, dan Kim Klyver. “Entrepreneurship as a Vocational Choice in Contested Entrepreneurship Communities: The Role of Entrepreneurs’ Justification Strategies.” Journal of Business Venturing 35, no. 3 (Mei 2020): 106006. doi:10.1016/j.jbusvent.2020.106006.

Wardina, Unung Vera, Nizwardi Jalinus, dan Lise Asnur. “Kurikulum Pendidikan Vokasi Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan 20, no. 1 (28 Maret 2019): 82–90. doi:10.33830/jp.v20i1.240.2019.

Yusuf, Sitti Astika, dan Uswatun Khasanah. “Kajian literatur dan teori sosial dalam penelitian.” Metode penelitian ekonomi syariah 80 (2019): 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i1.3978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad 'Ariqsyah, Ganefri Ganefri, Asmar Yulastri, Nizwardi Jalinus, Jonni Mardizal

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.