Perbedaan Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka dalam Perkembangan Belajar Siswa di MTs. Ittaqu Surabaya
Abstract
Pendidikan di Indonesia tidak bisa jauh dari kata kurikulum. Dari tahun ke tahun kurikulum menjadi bagian terpenting dalam sebuah pendidikan. Sampai pada akhirnya kita mengenal kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Masih menjadi bahan perbincangan dalam dunia pendidikan antara kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka ini. karena yang biasanya kurikulum dipakai untuk semua jenjang, namun untuk saat ini sekolah khususnya Madrasah yang akan menjadi tempat penelitian memakai 2 kurikulum. MTs ITTAQU menjadi madrasah yang dipilih oleh peneliti dengan mengambil 7 sampling guru untuk mengetahui bagaimana kurikulum ini berjalan secara bersamaan dan apa serta bagaimana perbedaan perkembangan siswa dalam belajar ketika memakai kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Untuk mendapatkan hasil serta data tersebut peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara. Dengan menyiapkan beberapa pertanyaan yang akan diajukan kepada 7 guru yang mengajar di kelas VII, VIII, dan IX. Perbedaan itu sangatlah ada. Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap kurikulum memiliki perbedaan serta dampak yang positif dan negatif dalam perkembangan siswa itu sendiri. Dimana kurikulum merdeka lebih mengedepankan siswa memilih teknik atau model pembelajaran yang dia suka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amir, I, Nursalam, and I Mustafa. “Tantangan Implementasi Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (2021).
Ayu Sendari, Anugrah. “Mengenal Jenis Penelitian Deskriptif Kualitatif Pada Sebuah Tulisan Ilmiah.” Liputan6. Last modified 2021. https://www.liputan6.com/hot/read/4032771/mengenal-jenis-penelitian-deskriptif-kualitatif-pada-sebuah-tulisan-ilmiah?page=5.
Firdaus, Heroza, Azkya Milfa Laensadi, Gupo Matvayodha, Fitri Nauli Siagian, and Ika Aryastuti Hasanah. “Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 4 (2022): 686–692. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf.
Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna S Dewi. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 (2022): 7912.
Rahmadhani, Putri, Dina Widya, and Merika Setiawati. “Dampak Transisi Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1, no. 4 (2022): 41–49.
Saptohutomo, Aryo P. “Sejarah Pergantian Kurikulum Di Indonesia.” Last modified 2022. Accessed July 29, 2024. https://nasional.kompas.com/read/2022/02/13/10180071/sejarah-pergantian-kurikulum-di-indonesia?page=all#google_vignette.
Sari, Faradilla Intan, Dadang Sunedar, and Dadang Anshori. “Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 5, no. 1 (2022): 146–151.
Suryaman, M. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” EjournalUnib (2020).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.4007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dewi Pertamasari, Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.