Analisis Framing Media Online dalam Pemberitaan tentang MUI (Majelis Ulama Indonesia) Memboikot Produk Israel

Virgia Dheanita, Dadang Sugiana, Centurion Chandratama Priyatna

Abstract


Berita tentang MUI yang menyerukan umat Islam untuk memboikot produk-produk pro-Israel pada surat kabar online Republika.co.id dan CNNIndonesia.com patut mendapat perhatian. Tidak diragukan lagi, framing dari kedua jenis pemberitaan tersebut berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis framing boikot MUI terhadap produk pro-Israel di situs berita online Republika.co.id dan CNNIndonesia.com. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan menggunakan analisis framing untuk mengkaji wacana tekstual dan visual. Diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa adanya  perbedaan dalam pendekatan framing antara kedua media: CNN lebih ke arah pemberitaan yang pragmatis dan informatif, sedangkan Republika mengedepankan narasi yang kaya dan mendalam, sering kali berlandaskan nilai-nilai dan pandangan agama.


Keywords


Framing Media, MUI, Boikot Israel

Full Text:

PDF

References


Aguiar, Laura. “Framing a Global Crisis: An Analysis of the Coverage of the Latest Israeli-Palestinian Conflict by Al-Jazeera and CNN.” Estudos em Comunicacao, no. 6 (2009): 1–16.

Amri, Mariani. “Konstruksi Realitas Konflik Israel-Palestina Di Media Online Republika. Co. Id Dan Kompas. Com.” LAYAR: Jurnal Ilmiah Seni Media Rekam 8, no. 1 (2022): 31–48.

Eriyanto. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. PT. LKis, 2002.

Firdaus, Firdaus, Johan Septian Putra, Reni Saaulia, dan Sulfina Adnis. “Yasser Arafat dan Konflik Palestina-Israel (Tinjauan Sejarah).” Khazanah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam 10, no. 1 (2020): 1–12. https://doi.org/10.15548/khazanah.v10i1.265.

Karniel, Yuval, Amit Lavie-Dinur, dan Tal Samuel Azran. “Professional or personal framing? International media coverage of the Israel-Hamas prisoner exchange deal.” Media, War and Conflict 10, no. 1 (2017): 105–24. https://doi.org/10.1177/1750635216658717.

Kriyantono, Rachmat. “Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi,Komunikasi Pemasaran.” Jakarta: Kencana, 2010.

Nashrullah, Nashih. “Boikot Produk Israel Bentuk Jihad, Sejak Kapan Muncul di Dunia dan Bagaimana Efeknya?” Republika.co.id, 2023.

Ningsih, Tri Wahyu Retno, dan Dwi Asih Haryanti. “Analisis Framing Media Online Dalam Pemberitaan Mui Boikot Produk Perancis Pada Berita Detik.Com Dan Cnnindonesia.Com.” BroadComm 3, no. 2 (2021): 1–14. https://doi.org/10.53856/bcomm.v3i2.222.

Radhitya, Maurizza, dan Ahmad Toni. “Pembingkaian Berita Boikot Produk Israel Di Media Online Republika.co.id.,” 2024, 253–61.

Shahzad, Farrukh, Tehmina Ashfaq Qazi, dan Rida Shehzad. “Framing of Israel and Palestine Conflict in RT news, Al-Jazeera, CNN & BBC News.” Global Digital & Print Media Review VI, no. II (2023): 1–14. https://doi.org/10.31703/gdpmr.2023(vi-ii).01.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i5.4027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Virgia Dheanita, Dadang Sugiana, Centurion Chandratama Priyatna

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.