Analisis Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium Biologi dan Pelaksanaan Praktikum di SMA Se-Kecamatan Rantau Selatan

Nuratika Ranza, Rahmi Nazliah, Rosmidah Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kelengkapan Sarana Dan Parasarana laboratorium biologi se-kecamatan Rantau selatan dan pelaksaan pratikum biologi. Metode yang digunakan dalam penelitihan ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel pada penelitihan ini adalah sekolah SMA 1, SMA 2 dan SMA 3. Pengambilan data mengunakan kuesioner, lembar observasi, dan lembar wawancara. Data yang didapat kemudian dianalisa dan dideskripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan masing-masing sekolah memiliki presentase kelengkapan sebesar 89%, 81%, 79%, 100%, 79%, 60%. Berdasarkan hasil penelitihan, dapat disimpulkan bahwa kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium biologi di Tiga SMA Se-kecamatan Rantau Selatan memiliki kriteria sangat baik dengan rata-rata presentase sebesar 81%.  Pelaksaan kegiatan pratikum Biologi di tiga sekolah SMA Se-kecamatan Rantau Selatan yaitu diperoleh skor rata-rata 93% untuk siswa yang berada di kategori sangat bagus. Sedangkan nilai Pelaksaan kegiatan pratikum untuk guru memiliki skor  80% yang berada di kategori sangat baik. 


Keywords


Standarisasi Sarana dan Prasarana, Laboratorium, Pratikum Biologi

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, Agus, Desy Fajar Priyayi, dan Lusiawati Dewi. “Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Swasta Salatiga.” BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi) 9, no. 1 (2018): 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377.

Dewi, Indah Sari. “Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya” 2 (t.t.): 1–2.

Gusti Lanang Wiratma, I. “Pengelolaan Laboratorium Kimia pada SMA Negeri di Kota Singaraja: (Acuan Pengembangan Model Panduan Pengelolaan Laboratorium Kimia Berbasis Kearifan Lokal Tri Sakti).” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 3, no. 2 (2015): 425–36. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i2.4459.

Hamid, A A. “Sistem Manajemen Laboratorium MIPA.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

Mastika, Nyoman, I B Putu Adnyana, dan I Gusti N Agung Setiawan. “Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi Dalam Proses Pembelajaran Di Sma Negeri Kota Denpasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 4, no. 1 (2014): 1–10.

Rahmiyati, Sri. “Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium Di Madrasah Aliyah Yogyakarta.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 11, no. 1 (2013): 88–100. https://doi.org/10.21831/pep.v11i1.1420.

Siswasih. “No Titleывмывмыв.” Ятыатат вы12у, no. 235 (2007): 245.

Sobiroh, Arabian. “Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa se-Kabupaten Banjarnegara.” Skripsi, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nuratika Ranza, Rahmi Nazliah, Rosmidah Hasibuan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.