Analisis Faktor Konfirmatori yang Mempengaruhi Kepuasan Jemaah Haji Provinsi Kalimantan Selatan pada Proses Pemberangkatan Musim Haji Tahun 1445 H/2024 M

Erfan Maulana, Sulastini Sulastini, Basuki Basuki, Mahmud Yusuf

Abstract


Jumlah Jemaah haji Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, dengan berbagai kendala pada saat proses pemberangkatan yang dilaporkan di beberapa wilayah sehingga menyebabkan adanya ketidakpuasan jemaah. Kepuasan jemaah haji pada proses pemberangkatan dapat menjadi salah satu masukkan untuk evaluasi kinerja pelayanan yang dilaksanakan pemerintah. Kepuasaan Jemaah haji dapat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya pelayanan penyelenggaraan haji, fasilitas dan infrastruktur, keamanan dan kenyamanan, informasi dan komunikasi, serta bimbingan dan pembinaan. Sehingga penelitian ini akan menganalisis faktor konfirmatori kepuasan Jemaah Haji Kalimantan Selatan pada proses pemberangkatan musim haji tahun 1445 H/2024 M. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan instrumen kuesioner menggunakan teknik pengisian kuesioner menggunakan google form. Penelitian dilakukan pada 13 Kabupaten/Kota dengan Populasi dalam penelitian ini seluruh jemaah haji di Provinsi Kalimantan Selatan. Sampel diambil sebanyak 365 responden dengan metode Proportional random sampling. Analisis menggunakan analisis faktor konfirmatori (Confirmatory Factor Analysis atau CFA). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan jemaah haji Provinsi Kalimantan Selatan pada proses pemberangkatan yaitu Pelayanan penyelenggaraan haji, sikap petugas, pelayanan kesehatan haji, pelayanan administrasi, Fasilitas dan infrastruktur, Keamanan dan kenyamanan, Informasi dan komunikasi, bimbingan dan pembinaan. Terdapat 3 indikator yang terbentuk dalam proses pengujian yaitu Sikap petugas, Pelayanan Kesehatan haji dan Pelayanan Administrasi. Tingkat Kepuasan Jemaah haji Provinsi Kalimantan Selatan pada proses pemberangkatan musim haji tahun 1445H/2024M berada pada tingkat puas sebesar 78,238%.


Keywords


Kepuasan Jemaah, Faktor Konfirmatori, Proses pemberangkatan haji.

Full Text:

PDF

References


Abdul Malik, Mat Jalil, Upia Rosmalinda. “Kepuasan Calon Jemaah Haji Terhadap Manajemen Pelayanan Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Alfalah Saadah Kota Gajah” 1, no. 1 (2021): 28–38.

Abdul Subhan, Achmad Firdaus Firdaus, dan Mukhamad Najib. “The Influence of Islamic Service Quality and Trust on Customer Satisfaction and Intention in Reusing The Services in The Implementation of Umrah and Special Hajj Pilgrimage.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 10, no. 3 (2023): 275–89. https://doi.org/10.20473/vol10iss20233pp275-289.

Abidin, M. Zainul. “Analisis Investasi Dana Haji Dalam Pembiayaan Infrastruktur Dan Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Ibadah Haji.” Harmoni 15, no. 2 (2016): 152–64.

Abidin, Zaenal, Achmad Rosidi, Agus Mulyono, Anik Farida, Fakhruddin, Fauziah, Fakhruddin M, dkk. Survei Kepuasan Pelayanan Jemaah Haji Di Dalam Negeri Tahun 1439 H / 2018 M, 2018.

Akram, W. “A customer satisfaction model for Hajj services: A Maslow’s hierarchy of needs and equity theory perspective.” Journal of Islamic Marketing 12, no. 3 (2021): 437–55.

Al-Mashrafi, S., & Al-Riyami, S. “A customer satisfaction model in the context of Hajj services.” Journal of Islamic Marketing 11, no. 2 (2020): 237–56.

Al-Omari, A., Al-Swaitti, Y., & Al-Othman, A. “Developing a Hajj-SERVQUAL model to assess pilgrims’ satisfaction.” Journal of Islamic Marketing 7, no. 4 (2016): 486–505.

Ardiana, Meity, Annisya Dinda Paramitha, Farah Aisha Shabrina, dan Primasitha Maharany Harsoyo. “Risk Factors of Hospitalization and Mortality among Hajj Pilgrims in Indonesia.” Research Square, 2023, 1–10.

Arifin, Syamsul, Dian Mutiasari, dan Ravenalla Abdurrahman Al Hakim Sampurna Putra S. Peta Teori Ilmu Kesehatan Masyarakat. Banjarmasin: Mitra Wacana Media, 2020.

Candra, Almun Wakhida, dan Renny Oktafia. “Penerapan Manajemen Pelayanan Prima untuk Peningkatan Kepuasan Calon Jamaah Haji dan Umrah di PT Mabruro Sidoarjo.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 7, no. 1 (2021): 9. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1811.

Fathurrahman, Reza, Zaenal Abidin, dan Anisa Dwi Utami. “Public Service Satisfaction on Hajj-Related Services in Indonesia: Demographic Analysis.” Al-Muzara’Ah 9, no. 1 (2021): 99–107. https://doi.org/10.29244/jam.9.1.99-107.

Gaddoury, Mahmoud A., dan Haroutune K. Armenian. “Epidemiology of Hajj pilgrimage mortality: Analysis for potential intervention.” Journal of Infection and Public Health 17 (2024): 49–61. https://doi.org/10.1016/j.jiph.2023.05.021.

Gudono. Analisis Data Multivariat. Yogyakarta: BPFE, 2011.

Haase, Knut, Habib Zain Al Abideen, Salim Al-Bosta, Mathias Kasper, Matthes Koch, Sven Müller, dan Dirk Helbing. “Improving pilgrim safety during the Hajj: An analytical and operational research approach.” Interfaces 46, no. 1 (2016): 74–90. https://doi.org/10.1287/inte.2015.0833.

Hapsoh, Ai Siti. “Manajemen Pelayanan Pada KBIH Salman ITB Dalam Meningkatkan Kualitas Calon Jamaah.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 5, no. 2 (2020): 87–104. https://doi.org/10.15575/tadbir.v5i2.2097.

Harahap, Abd. Rahman. “Pandangan Masyarakat terhadap Peran dan Fungsi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dalam Pembinaan Calon Jamaah Haji di Kota Medan.” Tesis, 2009.

Hasan, Santika R, Sindri Potalangi, Affan Naufal Afdali, dan Andi Mardiana. “Januari 2024 e-ISSN : 2988-2230.” Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah 2, no. 1 (2024): 361–80.

Hassan, Thowayeb H., Ahmed Hassan Abdou, Mostafa A. Abdelmoaty, Mohamed Nor-El-Deen, dan Amany E. Salem. “the Impact of Religious Tourists’ Satisfaction With Hajj Services on Their Experience At the Sacred Places in Saudi Arabia.” Geojournal of Tourism and Geosites 44, no. 4 (2022): 1013–21. https://doi.org/10.30892/gtg.43321-915.

Ilham, Fikri, dan Zulhelmi. “Manajemen Pelayanan Prima : Meningkatkan Kepuasan Jemaah Haji dan Umrah (Studi Kasus Multazam Utama Tour).” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 2, no. 6 (2024): 588–602.

Jauhari, Ikhlas, Nurul Umi Ati, dan Retno Wulan Sekarsari. “Evaluasi Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu di Kementerian Agama Kabupaten Malang.” Jurnal Respon Publik 18, no. 2 (2024): 8–17.

Khuzaini, Mohammad Zainul, dan Zakky Zamrudi. “Organizational Citizenship and Employee Performance: The Role of Spirituality.” Pakistan Administrative Review 3, no. 1 (2019): 16–26.

Kusnali, Asep, Rustika Rustika, Herti Windya Puspasari, Primasari Syam, Ratih Oemiyati, Dede Anwar Musadad, dan Ristrini Ristrini. “Tingkat Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Jemaah Haji terkait Istithaah Kesehatan di Indonesia.” Buletin Penelitian Sistem Kesehatan 22, no. 4 (2020): 245–54. https://doi.org/10.22435/hsr.v22i4.2244.

Mayasari, Noni, Rosmila Tuharea, dan Yusnita. “Kualitas Pelayanan Ibdah Haji di Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Barat.” Jurnal Serambi Sehat 3, no. 1 (2021): 33–40.

Nisa, Rizki Khairun. “Urgensi Sosialisasi Pendaftaran Ibadah Haji Diusia Muda Sebagai Upaya Pemerintah Menghadapi Waiting List Haji Di Indonesia.” Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah 5, no. 1 (2020): 75–86. https://doi.org/10.15575/tadbir.v5i1.1953.

Noor, Muhammad. “Haji dan Umrah.” Jurnal Humaniora Teknologi 4, no. 1 (2018): 38–42. https://doi.org/10.34128/jht.v4i1.42.

Perawati, Rini. “Respon Jamaah Haji Wilayah Jakarta Utara Terhadap Pelayanan Kesehatan TKHI (Tim Kesehatan Haji Indonesia) Pada Tahun 2014.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016.

Sarwat, Ahmad. “Haji Rukun Islam Kelima.” Ibadah Haji Rukun Islam Kelima 1, no. 2 (2019): 16–66.

Surya Prayogi, Habieb. “Strategi Komunikasi Interpersonal Frontliner Dalam Melayani Calon Jemaah Haji Di Kantor Kementerian Agama Kota Madiun.” JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 23, no. 2 (2022): 8–13. https://doi.org/10.33319/sos.v23i2.116.

Umrah, Rahim Mas.P. Sanjata, dan Muh. Wajedi Ma’ruf. “Manajemen dan Pendidikan Manajemen Pelayanan Kantor Kementerian Agama Dalam.” Referensi 1, no. Desember (2023): 1–9.

Wan Puteh, Dr. Sharifah Ezat, Abdulaziz Abdullah Al Salem, Najibah Ali Radwan, dan Siti Dahliah Ahmad Zannah. “The Causes of Malaysian and Indonesian Pilgrims’ Hospitalization during the Hajj Season 1440 (2019) in Mena and Arafat Hospitals.” Saudi Journal of Biomedical Research 5, no. 6 (2020): 98–111. https://doi.org/10.36348/sjbr.2020.v05i06.003.

Wijaya, Dhani, Asyifa Nira Sardinella, Sadli Syarifuddin, dan Ria Ramadhani. “Satisfaction of Prospective Hajj Pilgrims with Pharmaceutical Services at the Outpatient Unit of Dinoyo Public Health Centers,” 2022, 1–10.

Wildayati, Resti. “Optimalisasi Pelayanan Haji dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 17, no. 2 (2019): 165–82. https://doi.org/10.15575/anida.v17i2.5061.

Zainul, Mohammad. “The Effect of Organizational Culture and Working Environment on Employee Performance : Study on The Example of Printing Company.” Russian Journal of Agricultural and Socio-economic Sciences 12, no. 72 (2017): 81–85.

Zakiyyatunnisa, Nida Nadia. “Evaluasi Pelaksanaan SOP Pembatalan Haji dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jemaah Haji pada Kementerian Agama Kabupaten Ciamis.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Erfan Maulana, Sulastini Sulastini, Basuki Basuki, Mahmud Yusuf

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.