Pengembangan Kurikulum Pendidikan Teknologi Vokasi Berbasis Kewirausahaan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 di Bidang Teknologi Manufaktur

Ulfi Latifah, Asmar Yulastri, Yuliana Yuliana, Yudha Aditya Fiandra

Abstract


Revolusi Industri 4.0 membawa transformasi signifikan dalam sektor manufaktur, dengan adopsi teknologi canggih seperti Internet of Things, analisis big data, kecerdasan buatan, dan otomasi proses produksi. Untuk menghadapi tantangan ini, lulusan pendidikan teknologi vokasi perlu dibekali tidak hanya keterampilan teknis, tetapi juga keterampilan kewirausahaan seperti kreativitas, inovasi, pengambilan risiko, dan identifikasi peluang bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan teknologi vokasi berbasis kewirausahaan yang selaras dengan tuntutan Revolusi Industri 4.0 di bidang teknologi manufaktur. Melalui studi literatur yang komprehensif, penelitian ini mengeksplorasi konsep kewirausahaan, dampak Revolusi Industri 4.0 pada sektor manufaktur, dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan perlunya integrasi keterampilan kewirausahaan, keterampilan teknis manufaktur, serta keterampilan terkait Industri 4.0 seperti pemrograman, analisis data, pemikiran kritis, dan kolaborasi dalam kurikulum. Implementasi kurikulum ini membutuhkan kolaborasi erat antara institusi pendidikan dan industri, serta evaluasi berkala untuk memastikan relevansinya dengan perkembangan terkini.


Keywords


pendidikan teknologi vokasi, kewirausahaan, Revolusi Industri 4.0, teknologi manufaktur, pengembangan kurikulum.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. Entrepreneurship Education in Technical Vocational Education and Training (TVET) and Models of Implementation, t.t.

Ajike, E, G Nnorom, A Babatunde, V Babatope, dan J Kwarbai. “Entrepreneurship Education and Entrepreneurial Intentions: the Role of Theory of Planned Behaviour.” International Journal of Advanced Research in Social Engineering and Development Strategies 3 (2015): 118–35.

Aloulou, W. J, R Cherif, dan A Gdoura. Entrepreneurship education and training in Tunisia: an early overview -actors, contents and outcomes, 2003.

Benesova, A, dan J Tupa. “Requirements for Education and Qualification of People in Industry 4.0.” Procedia Manufacturing 11 (2017): 2195–2202. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2017.07.366.

Haruna, U. B., S Garba, Y Babayo, dan A Muhammed. “Impact of Entrepreneurship, Vocational and Technical Education on NCE Graduating Students to be Self-employed in Some Selected COE in the North East, Nigeria” 11 (2019): 44–54. https://doi.org/10.7176/EJBM/11-30-06.

Iliani, A. I., D Nurhadi, S Zahro, dan S. J Ching. “Entrepreneurship Development Based on Teaching Factory in Fashion Design Skill Program at Vocational High School.” Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya 45, no. 2 (2022): 168–73. https://doi.org/10.17977/um031v45i22022p168-173.

Kemendikbud. “Struktur kurikulum sekolah menengah kejuruan (SMK)/ madrasah aliyah kejuruan (MAK).” Kemendikbud, 2018. http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/3824/struktur-kurikulum-smk-perdirjen-dikdasmen-no-07dd5kk2018-tanggal-7-juni-2018.

Lasi, H, P Fettke, H. G Kemper, T Feld, dan M Hoffmann. “Industry 4.0.” Business & Information Systems Engineering 6 (2014): 239–42. https://doi.org/10.1007/s12599-014-0334-4.

Lestari, F. A., R Febrian, dan M. I Zaini. “Strategi Penyelarasan Kurikulum Pembelajaran dengan Dunia Industri di Konsentrasi Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Pandeglang Tahun Ajaran 2023 / 2024” 1, no. 4 (2024).

Nur, A. M., N. Nasrah, dan A. Amal. “Blended Learning: Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi PGSD.” Jurnal Basicedu 6 (2022): 1263–76. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2189.

Paramitasari, Fanny, dan Muhyadi. “Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN 1 Bantul.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran 5 (2016): 238–48.

Risdianto, E, dan M Cs. Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0., 2019.

Subhaktiyasa, P. G. “Entrepreneurship Opportunities in Education during Industrial Revolution 4.0.” PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik 10, no. 3 (2023): 793–800.

Sung, T. K. “Industry 4.0: A Korea perspective.” Technological Forecasting and Social Change, 2017, 132. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2017.11.005.

Sunyoto, S, dan A Setiyawan. “Entrepreneurship Education in Vocational Schools in Indonesia,” t.t. https://doi.org/10.5772/intechopen.94046.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v18i6.4159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ulfi Latifah, Asmar Yulastri, Yuliana Yuliana, Yudha Aditya Fiandra

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.