KODE ETIK GURU DALAM PENGAPLIKASIAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE PAI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Windarto Windarto

Abstract


Kode etik merupakan pedoman perilaku bagi guru Indonesia, berupa aturan-aturan yang menata hubungan antara; guru dengan lembaga pendidikan, guru dengan guru, guru dengan peserta didik, dan guru dengan lingkungan. Kode etik guru bertujuan menjaga etika dan meningkatkan martabat guru, menjadikan guru handal dalam mengembangkan beragam potensi peserta didik, serta menjunjung tinggi martabat profesi. Penelitian ini berfokus pada kode etik guru dalam ranah profesionalitasnya yang berkewajiban mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen dan keputusan kongres PGRI pasal 2, konkritnya berupa pengaplikasian media pembelajaran berbasis teknologi dan komunikasi di ranah PAI di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research. Sistem pengumpulan data dengan cara mengakomodasi, membaca, mencatat serta mengolah berbagai literatur bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengukur kode etik guru dalam mengaplikasikan media pembelajaran online PAI di era revolusi industri 4.0 bisa diindikasikan pada; (1) kompetensi pendidik; (2) prinsip pemilihan dan penggunaan media; (3) pembelajaran PAI di era revolusi industri 4.0.

Keywords


Kode Etik Guru , Media Pembelajaran (online), PAI, Revolusi Industri

Full Text:

PDF

References


Astuti Dwiningrum, Siti Irene. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis dan Empirik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Irodah, Putri Ayu, Habibatul Khoiriyah, Zahroil Batul, and Dwi Setyawan. “Revolusi Industri 4.0: Tranformasi Media belajar e-learning menggunakan framework.” Irodah et al / Seminar Nasional V 2019 (2019): 10.

Marsudi, Almatius Setya, and Yunus Widjaja. “Industri 4.0 Dan Dampaknya Terhadap Financial Technology Serta Kesiapan Tenaga Kerja Di Indonesia.” Ikraith Ekonomika 2, no. 2 (July 2019): 10.

Maryanto. “Implementasi Kode Etik Guru Indonesia Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PPKN Sma Di Kota Semarang.” Laporan Penelitian. Semarang: Universitas PGRI Semarang, January 2019.

Pardede, Timbul. “Pemanfaatan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh,” n.d.

Priatmoko, Sigit. “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0” Vol.1 No. 2, no. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam (July 2018): 19.

Sahertian, Piet A. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia,. Jakarta: Reneka Cipta, 2000.

Sakti, Bayu Purbha, and Universitas Widya Dharma. “Etika Dan Profesi Guru SD Di Tengah Perkembangan Zaman,” n.d., 9.

Setyaningsih, Rila, Abdullah Abdullah, Edy Prihantoro, and Hustinawaty Hustinawaty. “Penanaman etika komunikasi digital di pesantren melalui pemanfaatan e-learning.” Jurnal Kajian Komunikasi 8, no. 1 (June 22, 2020): 128. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.24538.

Shalikhah, Norma Dewi. “Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif.” Cakrawala: Jurnal Studi Islam 11, no. 1 (June 27, 2016): 101–15. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v11i1.105.

Soenaryo, Siti Fatimah. “Pembekalan Kemampuan Dasar Mengajar Bagi Calon Dosen Kontrak.” Universitas. Muhammadiyah Malang, 2001.

Surani, Dewi. “Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Vol. 2 No. 1 (2019): 14.

“Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen,” n.d.

Wandi, Zherly Nadia, and Nurhafizah Nurhafizah. “Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini.” Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (June 27, 2019). https://doi.org/10.29313/ga.v3i1.4829.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v15i1.420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indeksasi

          

_________________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact us: ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com