Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Jataka melalui Penerapan Metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, Composition)

Sujiono Sujiono, Ratna Setyaningsih, Sugik Harto, Ayuning Wulan

Abstract


Tujuan penelitian yaitu; (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman cerita jataka melalui penerapan metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, Composition); (2) penerapan metode CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, Composition) dalam pembelajaran pendidikan agama Buddha pada meteri jataka. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Tempat pelaksanaan penelitian yaitu di Homeschooling Kusalamitra, Gunung Kidul. Penelitian ini berfokus pada peningkatan keterampilan membaca pemahaman cerita jataka siswa kelas X pada pembelajaran agama Buddha. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara, dokumen, serta tugas atau tes. Data yang sudah terkumpul lalu divalidasi dengan teknik triangulasi data dan review instrumen kunci untuk selanjutnya dianalisis, direduksi, dan disimpulkan. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan metode CIRC mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X Homeschooling Kusalamitra pada pembelajaran agama Buddha dalam materi Jataka. Rata-rata nilai keterampilan membaca pemahaman siswa pada saat pra tindakan yaitu 57,63. Pelaksanaan siklus 1 nilai-nilai rata meningkat menjadi 71. Hasil pelaksanaan siklus 2 meningkat menjadi 78,25. Penerapan metode CIRC mengkondisikan siswa aktif membaca, menemukan ide pokok dari cerita jataka, dan terlibat diskusi kelas.


Keywords


Penerapan Metode CIRC, Keterampilan Membaca Pemahaman, Cerita Jataka

Full Text:

PDF

References


Adeline, Januaryca, dan Agus Santoso. “Penerapan Metode Teaching Proficiency Through Reading and Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas IV di SPH Lippo Cikarang.” Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar VI, no. 2 (2022): 114–30. https://doi.org/10.36456/inventa.6.2.a5938.

Aqib, Z., dan A. Amrullah. PTK: Penelitian Tindakan Kelas Teori & Aplikasi. Yogyakarta: ANDI, 2018.

Arora, Anshika, Pinaki Chakraborty, dan M. P. S. Bhatia. “Problematic Use of Digital Technologies and Its Impact on Mental Health During COVID-19 Pandemic: Assessment Using Machine Learning.” Dalam Studies in Systems, Decision and Control, 348:197–221, 2021. https://doi.org/10.1007/978-3-030-67716-9_13.

Azhari, Sofia Nur, Isah Cahyani, dan Putri Kirana. “Application Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) to Improve Reading Comprehension Skills of Class V Elementary School Student.” International Journal of Science and Applied Science: Conference Series 3, no. 1 (2019): 150–62. https://doi.org/doi: 10.20961/ijsascs.v3i1.32452.

Febriyanto, B. “Penerapan Model Cooperative Integrated Reading & Composition dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman.” Jurnal Cakrawala Pendas 2, no. 2 (2016): 42–57.

Hidayati, H., dan R. Rusnilawati. “Model Cooperative Integrated Reading & Composition (CIRC) Berbantuan Video Animasi: Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Materi Teks Narasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Fikrotuna: Jurnal Pendidikan & Manajemen Islam 13, no. 1 (2024): 433–48. https://doi.org/10.32806/jf.v13i01.7894.

Hung, L T. “How does online formative feedback impact student’s motivation and self-directed learning skills during the COVID-19 pandemic?” Journal of Educational and Social Research 11, no. 5 (2021): 11–20. https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0101.

Irma Sari, E., C. Wiarsih, dan D. Bramasta. “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Siswa di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio 7, no. 1 (2021): 74–82. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.847.

Nurhidayah, Intan, Effy Mulyasari, dan Babang Robandi. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 4 (2017): 42–51.

Qodir, Abdul. Penilaian Pendididkan Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Disunting oleh Ngalimun. Yogyakarta: Parama Ilmu Yogyakarta, 2021.

Rahmi, Yulia, dan Ilham Marnola. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (Circ).” Jurnal Basicedu 4, no. 3 (2020): 662–72. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406.

Rowindasari, A, R Suhita, dan B Setiawan. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Bima Bungkus Melalui Strategi PQ4R dengan Media Power Point Pada Siswa SMA.” Jurnal Sabdasastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa 3, no. 1 (2022): 15–30. https://doi.org/10.20961/sabpbj.v3i1.48384.

Sari, Y., R. Syahrul, dan Y. Rasyid. “Hubungan Antara Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Padang.” Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia 7, no. 3 (2018): 446–53.

Sofiana, F., dan S. Suhirman. “Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading & Composition) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 20 Kota Bengkulu.” Journal of Elementary School, 2024. https://doi.org/10.31539/joes.v7i1.9090.

Sudiarni, Ni Kadek, dan Made Sumantri. “Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbantuan Penilaian Portofolio Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 2, no. 1 (2019): 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i1.18087.

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008.

Yastuti, T. “Peningkatan Keterampilan Membaca Intensif dengan Metode PQRST pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Semarang.” Media Penelitian Pendidikan 6, no. 2 (2012): 120–35.

Zaenuddin, N.H., S. Asriati, dan H. Hafid. “The Use of Cooperative Integrated Reading & Composition (CIRC) Learning Model on The Students’ Reading Comprehension in Learning English.” English Language Teaching Methodology 4, no. 1 (2024): 65–61. https://doi.org/10.56983/eltm.v4i1.154.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sujiono Sujiono, Ratna Setyaningsih, Sugik Harto, Ayuning Wulan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303