Optimalisasi Kemampuan Kognitif Santri Prespektif Teori Sibernetik: Studi pada Pesantren Al Ibrohimy Bangkalan

Nurmala Nurmala, Edo Ardo Arta Diansah, Muh Syahril Sidik Ibrahim, Siti Aisyah, Wahyu Agung Prasongko

Abstract


Pendidikan di pesantren perlu beradaptasi dengan era digital, terutama dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa, seperti pemrosesan informasi dan berpikir kritis. Teori sibernetik, yang menekankan pemrosesan informasi dan umpan balik kontinu, menawarkan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi teori sibernetik di Pesantren Al Ibrohimy Galis Bangkalan dan dampaknya terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori sibernetik meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan kognitif mereka, terutama dalam hal pemrosesan informasi dan analisis. Namun, tantangan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi dan resistensi terhadap perubahan metode pengajaran tradisional masih ada. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menawarkan wawasan tentang adaptasi teori sibernetik dalam konteks pesantren dan rekomendasi strategis untuk mengatasi hambatan yang ada, sehingga dapat membantu pesantren dalam meningkatkan kualitas pendidikan mereka di era digital.

Keywords


Teori Sibernetik; Pengembangan Kognitif; Pendidikan Islam; Pesantren

Full Text:

PDF

References


Afriza, Dewa Erka. “Penerapan Pendidikan Tanpa Kekerasan dalam Mewujudkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Assalam Putra Sukabumi.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2024. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/80519.

Alam, A., dan M. Ahmad. “Challenges in implementing educational technology: A systematic review.” Journal of Educational Technology 17, no. 3 (2020): 123–37.

Anderson, L. W., dan D. R. Krathwohl. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, 2019.

Anderson, T. The Theory and Practice of Online Learning. Athabasca University Press, 2020.

Creswell, John W., dan C. N. Poth. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications, 2018.

Jenkins, R., dan B. Williamson. The Impact of Digital Technologies on Education: Insights from Research and Practice. Routledge, 2020.

Mayer, R. E. Multimedia Learning. Cambridge University Press, 2021.

Ormrod, J. E. Human Learning. Pearson, 2020.

Pathollah, Akhmad Ghasi. “PKM Pondok Pesantren Berbasis Modern Dalam Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Tpack (Technological Pedagogical Content Knowledge) Di PP. Zainul Bahar.” Sinar: Sinergi Pengabdian Dan Inovasi Untuk Masyarakat 1, no. 01 (30 Oktober 2024): 30–38.

Prasongko, Wahyu Agung, Siti Aisyah, Muhamad Arif Roziqin, dan Riska Furi Andriani. “Evaluasi Komunikasi Publik Dalam Dakwah (Analisis Konten Dakwah Gus Iqdam Di Media Sosial Youtube Short Dan Tik Tok Edisi April 2024).” J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam 5, no. 1 (22 Juni 2024): 69–88. https://doi.org/10.53429/j-kis.v5i1.963.

Roziqin, Muhamad Arif, Wahyu Agung Prasongko, dan Siti Aisyah. “Pendidikan Kader Ulama (PKU) di IAIN Palangka Raya: Menyongsong Generasi Ulama Indonesia.” Edu-Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan 8, no. 2 (1 Juni 2024): 149–67. https://doi.org/10.47006/er.v8i2.20054.

Salmon, G. E-tivities: The Key to Active Online Learning. Routledge, 2019.

Selwyn, N. Education and Technology: Key Issues and Debates. Bloomsbury Academic, 2021.

Sharples, M., A. Adams, dan R. Ferguson. The Impact of Technology on Education: A Research-Based Perspective. Routledge, 2019.

Siemens, G. Connectivism: A Learning Theory for the Digital Age. Elearnspace, 2020.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif). 3 ed. Bandung: Alfabet, 2023.

Sweller, J., P. Ayres, dan S. Kalyuga. Cognitive Load Theory. Springer, 2011.

Wiener, N. Cybernetics: Or Control and Communication in the Animal and the Machine. MIT Press, 1948.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurmala Nurmala, Edo Ardo Arta Diansah, Muh Syahril Sidik Ibrahim, Siti Aisyah, Wahyu Agung Prasongko

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303