PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHASISWA PAI BERBASIS WHATSHAAP
Muhammad Jamil Hadi
Abstract
Pembelajaran dapat berjalan efektif jika unsur-unsur pembelajaran dapat terpenuhi dalam proses pembelajaran. Factor pendukung keberhasilan itu juga tidak lepas dari penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan memenuhi kebutuhan pendidik dan peserta didik. Oleh sebab itu untuk mempermudah kegiatan mengajar terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) seorang pendidik hendaknya mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. Aplikasi Whatshaap merupakan media komunikasi yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran interaktif oleh mahasiswa PAI. Dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis whatshaap, dosen dan mahasiswa dapat melakukan proses pembelajaran secara jarak jauh (Distance Learning). Methode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yaitu dengan cara mengembangkan suatu produk kemudian dikembangkan dengan menguji keefektifan produk tersebut. Kemudian model penelitian menggunakan model CTL yaitu, model pembelajaran berbasis problematic, memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh kegiatan pembelajaran, memberikan aktivitas kelompok, membuat aktivitas belajar mandiri, membuat aktivitas belajar bersama masyarakat (Prihantoro, 2015). Tahapan yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan aplikasi media pembelajaran adalah: 1.) menentukan konsep dan model pembelajaran, 2.) menentukan kompetensi dasar yang akan dicapai peserta didik, 3.) menentukan materi yang akan dimuat dalam media pembelajaran, 4.) menentukan evaluasi yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan media pembelajaran yang digunakan.
Keywords
Pengembangan, Media Pembelajaran, WhatShaap
References
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Media Groub
Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Radja Grafindo Persada.
Riyana, R. S. & C. 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatn dan Penilaiaan. Bandung: Wahana Pri.
Prihantoro, A. 2015. Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Fiqh di MTS Ma’arif Argopeni Ayah Kebumen. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Suhardin. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning dan Integrated Instructional Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Tentang Zakat. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16 (2), 124-137.
DOI:
http://dx.doi.org/10.35931/aq.v15i1.427
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.