Penguatan Sikap Spiritualitas Siswa melalui Budaya Religius di SMK Muhammadiyah 2 Malang

Nur Afriyani, Khozin Khozin, Mohammad Kamaludin

Abstract


Esensi spiritualitas dalam pendidikan Islam di era modern menjadi tanggung jawab berbagai pihak, hal tersebut bertujuan untuk menguatkan kualitas sumber daya manusia agar memiliki sikap spiritualitas yang kokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya religius dalam membentuk sikap spiritualitas siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuasi kualitatif. Untuk sumber data utama yaitu kepala sekolah, guru agama, siswa dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancana serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya religius dalam penguatan sikap spiritualitas siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang pelaksanaanya melalui kegiatan tadarus sebelum pembelajaran, salat duha dan salat zuhur berjamaah, salat Jumat berjamaah, kajian keputrian di hari Jumat dan BTQ menggunakan metode UMMI. Kelancaran kegiatan budaya religus ini bisa dilihat dari kinerja guru dan staf yang saling memberika spirit Islam yang kuat. Dengan mengoptimalisasi budaya religius yang beragam siswa mampu dan menjadi terbiasa melaksanakan segala kegiatan agama yang ada di sekolah, serta memberi pengaruh positif untuk dirinya sendiri dan lingkungan sekitar.


Keywords


Sikap Spiritualitas, Kegiatan Keagamaan, Budaya Religius

Full Text:

PDF

References


Ashoumi, H., Hidayatulloh, M. K. Y., Ashari, D. M., Kh, U., & Hasbullah, A. W. (n.d.). Character Building : Strategies to Build Student ’ s Moderate Attitudes in Madrasah Culture. 36–51. https://doi.org/10.19105/tjpi.v18i1.8360

Badrudin. (2019). The Management of Strengthening the Mosque-Based Religious Character Education. 13(2). https://doi.org/10.21580/nw.2019.13.2.4106

Basit, A. (2012). Habitual Action Dalam Kepemimpinan Spiritual. Encyclopedia of the Sciences of Learning, 7(1), 1410–1410. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6_2203

Darwis, A. (n.d.). Redefinisi Pendidikan Agama Islam.

Dermawan, O. (n.d.). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Ibadah Puasa. 8(2), 229–248.

Eva, F., Widihastuti, W., & Istiyono, E. (2022). Developing a Google Form-based Instrument for Measuring the Spiritual Attitude of the Students Class XI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(2), 233–248. https://doi.org/10.14421/jpai.2022.192-05

Habibah, A. (2021). Implementasi Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Perilaku Siswa di Madrasah Aliyah Ghozaliyah Jogoroto Jombang. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 33–38. https://doi.org/10.33650/edureligia.v5i2.2066

Ibdalsyah, Sa’diyah, M., Rosyadi, A. R., Angelina, P. R., & Naskiyah. (2023). Navigating the Digital Realm : The Impact of Social Media on Mental Health and Spiritual Intelligence in Islamic Educational Settings. 12(1), 97–109.

Jaelani, A. Q., & Ilham, L. (2019). Strategi Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 97–106. https://doi.org/10.24090/komunika.v13i1.2056

Junaedi, A., & Suhartini, T. (2022). Increasing Students’ Learning Motivation With Spiritual Guidance Program. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.33650/edureligia.v6i1.3601

Khobir, A. (2017). Pandangan Ibnu Hazm Al-Andalusi tentang Etika Religius dan Aktualisasinya dalam Pendidikan. 2(2), 252–272.

Kistoro, H. C. A., Ru’iya, S., Husna, D., & Burhan, N. M. (2022). Dynamics of the Implementation of Experience-Based Religious Learning in Indonesian and Malaysian Senior High Schools. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(2), 283–296. https://doi.org/10.14421/jpai.2022.192-08

Latip, A. E. (n.d.). Pembelajaran Berbasis Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. XXVIII(95), 40–58.

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124

Mahmudah, R., & Azizah, N. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual Dengan Kepribadian Santri Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto. Komunika, 10(1), 32.

Muhammad, N., Mujamil, S., Suryadi, R. A., & Cianjur, S. A. (n.d.). Upaya Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Religius dan Disiplin Pada Siswa Kelas VI B SDS Karakter Al-Adzkiya Cianjur. 727–740.

Muhimmah, I., & Dahlan, A. (1907). Neurosains dan Spiritualitas dalam Pendidikan Islam. 68–87. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.2880

Mujahidin, E. (n.d.). Pengembangan nilai-nilai spiritual berbasis pesantren kilat.

Munawaroh, N., Fadilah, E., Nasrullah, Y. M., & Usman, A. T. (2022). The Influence of Islamic Spiritual Extracurricular on the Morals of Students. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 99–109. https://doi.org/10.33650/edureligia.v6i1.3775

Novianti, S. (2023). Keterlibatan Siswi ( Student Engagement ) dalam Kegiatan Program Keputrian Korelasinya dengan Akhlak Siswi di SMA Negeri 5 Kota Bogor. 1083–1098. https://doi.org/10.30868/ei.v12i02.4164

Rahman, U., Galigo, S. B. A., & Anirah, A. (n.d.). Spritual Education Guidance at The Hasan Ma ’ shum Dhikr Assembly ‎ in Palu. 170–185. https://doi.org/10.19105/tjpi.v18i2.10303

Sa’adillah, R., Tobroni, Ishomuddin, & Khozin. (2019). Dampak Pendekatan Saintifik terhadap Sikap Spiritual Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMA di Sidoarjo. 7(2), 143–165.

Salamun, A., Hafidhuddin, D., & Syafrin, N. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’ an Maktab Terpadu Generasi Madani. 641–658. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.1846

Siswanto. (n.d.). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius.

Subaidi. (1907). Karakter Berbasis Budaya Islami di MTs . Tahfidz Yanbu ’ ul Qur ’ an Menawan Kudus. 189–200. https://doi.org/10.19105/tjpi.

Suhartini, A. (n.d.). The Internalization Of Islamic Values In Pesantren.

Surur, A. M., Septriani, E., & Trianawanita, A. Y. (2018). Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa Di Man Kediri 1 Kota Kediri Dengan Ekstrakurikuler Keagaman Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 42–51. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-03

Suyadi. (2012). Logoterapi, Sebuah Upaya Pengembangan Spiritualitas dan Makna Hidup Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. I.

Syafi’i, I., & Mardiyah, M. (2023). Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Keislaman, 6(1), 256–267. https://doi.org/10.54298/jk.v6i1.3715

Syarif. (1907). Spiritual Education Mission In The Mufassirin Perspective. 23–45. https://doi.org/10.19105/tjpi.

Wahib, A. (2021). Intellectual , Emotional and Spiritual Quotient dalam Bingkai Pendidikan Islam Integrasi Pendidikan Karakter Berbasis. November, 479–495. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i2.4758




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i1.4370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Afriyani, Khozin Khozin, Mohammad Kamaludin

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303