Preposisi Aroma dalam Membangun Branding Pariwisata Indonesia yang Berkelanjutan

Harry Dwi Nugraha, I Putu Utama, I Ketut Surata

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi potensi dan efektivitas komoditas aroma dalam membentuk identitas merek pariwisata Indonesia yang unik dan khas, serta merumuskan strategi pemasaran berbasis aroma untuk segmen pariwisata berkelanjutan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain deskriptif, penelitian ini mengkaji aroma sebagai elemen unggulan yang dapat menjadi kekuatan kompetitif dalam memperkuat brand identity.    Empat destinasi utama pariwisata yaitu: Bali, Yogyakarta, Solo, dan Jakarta dipilih dengan melibatkan narasumber dari kalangan pemerintah, pelaku bisnis, dan akademisi, yang dipilih melalui metode triangulasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, FGD, observasi langsung, serta kuesioner terstruktur.    Penelitian ini menggunakan teori Resource Based View (RBV) dan analisis Meta-SWOT. Untuk faktor internal (IFAS), penelitian mengacu pada kriteria VRIO (Valuable, Rare, Inimitable, Organization Support), sementara faktor eksternal (EFAS) dianalisis menggunakan pendekatan PESTLE (Political, Economic, Social, Technological, Legal, Environmental) yang diperkaya unsur Sejarah dan Budaya. Penentuan bobot indikator Meta-SWOT dilakukan dengan metode AHP (Analytical Hierarchy Process).    Hasilnya menunjukkan bahwa aroma memiliki potensi besar untuk menjadi keunggulan kompetitif Indonesia dalam menarik minat pasar pariwisata berkelanjutan, serta dapat berperan sebagai identitas merek yang kuat. Strategi pemasaran yang disarankan adalah strategi WO (Weakness-Opportunity), yang menekankan pentingnya memperbaiki kelemahan internal sebelum memanfaatkan peluang di pasar sustainable tourism. 

Keywords


Aroma, Identitas Merek, Keunggulan Kompetitif, Meta-SWOT, Pariwisata Berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. Building Strong Brands. New York: The Free Press, 1996.

Baloglu, Seyhmus, dan Ken W. McCleary. “A Model of Destination Image Formation.” Annals of Tourism Research 26, no. 4 (1999): 868–97.

Barney, Jay B. “Firm Resources and Sustained Competitive Advantage.” Journal of Management 17, no. 1 (1991): 19–120.

Bhaskar, Roy. A Realist Theory of Science. Leeds: Leeds Books, 1975.

Gartner, W.C. Tourism Development: Principles, Processes, and Policies. New York: Van Nostrand Reinhold, 1996.

Hacking, Ian. The Social Construction of What? Cambridge, MA: Harvard University Press, 1999.

Hanzaee, Kambiz H., dan Alireza Saeedi. “A Model of Destination Branding for Iranian Historical Cities.” Semantic Scholar, 2014.

Hirschberger, Peter. “The Power of Scent in Destination Branding: A Conceptual Framework and Research Agenda.” Journal of Tourism and Hospitality Research 14, no. 3 (2019).

Laudetta, Dianne. Sekretariat Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Jakarta: Kementerian Perindustrian, 2010.

Ma’mun. “Karakteristik Beberapa Minyak Atsiri Family Zingiberaceae dalam Perdagangan.” Buletin Balitro 17 (2006): 91–98.

Manen dan Max. Phenomenology of Practice: Meaning-Giving Methods in Phenomenological Research and Writing. New York: Routledge, 2016.

McIntosh, Robert. Tourism: Principles, Practices, Philosophies. Ohio: Grid Publishing Inc, 1995.

Murphy, Patrick, dan Dirk Machiels. “The Role of Scent in Sustainable Tourism Marketing: A Case Study of Bali, Indonesia.” Sustainable Tourism Journal 6, no. 2 (2022).

Turner, Jack. Book of Spice: The History of a Temptation. New York: Vintage Books, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Harry Dwi Nugraha, I Putu Utama, I Ketut Surata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License