Inovasi dan Optimalisasi BMT Muhammadiyah dalam Pengembangan Ekonomi Syariah yang Kompetitif di Kota Makassar

Mega Mustika, Abdillah S, Ridwan Malik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi produk syariah di Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Muhammadiyah Makassar dan dampaknya terhadap perkembangan ekonomi syariah lokal. BMT Muhammadiyah, sebagai lembaga keuangan mikro berbasis syariah, menghadapi tantangan persaingan dengan lembaga keuangan konvensional serta kebutuhan untuk terus mengembangkan produk-produk yang relevan bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui wawancara mendalam dengan pengelola BMT, observasi langsung, dan analisis data sekunder dari laporan keuangan dan dokumen internal BMT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk syariah yang dilakukan oleh BMT Muhammadiyah, seperti pembiayaan UMKM, tabungan berbasis akad mudharabah, dan investasi syariah, telah mampu meningkatkan daya saing lembaga ini dalam pasar keuangan syariah lokal. Namun, masih terdapat kebutuhan untuk memperluas program literasi keuangan syariah dan meningkatkan penggunaan teknologi digital dalam layanan BMT. Penelitian ini juga menemukan bahwa kolaborasi dengan sektor-sektor strategis, seperti UMKM, pendidikan, dan pariwisata halal, penting untuk memperluas jangkauan dan dampak ekonomi syariah di Kota Makassar. Temuan ini diharapkan dapat memberikan dasar bagi pengembangan kebijakan yang mendukung pertumbuhan ekonomi syariah serta meningkatkan kinerja dan daya saing BMT Muhammadiyah secara berkelanjutan.


Keywords


Inovasi Produk Syariah, BMT Muhammadiyah, Ekonomi Syariah, Keuangan Mikro, Literasi Keuangan, Teknologi Digital.

Full Text:

PDF

References


Afifi, Giyats Rif’at. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cirebon (PAS Mart.” Jurnal Promosi Program Studi Pendidikan Ekonomi 8, no. 1 (19 Juni 2020). https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2859.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Chrisnaya, Nico, Agus Rahman Alamasyah, dan Theresia Pradiani. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan pada Aka Coffee Malang.” JUBIS 4, no. 2 (2023).

Hanjaya, J.K., dan P.Y. Setiawan. “Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Penjualan dan Digital Marketing terhadap Loyalitas Konsumen Gojek di Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 11, no. 9 (2022). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i09.p03.

Kotler, P., dan K.L. Keller. Marketing Management. Pearson Prentice Hall, 2009.

Kristanto, Yunus. “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen, Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A Karsan Bandung.” Jurnal Ilmu Manajemen 19, no. 1 (2022).

Musfar. “Understanding Product Quality and Its Impact on Customer Loyalty.” Journal of Consumer Behavior 25, no. 3 (2021).

Putri, Yulia Larasati, dan Hardi Utomo. “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Among Makarti 10, no. 19 (2017).

Salsyabila, Shafira Ramadhanti, dan Arif Fadilla. “Pengaruh Promosi Penjualan dan E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan.” Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen 18, no. 4 (2021).

Santoso, Joko Bagio. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen.” Jurnal Akuntansi dan Manajemen 16, no. 1 (8 April 2019). https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271.

Shaharudin, M.R. “Impact of Service Quality on Customer Loyalty in the Banking Sector.” Journal of Business Management and Economics 2, no. 5 (2011).

Sofjan, A. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Tjiptono, F. Strategi Pemasaran. Andi Offset, 2016.

Yoebrilianti, Anggit. “Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderator (Survei Konsumen Pada Jejaring Sosial.” Jurnal Manajemen 8, no. 1 (4 Juli 2018). https://doi.org/10.30656/jm.v8i1.660.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4815

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mega Mustika, Abdillah S, Ridwan Malik

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

 

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303