Pengembangan Buku Cerita Bergambar Augmented Reality (AR) Berbasis Tradisi Nyiwak terhadap Kemampuan Literasi Level B Siswa Kelas 2 SD Negeri 2 Senyiur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan Media Buku Cerita Bergambar Augmented Reality (AR) Berbasis Tradisi Nyiwak Terahadap Kemampuan Literasi Level B siswa Kelas 2 SD Negeri 2 Senyiur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Pembeda dari buku cerita yang lain yaitu buku cerita tersebut menggunakan teknologi Augmented Reality dan menggunakan cerita budaya lokal tradisi Nyiwak di desa Senyiur. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar dengan jumlah 9 siswa sebagai pengguna. Instrumen pengembangan ini menggunakan lembar validasi ahli media ,ahli materi dan angket respon pengguna. Hasil penelitian yaitu dari validator ahli media mendapat skor 80% dengan kategori “Layak”. Sedangkan dari validator ahli materi mendapat skor 81% dengan kategori ”Sangat Layak”. Hasil angket respon siswa mendapat skor 97% dengan kategori “Sangat Layak” dari 9 siswa sebagai pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan dapat di simpulkan bahwa media Buku Cerita Bergambar Augmented Reality (AR) Berbasis Tradisi Nyiwak Terhadap Kemampuan Literasi Level B siswa Kelas 2 SD Negeri 2 Senyiur sangat layak digunakan dalam pembelajaran literasi di Sekolah Dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, F. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z.” Jurnal Pendidikan 5, no. 6 (2021).
Apriliani, S.W., dan E.H. Radia. “Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2020).
Arsyad, A. Media Pembelajaran. Edisi revisi. Jakarta: Rajawali Press, 2014.
Aslamiah, S.S., dan S. Hidayat. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Bacaan Buku Cerita Bergambar Situs Kerajaan Kendan Berbasis Karakter di Sekolah Dasar.” Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 4 (XXXX).
Dinata, M.A.K., dan I.G. Harsemadi. “Augmented Reality Buku Cerita Anak ‘Kemana Harimau Kecil Pergi’ Berbasis Android.” Jurnal Bahasa Rupa 6, no. 1 (2022).
Fadilah, Aisyah, Kiki Rizki Nurzakiyah, Nasywa Atha Kanya, Sulis Putri Hidayat, dan Usep Setiawan. “Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran.” Journal of Student Research 1, no. 2 (19 Januari 2023): 01–17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938.
Gunawan, dan A.A. Ritonga. Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0. Jakarta: Rajawali Press, 2019.
Hryanti, S. “Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan.” Jurnal Pendidikan 37, no. 1 (2012).
Indirayani, A.A.I.R., I.N. Sudiana, dan M.G.R. Kristiantari. “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berkearifan Lokal Tradisi Ngayah untuk Menstimulasi Tumbuh dan Berkembangnya Karakter Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bergotong Royong.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (2023).
Juhaeni, Safaruddin, R. Nurhayati, dan N. Tanzila. “Konsep Dasar Media Pembelajaran.” Journal of Islamic Education at Elementary School 1, no. 1 (2020).
Kristanto, A. Media Pembelajaran. Jawa Timur: Bintang Surabaya, 2016.
Maritasari, D.B., B.S. Hulfa, dan H. Rodiyah. “Penggunaan Media Flash Card Berbasis Kearifan Lokal terhadap Kemampuan Membaca Siswa dengan Hambatan Fungsional Belajar.” Journal on Education 6, no. 1 (2023).
Maritasari, D.B., H. Najah, dan D.S.P. Ibrahim. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi pada Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN 01 Kalijaga Tengah.” Journal of Social Science Research 3, no. 5 (2023).
Rahmagusti, M.P. Pengembangan Buku Cerita Anak Menggunakan Visualisasi Berbasis Teknologi Augmented Reality. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2017.
Wulan, T.P.U., dan T. Novy. “Pengembangan Dongeng Berbasis Augmented Reality sebagai Bahan Literasi dalam Masa Pandemi.” Jurnal Taman Cendekia 5, no. 2 (2021).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v19i2.4854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Donna Boedi Maritasari, Hilyatul Aulia, RR. Sri Setyawati Mulyaningsih
Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License