EFEKTIVITAS METODE UMMI TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA ALQURAN SISWA TPA DESA PUGAAN KECAMATAN PUGAAN

Ahmad Rifa'i, Muhammad Nasir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membandingkan keefektifan metode Ummi dan metode Iqra untuk meningkatkan motivasi belajar Al Qur‘an Siswa TPA di Kec. Pugaan, dan (2) mengukur tingkat perubahan motivasi belajar Al Qur‘an Siswa TPA di Kec. Pugaan yang menggunakan metode Ummi.

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan angket motivasi awal dan akhir. Sampel terdiri atas dua unit kelas yaitu kelas eksperimen yang merupakan kelompok siswa yang diberikan perlakuan menggunakan metode Ummi, dan kelas kontrol yaitu kelompok siswa yang diberikan metode Iqro‘. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, angket, dan wawancara. Analisis data dengan menggunakan analisis uji-t satu pihak (independent sample t-test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas peningkatan motivasi belajar membaca Alquran menunjukkan ada peningkatan signifikan antara penggunaan metode Ummi dibandingkan dengan metode konvensioanal. Pada hasil uji-t menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,004 < 0,05. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan metode Ummi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Alquran.

Keywords


Metode Ummi, Motivasi Belajar, Motivasi Belajar Membaca Alquran

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran, Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

ArikuntO, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Ash Shiddieqy, M. Hasbi. Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Semarang: Pustaka Riski Putra, 1997.

B. Uno, Hamzah. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Budiyanto, HM. Prinsip-prinsip Buku Iqro’. Yogyakarta: Team tadarus AMM, t.t.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.

Hasan, Iqbal. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Mufron, Ali. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Aura Pustaka, 2013.

Noer Aly, Hery. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.

Sadirman, A.M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo, 2011.

———. Interaksi dan Motivasi Belajar Siswa. Jakarta: Rajawali, 1986.

Siregar, Eveline, dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Galia Indonesia, 2014.

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cet. XV. Bandung: Alfabeta, 2013.

Thobrani, Muhammad, dan Arif Mustofa. Belajar dan Pembelajaran; Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Ummi Foundation. Modul Sertifikasi Guru Al-Qur’an Metode Ummi. Surabaya: Lembaga Ummi Foundation, 2011.

Yunus, Mahmud. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Cet. Ke-12. Jakarta: Hida Karya Agung, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v0i0.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.