Masjid Subulussalam Dalam Bingkai Pluralisme (Studi Analisis Fungsi Edukasi Masjid Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat di Samarinda)

Misbahul Khairani, Susanto Susanto

Abstract


Masjid menjadi salah satu pusat terpenting pengembangan Islam kultural yang menghasilkan banyak warisan (legacy) Islam Indonesia. Begitu pula perkembangan Islam dibumi Etam Kalimantan Timur yang mempunyai beragam suku, bahasa, adat dan budaya yang banyak mewariskan khazanah keislaman. Islam masuk di bumi Etam saat itu pada abad ke-16 yang diperkenalkan melalui ulama dari Sumatra yaitu Tuanku Tunggang Parangan dan berkembang pada abad ke-18 melalui kerajaan atau kesultanan Kutai Kartanegara yang termasuk kerajaan tertua di Indonesia. Masjid Subulussalam salah satu masjid yang yang berdiri di bumi Etam yang memiliki masyarakat majmuk multicultural. Penelitian ini menggunkan metode deskriptif kualitatif, Adapun upaya untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, Masjid Subulussalam merupakan contoh masjid publik yang menjadi contoh pusat pendidikan bagi masyarakat Kampung Subulussalam di Samarinda. Dengan prinsip masjid dibangun dari masyarakat, dikelola oleh masyarakat, dan fungsinya untuk masyrakat dimana ia dapat mengembangkan diri dan lingkungannya secara bersamaan. Adapun misi yang dijalankan adalah ta’awwun (tolong-menolong), tawazun (gotong royong), tawasuth (tidak memihak), tasyawur (musyawarah), dan adl (adil). Fungsi edukasi masjid subulussalam sebenarnya untuk pengembangan nilai-nilai humanis dan kesejahteraan Umum dan itu terbingkai dalam pluralisme. Kata Kunci: Masjid Subulussalam dan Pluralisme

Keywords


Masjid Subulussalam dan Pluralisme

Full Text:

PDF

References


Al-Abrasyi, Muhammad Athiyah. At-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Kairo: Isa al-Bab al-Halabi, 1975. Aceh, Abu Bakar. Sejarah Masjid dan Amal Ibadah di Dalamnya, Banjarmasin: CV Adil, 1995. Al-Makassary, Ridwan dan Ahmad Gaus AF. Benih-benih Islam Radikal di Masjid; Studi Kasus Jakarta dan Solo, Jakarta: Center for the Study of Religion and Culture, 2010. Al-Makassary, Ridwan dan Amelia Fauzia, Masjid dan Pembangunan Perdamaian, Jakarta: Center for Study of Religion and Culture, 2011. An-Nahlawi, Abdurrahman. Ushul At Tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha fil bait, Madrasah, wa al Mujtama’, Damaskus: Dar al Fikri, cet, ke-18, 2010. Brubacher, John S. Modern Philosophies of Education, Prientied Hall, Inc. New Jersey 1961. Berger, Peter L. dan Thomas Luckman, Langit Suci: Agama sebagai Realitas Sosial, Jakarta: LP3ES, 1994. --------, Tafsir Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan, Jakarta: LP3ES, 1990. Dewantara, Ki Hajar. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, sikap Merdeka, Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa,1977. Durkheim, Emile. The Division of Labour in Society, New York: The Free Press, 2001. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Tipologi Masjid, Jakarta: Departemen Agama, 2008. Gazalba, Sidi. Majelis Pusat Ibadah dan Kebudayaan Islam, Jakarta: Pustaka Alhusna, 1994. Geertz, Clifford. Religion as a Cultural System, in the Interpretation of Cultures, Florida: University Press of Florida, 1999. https://www.republika.co.id, diakses pada tanggal 2 desember 2019. James, William. The Varieties of Religious Experience, New York, London, Bombay, Calcutta, and Madras: Longmans, Green, And Co, 1917. Madjid, Nurcholish (et.al), Kehampaan Spiritual Masyarakat Modern, Jakarta: Mediacita, 2000. Rodger,Alex R. Educational and Faithin Open Socienty, Britain: The Handel , 1982 Sealy, John. Religious Education Philosophical Perspective, London: George Allen & Unwin, 1986.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.