Potret Aktivitas Belajar, Materi Pelajaran dan Sumber Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SMAN dan MAN di Bulukumba

Andi Muhammad Asbar

Abstract


Ruang publik sekolah kini menjadi meriah sejak kehadiran organisasi “Rohis” di lingkungan sekolah dan madrasah. Penulis menjumpai Islamisasi pada ruang publik sekolah, yang kegiatannya cukup aktif di madrasah. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tiga hal penting, yakni aktivitas belajar, materi pelajaran dan sumber belajar pendidikan Islam siswa SMAN dan MAN di Bulukumba. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu, penulis juga menggunakan reduksi data, setelah itu penyajian data kemudian penarikan kesimpulan sebagai teknik analisis data dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan; pertama; aktivitas belajar pendidikan Islam siswa di SMAN dan MAN berlangsung di dalam dan di luar sekolah. Aktivitas belajar siswa tidak hanya berfokus di sekolah semata, tetapi juga berlangsung di luar sekolah lewat kegiatan tarbiyah, ta’lim, dan halaqah. Aktivitas belajar keagamaan siswa diinspirasi oleh dakwah Islam di sekolah yang diinisiasi oleh “Rohis” sebagai bagian dari organisasi intra sekolah. Kehadiran HILMI (Himpunan Pelajar Muslim) Bulukumba, penulis lihat cukup berkontribusi dalam perkembangan dakwah Islam di sekolah sebagai mitra “Rohis”. Kedua, materi yang diminati oleh siswa, tidak terbatas pada pelajaran reguler di sekolah seperti PAI dan Budi Pekerti, Akidah Akhlak, Fikih, Al-Qur’an Hadis dan Sejarah Kebudayaan Islam. Siswa cukup intens menerima suguhan materi “hijrah”, dan meteri lainnya yang berkaitan dengan Pendidikan Islam. Ketiga, sumber belajar siswa kenyataannya tidak terbatas lagi pada guru/ustadz, literatur atau buku yang disediakan oleh sekolah. Namun, media sosial telah dimanfaatkan sebagai sumber belajar siswa tentang pendidikan Islam. Hal ini, dapat diidentifikasi melalui penggunaan youtube, facebook, instagram dan Whatsapp.


Keywords


Aktivitas Belajar, Materi Pelajaran, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Bamualim, Chalder S., Hilmar Latief dan Irfan Abubakar (Ed), Kaum Muda Muslim Milenial; Konservatisme, Hibridasi Identitas, dan Tantangan Radikalisme. Cet. I; Tangerang Selatan: CSRC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.

Hasan, Noorhaidi (ed), Literatur Keislaman Generasi Milenial: Transmisi, Apropsiasi dan Kontestasi. Cet. II; Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Press, 2018.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar, Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

https://hilmi.or.id/melalui-mabit-rohis-man-2-bulukumba-bentuk-generasi-pelanjut/ (Diakses pada tanggal 30 Maret 2019).

https://hilmi.or.id/allahu-akbar-ribuan-peserta-padati-tabligh-akbar-sekaligus-pengukuhan-pengurus-pd-hilmi-bulukumba/ (Diakses pada tanggal 30 Maret 2019).

Kailani, Najib. “Kepanikan Moral dan Dakwah Islam Populer (Membaca Fenomena “Rohis” di Indonesia” Analisis XI, no. 1 (2011): 1-16.

Karwono dan Heni Mularsih, Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers, 2017.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Rosdakarya, 2005.

Milles, Mattew B. and A. Michael Huberman, Qualitative Data Analysis: A Sourcebook Of New Methods. London: Sage Publication, 1984.

Mulyana, Rohmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.

Nasution, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito, 2003.

Permana, Ahmad Norma & Najib Kailani, Islam and the 2009 Indonesia Elections, Political and Cultural Issues: The Case of the Prosperous Justice Party (PKS). Bangkok: IRASEC, 2010.

Raihani, Pendidikan Islam dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Ramadhan, Randy & Henny Destiana, “Pengaruh Media Sosial Youtube terhadap Perkembangan Dakwah Islam dengan Metode Structural Equalition Modeling (SEM)”, Sinkron 1, no. 3 (2018): 60-66.

Rusman, Belajar dan Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Pranadamedia Group, 2017.

Suhadi, et al., Politik Pendidikan Agama: Kurikulum 2013 dan Ruang Publik Sekolah. Yogyakarta: Serial Laporan Kehidupan Beragama di Indonesia CRCS UGM, 2014.

Sudjarwo, Bebererapa Aspek Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT Mediyatama Sarana Perkasa, 1989.

Suryadi, Edi., M. Hidayat Ginanjar, M. Priyatna, “Penggunaan Sosial Media Whatsapp Dan Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor)” Edukasi Islam 7, no. 1 (2018): 1-21

Thoha, Chabib., Saifuddin Zuhri, Syamsuddin Yahya, Metodologi Pengajaran Agama. Cet. II; Yogyakarta: IAIN Walisongo kerjasama Pustaka Pelajar, 2004.

Widiantoro, Nogroho., Panduan Dakwah Sekolah, Kerja Besar untuk Perubahan Besar. Bandung: Syaamil Cipta Media, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v15i2.731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.