Kesadaran Santri Pondok Pesantren Al-Aqobah Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19

Arizki Dwi Prasetyo, Agus Machfud Fauzi

Abstract


Sejak pandemi covid-19 kegiatan masyarakat menjadi lumpuh, termasuk juga kegiatan pembelajaran di Pondok Pesantren Al-Aqobah Jombang. Sejak bulan agustus 2020 kegiatan pembelajaran berjalan kembali namun dengan menerapkan prosedur protokol kesehatan yang sesuai dengan arahan pemerintah. Penerapan protokol kesehatan tidak dapat berjalan tanpa adanya kesadaran dari masing-masing individu yang menjalankan kegiatan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana kesadaran santri saat menjalankan kegiatan pembelajaran pesantren di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif, dengan melakukan wawancara pada santri pondok pesantren al-aqobah yang menjalankan kegiatan pembelajaran di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan perspektif teori interaksi simbolik blumer. Hasil dari penelitian ini yaitu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di masa pandemi wajib menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum masuk. Jika ada santri yang tidak menggunakan masker pihak yayasan tidak mengizinkan untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, kesadaran para jamaah dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi terbentuk karena tiga faktor yaitu, pertama peraturan pihak pemerintah maupun pengurus pondok pesantren, kedua sosialisasi yang rutin diberikan, ketiga dorongan dari orang tua dan masyarakat sekitar. Selain menerapkan protokol kesehatan, santri juga memahami apa yang dimaksud dengan protokol kesehatan serta cara penerapan yang baik dan benar agar terhindar dari virus covid-19.


Keywords


Kesadaran, Protokol Kesehatan, Santri

Full Text:

PDF

References


Aulia, K. N. (2020). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Memperhatikan Prokes (Protokol Kesehatan) Dalam Beraktifitan di Era NeNo (New Normal) dengan Media PEPC (Poster Edukasi Pencegahan Covid-19) Melalui Media Wafagram (WA, Facebook, dan Instagram) di Kampung Padang Lab. Universitas Negeri Padang, 1–23.

Froming, W. J., & Carver, C. S. (1981). Divergent influences of private and public self-consciousness in a compliance paradigm. Journal of Research in Personality, 15(2), 159–171. https://doi.org/10.1016/0092-6566(81)90015-5

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146

Huang, Y. W., Lin, P. C., & Wang, J. (2018). The influence of bus and taxi drivers’ public self-consciousness and social anxiety on aberrant driving behaviors. Accident Analysis and Prevention, 117(May 2017), 145–153. https://doi.org/10.1016/j.aap.2018.04.014

Satria, A. B. A. (2020). PELAKSANAAN IBADAH SALAT BERJAMAAH DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN KALICACING KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN 2020. 9.

F. C. Farisa, “Presiden Jokowi: Saat Ini Semua Wajib Pakai Masker,” Kompas.com, 2021. https://nasional.kompas.com/read/2021/07/19/05312271/presiden-jokowi-saat-ini-semua-wajib-pakai-masker.

D. Z. R. Syah, D. Utari, and ..., “Edukasi penerapan protokol kesehatan penyelenggaraan kegiatan pada masa pandemi Covid 19 Di TPQ Masjid Awalulmu’Minin,” J. Pengabdi. …, vol. 2, no. 2, pp. 28–33, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jpmkh/article/view/408.

D. Ahmadi, “INTERAKSI SIMBOLIK: SUATU PENGANTAR,” Terakreditasi Dirjen Dikti SK No. 56/DIKTI/Kep/2005, vol. 9, no. 2, p. 302, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.