Peran Wali Kelas Dalam Pembinaan Disiplin Belajar di Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong

Syahrani Syahrani

Abstract


Pondok pesantren adalah Lembaga pendidikan bercirikan Islam yang sudah menjadi identitas pendidikan Islam di Indonesia. Keberadaannya tidak hanya menjadi pendidikan alternatif di samping Lembaga pendidikan negeri, akan tetapi sudah menjadi pilihan utama bagi orangtua untuk menjadi menitipkan anak-anaknya agar bisa belajar agama Islam dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran wali kelas di pondok pesantren Anwarul Hasaniyah dalam mendidik kedisiplinan santri di dalam dan luar kelas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian narrative research dan tekhnik pengumpulan data dengan observasi terlibat serta wawacara terstruktur.

Peran wali kelas dalam pembinaan disiplin belajar di Pondok Pesantren Anwarul Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran wali kelas di pondok pesantren Anwarul Hasaniyyah (Anwaha) Kabupaten Tabalong diwujudkan dengan pembuatan tata tertib kelas oleh wali kelas berdasarkan musyawarah dengan siswa pada kelas yang dibina, melakukan pengawasan oleh wali kelas secara langsung dan laporan dari siswa pada kelas yang dibina dan bekerjasama dengan asatidz dalam membina siswa.


Keywords


Wali Kelas, Disiplin Belajar, ANWAHA

Full Text:

PDF

References


Agustang, Andi. "Peran Wali Kelas Dalam Penyelesaian Konflik Antar Siswa Di Sma Negeri 1 Pinrang." Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan (2018): 12-16.

Bagus Herdananto, Menjadi Guru Bermoral Profesional, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2009

Danim, Sudarwan, Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahnya, Bandung: CV Penerbit J-Art, 2004

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam,Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI, Jakarta: Departemen Agama, 2006

Handayani, Eka Selvi, and Hani Subakti. "Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 5, no. 1 (2021): 151-164.

Laili, Suci, Bambang Budi Utomo, and Thomy Sastra Atmaja. "Penerapan Tata Tertib Sekolah Guna Membentuk Kepribadian Siswa Kelas X Ips Sman 5 Pontianak." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 10, no. 6. (2021): 1-8.

Liubana, Alfred, and Durinda Puspasari. "Analisis Pengaruh Penggunaan E-Learning dengan Google Classroom dan Disiplin Belajar terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Brothers and Sisters House Kota Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7, no. 2 (2021): 417-427.

Mansyur, Suara Daerah, Bandung: Grafindo Media Pratama, 2009

Matussolikhah, Rindiani, and Brillian Rosy. "Pengaruh Disiplin Belajar dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19." Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2, no. 2 (2021): 225-236.

Ningrum, Widya Agustin, and Miftachul Choiri. "Pentingnya Pentingnya Pola Komunikasi Orang Tua dan Wali Kelas dalam Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kegiatan Paguyuban." AL THIFL 1, no. 1 (2021): 46-52.

Oualeng, Henderina, and Sundari Hamid. "Peran Orang Tua Dan Wali Kelas Dalam Pembentukan Afektif Siswa Di Sd Negeri Nusa Harapan Permai Kota Makassar." Bosowa Journal of Education 1, no. 2 (2021): 76-80.

Rochanah, Siti. "Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisa Tata Tertib di Sekolah Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Round Table Pada Siswa Kelas 2." Jurnal Education and Development 9, no. 1 (2021): 405-405.

Rosanti, Atik. "Manajemen Kelas Sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik Di SMK Al Ihya Selajambe Kabupaten Kuningan." Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia 6, no. 4 (2021): 1596-1605.

Shaleha, Radhia, and Auladina Shalihah. "Analisis Kesiapan Siswa Filial Dambung Raya Dalam Mengikuti Analisis Nasional Berbasis Komputer Di Sman 1 Bintang Ara Kabupaten Tabalong." Joel: Journal of Educational and Language Research 1, no. 3 (2021): 221-234.

Syahrani, Syahrani. "Manajemen kelas yang humanis." al-risalah 14, no. 1 (2018): 57-74.

Syahrani, Syahrani. "Manajemen Pendidikan Dengan Literatur Qur’an." Darul Ulum: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Kemasyarakatan (2019): 191-203.

Via, Iren, and Ariani Tandi Padang. "Pentingnya Tata Tertib Untuk Membentuk Disiplin Belajar Siswa SMP." Kumpulan Artikel Ilmiah Rumpun Ekonomi dan Ilmu Sosial 1, no. 1 (2021): 78-94.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.