Pengambilan Keputusan Dalam Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, dan Sosiologi

H. Ahmad Maki, Ujang Nurjaman

Abstract


Kegiatan organisasi sekolah berkaitan dengan kegiatan yang melibatkan kelompok untuk mengambil sebuah keputusan. Hal ini berkaitan dengan alokasi, wewenang, dan koordinasi kegiatan. Setiap fungsi memiliki keahliannya sendiri- sendiri untuk menjalankan tugasnya. Umumnya di dunia pendidikan ada jenjang wewenang dari seorang pengawas hingga guru. Timbulnya banyak permasalahan karena sebuah sekolah yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah tidak mempunyai sebuah keputusan yang tepat dalam hal mengelola. Seorang kepala sekolah hendaknya terampil dalam mengambil keputusan, tentu banyak hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Peran pemimpin dalam mengambil keputusan adalah sentral dan strategis. Salah satu fungsi manajemen, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa desicion maker memiliki gaya tersendiri. Biasanya gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin ada beberapa yang sering menjadi pola dalam pengambilan keputusan. Seringkali seorang manajer menggunakan dua atau tiga gaya dalam pengambilan keputusan. Kekuatan dan kelemahan pembuat keputusan ditentukan pada Gaya yang digunakan oleh pemimpin atau manajer. Informasi yang sama akan dievaluasi dan diambil keputusannya dengan gaya kepemimpinan yang berbeda. Hal ini membantu menjelaskan mengapa manajer yang berbeda membuat keputusan yang berbeda. Secara keseluruhan, analisis gaya pembuat keputusan berguna dalam memberikan pemikiran mengenai bagaimana menghadapi berbagai gaya pengambilan keputusan. Seorang pemimpin dalam suatu organisasi dapat mengambil keputusan yang tepat dan menerapkan gaya kepmimpinan sesuai dengan situasi dengan berbagai pertimbangan yang telah diperhutungkan secara matang.


Keywords


Kepemimpinan, Pengambilan Keputusan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. “Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

Dermawan, Rizky. Pengambilan Keputusan: Landasan Filosofis. Bandung: Alfabeta, 2004.

Falah, Moh Syamsul. “Pengambilan Keputusan Dalam Perspektif Islam.” MENARA TEBUIRENG: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 12, no. 02 (2017): 134–148.

Faqih, Nesreen A, Su’ad H Qabba’h, Rawad S Rihani, Iyad M Ghonimat, Yousef M Yamani, and Iyad Y Sultan. “The Use of High Frequency Oscillatory Ventilation in a Pediatric Oncology Intensive Care Unit.” Pediatric blood & cancer 58, no. 3 (2012): 384–389.

Gistituati, Nurhizrah. Manajemen Pendidikan Budaya Dan Kepemimpinan Organisasi. Padang: UNP Press, 2009.

Lunenburg, Fred C. “The Decision Making Process” 27 (2010).

Makawimbang, Jerry H. Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta, 2012.

Rahardja, Rahardja. “Pengaruh Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit Dengan Kecerdasan Spiritual Sebagai Variabel Moderating (Studi Persepsi Auditor Pada Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan Provinsi Jawa Tengah).” Diponegoro Journal of Accounting (2014): 487–495.

Setiadi, Elly M, and Usman Kolip. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta Dan Gejala Sosial: Teori, Aplikasi Dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana, 2020.

Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Stoner, James AF. Manajemen. Jakarta: Erlangga, 2003.

Syafaruddin, Anzizhan. Sistem Pengambilan Keputusan Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2004.

Tjiptono, Fandy, and C Gregorius. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi, 2016.

Triharjono, Bonaventura Agus, Astri Rumondang Banjarnahor, H Cecep, Ovi Hamidah Sari, Nenny Ika Putri Simarmata, Mariana Simanjuntak, Harizahayu Harizahayu, Iskandar Kato, Darwin Lie, and David Tjahjana. Teori Desain Organisasi. Yayasan Kita Menulis, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.