Pendidikan Moral Berbasis Agama Filsafat Psikologi dan Sosiologi

Huges Huges, Ujang Nurjaman

Abstract


Sentuhan aspek moral atau akhlak dan budi pekerti menjadi sangat kurang. Demikian pula, sentuhan agama yang salah satu cabang kecilnya adalah akhlak atau budi pekerti menjadi sangat tipis dan tandus. Padahal roda terus berputar dan berjalan, budaya terus berkembang, teknologi berlari sangat pesat, dan arus informasi global bagai tidak terbatas dan tidak terbendung lagi. Sebagai akibatnya adalah budaya luar yang negatif mudah terserap tanpa ada filter yang cukup kuat. Gaya hidup moderen yang konsumeristik-kapitalistik dan hedonistik yang tidak didasari akhlak dan budi pekerti yang luhur dari bangsa ini cepat masuk dan mudah ditiru oleh generasi muda. Perilaku negatif, seperti tawuran, anarkis, dan cepat marah menjadi budaya baru yang dianggap dapat mengangkat jati diri mereka. Premanisme ada di mana-mana, emosi meluap-luap, cepat marah dan tersinggung, serta ingin menang sendiri menjadi bagian hidup yang akrab dalam pandangan sebagian dari diri masyarakat sendiri. Kenyataan lain juga menunjukkan adanya indikator budi pekerti dan moral yang gersang adalah banyaknya terjadi kasus pelecehan seksual yang dilakukan. Diberikannya pendidikan moral bagi anak diharapkan dapat mengubah perilaku anak, sehingga peser-ta didik jika sudah dewasa lebih bertanggung jawab dan menghargai sesamanya dan mampu menghadapi tantangan jaman yang cepat berubah. Di sinilah pentingnya nilai-nilai moral yang berfungsi sebagai media transformasi manusia Indonesia agar lebih baik, memiliki keunggulan dan kecerdasan di berbagai bidang; baik kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, kecerdasan spiritual, kecerdasan kinestika, kecerdasan logis, musikal, linguistik, kecerdasan spasial.


Keywords


Pendidikan Moral, Moral, Disiplin Ilmu

Full Text:

PDF

References


Al-Aidaros, Al-Hasan, and Faridahwati Mohd Shamsudin. “Ethics and Ethical Theories From an Islamic Perspective.” International Journal of Islamic Thought 4 (2013): 1–13.

Basuki, Ari. “Perbandingan Antara Pemikiran Karl Marx Dengan Pemikiran J. Krishnamurti Tentang Perubahan Sosial.” Humaniora 20, no. 3 (2008): 306–314.

Curzer, Howard J. Ethical Theory and Moral Problems. California: Wadsworth Publishing, 1999.

Haidt, Jonathan. “The Moral Roots of Liberals and Conservatives. TED Talk.” http://www. ted. com/talks/lang/en/jonathan_haid_on_the_moral_mind. html (2008).

Mahardiani, Yoanisa, and Ari Pradhanawati. “Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Outsourcing Pada PT. Bank Jateng Cabang Koordinator Dan Cabang Pembantu Wilayah Kota Semarang.” Jurnal Administrasi Bisnis 2, no. 1 (2013).

Rubini, Rubini. “Pendidikan Moral Dalam Perspektif Islam.” Al-Manar 8, no. 1 (2019): 225–271.

Shihab, M. Quraish. Membumikan Al Qur’an: Peran Wahyu Dalam Kehiduan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2003.

Sofyan, Ayi. Kapita Selekta Filsafat. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Surur, Misbahus. “Problematika Pendidikan Moral Di Sekolah Dan Upaya Pemecahannya.” Jurnal Fikroh 4, no. 2 (2010).

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Tilaar, Henry Alexis Rudolf. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21. Jakarta: Teras, 1998.

Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak Menurut Islam (Pendidikan Sosial Anak). Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i1.814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan

index by:

              

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: hafizhihusinsungkar@gmail.com

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.